Perencanaan Bisnis atau
Business Plan memegang peranan yang cukup penting dalam keberhasilan
bisnis. Termasuk pula di dalamnya usaha kecil dan menengah. Salah satu hal yang
umum dilakukan dalam bisnis usaha kecil adalah tidak adanya business plan atau
perencanaan bisnis yang matang. Karena itu untuk memajukan usaha kecil , sudah saatnya pelaku usaha kecil
memulai dengan melakukan perencanaan bisnis yang jelas dan terstruktur. Tahap
perencanaan ini wirausaha pemula biasanya akan mendeskripisikan secara ringkas
mengenai visi dan misi dari bisnis yang akan dijalankannya. Para wirausaha akan
dihadapkan pada tujuan dari bisnisnya sendiri dan faktor apa yang akan membuat
bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan keuntungan.
Rencana bisnis juga
memiliki peranan yang cukup
penting untuk menarik pihak lembaga
keuangan memberikan pinjaman modal untuk usaha yang kita jalankan.
Lembaga keuangan akan mempelajari
proposal bisnis yang di dalamnya terdapat busines plan dari usaha yang
akan dijalankan.
Dalam bagian ini juga akan dibahas secara ringkas
mengenai perencanaan keuangan dari bisnis tersebut dan waktu yang dibutuhkan
untuk menghasilkan profit. Namun yang perlu diingat adalah bahwa keuntungan itu
bukanlah seberapa besar yang anda hasilkan namun banyaknya keuntungan atau uang
yang dapat anda simpan didalam menjalankan bisnis tersebut.
Dalam tahap ini anda juga harus menjelaskan mengenai
jenis produk apa saja yang nantinya akan ditawarkan kepada klien ataupun
customer. Bagian ini dapat ditutup dengan sesuatu yang unik mengenai produk
ataupun layanan yang anda tawarkan.
Deskripsi bisnis atau project
Pada bagian ini intinya adalah anda menganalisa satu
persatu mengenai ringkasan yang telah anda jabarkan sebelumnya.
a. Bagian pertama
mulailah menulis mengenai sejarah dan latar belakang project anda. Hal
ini penting untuk mereview pekerjaan yang sedang anda lakukan. Anda dapat
menjabarkan seluruh data yang berkaitan dengan bisnis anda saat ini.
b. Deskripsi
mengenai manajemen merupakan bagian selanjutnya. Pada tahap ini perlu
dijelaskan bagaimana nantinya bisnis anda dijalankan. Seperti apakah gaya
kepemimpinan anda nantinya, bagaimana nantinya keputusan akan dibuat dan
difasilitasi. Pertemuan bisnis seperti apa yang harus ditindaklanjuti untuk
melancarkan bisnis anda.
c.Pada bagian ini
anda perlu memutuskan mengenai struktur bisnis yang akan anda gunakan apakah
berbentuk CV, PT bahkan apabila sekedar rekanan. Keputusan yang anda buat akan
sangat berpengaruh pada konsekuensi pajak dan hukum lainnya. Apabila anda
kurang yakin anda dapat memanfaatkan jasa konsultasi bisnis khusus untuk wirausaha kecil dan menengah.
Target market untuk produk anda
Saat ini anda pada tahapan untuk menonjolkan keunikan
dari produk anda. Marketing adalah menjual dan sudah menjadi hukum alam bahwa
sebuah bisnis tanpa pemasaran yang baik tak akan bertahan lama. Mendapatkan
order atau klien, menjual musik anda adalah hal yang sangat penting untuk
bisnis anda. Untuk bisa berkompetisi dengan sukses di bisnis musik, anda harus
menerapkan setiap strategi yang dilakukan oleh wirausahawan sukses.
Berikut strategi Pemasaran yang
harus dilakukan:
Kembangkan produk anda,
misalnya dalam hal ini musik anda apabilanya trend yang berkembang saat ini
adalah lagu bercorak melayu, melankolis dan sangat nge-pop, anda dapat
mengembangkan musik indie.
Lakukan riset pasar, hal
ini penting sekali untuk mengetahui target market anda dan tipikal calon
pelanggan anda. Langkah selanjutnya dan merupakan tantangan terberat adalah
memperkenalkan produk anda kepasar. Pada fase ini anda dihadapkan pada berbagai
tehnik pemasaran, alih-alih menggunakan strategi pemasaran biasa yang notabene
menghabiskan banyak biaya seperti misalnya beriklan di media, anda dapat
memasarkan musik anda melalui social media seperti facebook, blog pribadi dan
twitter.
Namun hal ini tidak berarti anda telah sukses dalam
melakukan penjualan. Pemasaran melalui social media tak semerta-merta efektif
anda tetap harus mengedepankan kreativitas anda untuk menjaring calon
pelanggan.
Sekali lagi untuk menentukan target pasar dan posisi
produk anda didalamnya, anda harus menemukan korelasi unik dan positif yang
membuat produk anda mampu menembus pasar yang sudah jenuh. Ini merupakan proses
dari riset pasar dan anda membutuhkan informasi umum dan spesifik mengenai
pasar untuk produk anda.
Informasi pasar secara umum
Informasi pasar secara umum untuk seorang musisi ataupun
seseorang yang berkarir di bidang musik adalah industri musik itu sendiri.
Tanpa pemahaman umum mengenai konteks pasar industri musik dalam konteks lebih
luas anda akan mengalami kesulitan untuk memasarkan produk dalam hal ini musik
anda. Penting bagi seorang musisi saat ini untuk memiliki informasi yang
memadai mengenai struktur perusahaan rekaman, kontrak rekaman, jalur
distribusi, media dan konektivitas antara semua hal ini untuk menciptakan
sebuah bisnis musik yang menguntungkan. Anda dapat mempelajarinya melalui
buku-buku mengenai industri rekaman, majalah ataupun browsing situs-situs
terkait di internet.
Informasi pasar secara spesifik
Pada tahapan ini, yang harus anda lakukan adalah mencari
bagian dari industri musik yang cocok dengan anda. Dengan kata lain, anda harus
menetapkan siapa calon pelanggan ataupun pendengar yang akan menyukai musik
anda. Anda harus meneliti lebih jauh lagi mengenai perilaku mereka, gaya hidup,
hobi bahkan tingkat konsumerisme mereka. Informasi seperti ini beperan penting
pada pengembangan strategi pemasaran anda. Dalam bagian ini anda juga perlu
mencantumkan kompeititor anda.
Anda harus mengumpulkan informasi sekitar dua atau tiga
kompetitor yang menjual produk serupa dengan anda. Misalnya saja apabila anda
seorang musisi dan musik yang anda pilih adalah R&B maka kompetitor anda
adalah Juniar Arif dan Pazto. Disini anda bisa menganalisa jenis suara mereka,
penampilan secara keseluruhan baik live maupun off air serta promosi dan
distribusi musik yang mereka lakukan.
Sumber:
http://yea.co.id/lebih-jauh-tentang-business-plan-untuk-bisnis-musik-anda.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar