Pemasaran
merupakan ujung tombak dari bisnis yang kita miliki. Sebagus apapun produk dari
bisnis yang kita miliki, tanpa pemasaran yang baik menjadi tidak ada artinya.
Pemasaran bisnis usaha kecil tidak semata-mata menjual hasil produksi, tetapi
juga menciptakan image bahwa produk kita baik dan diperlukan. Tugas staff
pemasaran adalah menjual sekaligus membangun image produk.
Di dalam mencapai target pemasaran ada beberapa tips yang bisa dilakukan
agar pemasaran dapat dilakukan dengan baik dan sesuai dengan target yang
diharapkan bahkan lebih:
1. Selalu menambah
pengetahuan kita dari sisi manapun akan produk yang kita
tawarkansehingga kita bisa memberi pengertian kepada konsumen, apa keunggulan
produk yang kita tawarkan dengan produk lain yang sejenis.
2. Tidak bosan
belajar dari siapa saja agar bisa maju.
3. Selalu
melebihkan target yang diberikan kepada kita. Semisal kita
diberi targetmenjual 100 barang dalam sebulan maka kita harus mencatat bahwa
target lebih dari 100. Tapi ingat untuk awal-awal jangan terlalu tinggi dalam
melebihkannya, yang rasional saja semisalmenjadi 110 barang.
4. Selalu catat dan
pantau perkembangan penjualan yang terjadi dari hari kehari,minggu ke
minggu. Sehingga bila ada hambatan bisa cepat ditanggulangi.
5. Memantau dan
memotivasi pasar yang sudah ada agar selalu berkembang.
6. Selalu mencari
peluang pasar baru, ingat jangan hanya mengandalkan satu
duasumber pendapatan, dapatkan sebanyak-banyaknya.
7. Selalu menjaga
hubungan baik dengan para pelanggan kita siapapun dia, mulai dari konsumen
langsung,agen sampai distributor.
8. Perhatikan
bulan-bulan “paceklik ”bagi usaha anda, usahakan inovasi penuh jauh
hari sebelumnya untuk mengantisipasinya.
9. Jaga kejujuran
kita, kualitas produk dan pelayanan yang kita berikan.
10. Jangan lupa
untuk selalu beribadah dan berdoa serta beramal.
Target pemasaran bisa dicapai jika kita
melakukan upaya-upaya tersebut secara konsisten dan terus menerus. (Galeriukm).
Sumber:
Bagaimana Meraih Target Kita , Bagus Airlanto
,http://www.andriewongso.com/artikel/entrepreneur_corner/1922/Bagaimana_Meraih_Target_Kita/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar