do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Senin, 25 April 2011

Sifat yang harus dimiliki wirausaha

Seorang Wirausaha harus memiliki beberapa sifat yang baik dalam menjalankan usaha seperti:

1. Percaya diri
Seorang wiraswasta harus percaya diri dengan usaha yang dijalankan tidak terombang-ambing pendapat orang lain. Tentu saja saran dan masukan orang lain tetap didengarkan tetapi ia harus teguh dalam menjalankan usahanya.
Ia juga harus yakin bahwa usahanya akan berhasil walau membutuhkan waktu yang lama. Seorang wiraswasta 

2. Berorientasi pada tugas dan hasil
Seorang wirausahawan bisa bekerja hingga 24 jam. Katany seorang pengusaha bekerja dalam tidurnya. Mereka harus bekerja keras melebihi seorang pegawai atau mereka tidak mendapat uang sama sekali. 

3. Mengambil Risiko
Ketika kita membuka usaha kita sadar bahwa kita bisa untung, rugi, atau impas. Hal itu adalah risiko yang mesti kita ambil dalam berwirausaha. Kalau tidak mau rugi jangan berusaha.
Mengambil risiko atau tidak mengambil risiko sama-sama berisiko. Bahkan orang yang sedang tidur sekalipun mempunyai risiko kejatuhan pesawat terbang. 

4. Kepemimpinan
Semua orang adalah pemimpin minimal bagi dirinya sendiri. seorang usahawan harus bisa memimpin banyak orang untuk memenuhi tujuan usaha seperti memaksimalkan profit. Ia harus menjadi motivator yang baik agar anak buahnya dapat bekerja dengan senang tanpa adanya paksaan.

5. Keorsinilan
Seorang Pengusaha tidak mengikut ke orang lain saja. Ketika bisnis sedang trend mereka ikut-ikuta. Contoh bisnis air minum isi ulang sedang boom, mereka ikut-ikutan. Ketika suatu usaha sedang boom bisa jadi mereka akan merugi karena penjualannya juga berkurang 

6. Berorientasi ke depan
Wiraswasta mempunyai rancangan masa depan dan ia tidak berpikir untuk masa sekarang saja.

7. Kreativitas
Wiraswastawan harus kreatif dan ia bisa menciptakan pasar bagi produknya. Ia jeli melihat peluang yang ada di masyarakat.

Sumber:http://id.shvoong.com/business-management/management/2239443-sifat-yang-harus-dimiliki-wirausaha/#ixzz1vA3Y9gNk

Tidak ada komentar: