Apapun profesi dan pekerjaan kita kualitas diri menjadi tolok ukur dan kunci keberhasilan dalam
karier. Menjadi enterpreneur atau bekerja pada
perusahaan/orang lain tidak lepas dari hal yang satu ini. Jika kualitas diri
tidak baik maka akan sulit bagi kita untuk mencapai kesuksesan. Maka tidak ada jalan
lain kecuali untuk terus menerus meningkatkan
dan mengupgrade kualitas diri. Setiap zaman dan waktu memerlukan
kecakapan dan kualitas diri yang selalu meningkat. Jika kita stagnan dalam
kualitas diri maka karier dan usaha kita juga akan mengalami stagnasi juga.
Perasaan cepat puas dengan apa yang telah dicapai biasanya akan
menimbulkan stagnasi dalam karier dan ini harus dihilangkan. Berikut ini ada
beberapa tips untuk meningkatkan
kualitas diri yang patut untuk dicoba:
1. Nilailah diri sendiri
Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda mengawalinya dengan
menilai kinerja diri. Penilaian harus obyektif dan realistis. Jika Anda merasa
kinerja Anda belum maksimal, nilailah seperti itu. Ambilah kertas, kemudian
tuliskan poin-poin tugas apa saja yang Anda hadapi di kantor. Lalu, tanyakan
pada diri Anda, seberapa jauh mampu menangani poin-poin tersebut.
Misalnya, jika Anda seorang supervisor TI, tanyakan seberapa cepat Anda
mampu mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini? Tanyakan juga apakah
Anda menikmati tugas-tugas tersebut. Daftar singkat ini akan membantu Anda
memperoleh gambaran utuh mengenai kinerja Anda sendiri. Setelah diperoleh
gambaran utuh, Anda bisa memutuskan, aspek mana yang sudah Anda kuasai, dan aspek
mana mana yang perlu ditingkatkan.
2. Terus belajar
Pahamilah bahwa karier profesional merupakan sebuah proses di mana Anda
memiliki kesempatan untuk mengikutinya terus menerus.
Jadi, gunakan kesempatan ini untuk menguasai kemampuan prosefesional.
Kerjakan semua tugas dengan sebaik-baiknya, ikuti aturannya, cari tahu
kelebihan dan kelemahan proses yang Anda ikuti, dan seterusnya. Dengan
demikian, Anda akan mampu menjalankan semua tugas Anda dengan baik, saat ini
dan di masa datang.
3. Be Responsible
Meskipun berada dalam naungan sebuah perusahaan, Anda yang akan
menentukan karier. Jadi, bertanggungjawablah dan pastikan bahwa Anda mengambil
semua peluang untuk meningkatkan skill profesional Anda. Memperoleh tawaran
untuk mengikuti training , seminar, atau keanggotaan sebuah asosiasi
profesional? Tak perlu ragu untuk ikut dan bergabung karena skill pun akan
semakin kaya.
4. Jaga kinerja
Selain bertanggungjawab, Anda juga harus menerapkan standar pribadi di
dalam mengerjakan tugas profesional Anda. Standar inilah yang akan menentukan
kualitas kinerja. Di sisi lain, kinerja inilah yang akan menjadi dasar kenaikan
jabatan atau promosi. Jadi, jangan segan bertanya kepada atasan. Jika memang
merasa perlu, mintalah job atau tugas baru yang menurut Anda menantang. Namun,
jangan asal meminta penugasan. Ukur kemampuan dan yakin bahwa Anda memang mampu
menerima tugas.(Galeriukm).
Sumber:
http://www.tabloidnova.com/Nova/Karier/Pengembangan-Diri/10-Cara-Upgrade-Kualitas-1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar