do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Senin, 27 Juni 2011

Langkah Yang Diperlukan Untuk Membuka Lapangan Kerja

Lowongan pekerjaan merupakan iklan yang banyak dicari baik melalui, media massa, internet dan media lain. Mencari asal pekerjaan saja sudah lumayan sulit, apalagi pekerjaan yang sesuai dengan harapan, jurusan atau nominal gaji yang diinginkan, jauh lebih sulit. Jika mayoritas lulusan perguruan tinggi atau sekolah sudah mempersiapkan diri untuk berwirausaha atau membuka usaha sendiri , tentu ceritanya akan lain lagi. Selesai kuliah tidak repot-repot lagi mencari kerja, tetapi justru membuka lapangan kerja bagi orang lain.
Berwirausaha atau membuka usaha sendiri memang menjadi jalan untuk membuka banyak lapangan kerja. Jika satu orang memiliki usaha dalam skala kecil saja, tentu akan melibatkan orang lain untuk bekerja di dalamnya. Sehingga membuka lapangan kerja selain  bisa bermanfaat bagi diri sendiri juga bagi orang lain.
Untuk bisa berwirausaha dan membuka lapangan kerja memang tidak mudah. Perlu tekad, semangat dan keberanian yang kuat dalam menjalaninya. Iming-iming gaji besar bekerja pada perusahaan bonafide harus dikesampingkan, dan segera memikirkan rencana membuat usaha.
Berikut beberapa tips singkat jika anda ingin memulai berwirausaha dan membuka usaha :
1. Mulai Menulis Rencana Bisnis
Setiap orang memiliki ide-ide bisnis, karena itu mulailah menuliskan ide-ide bisnis yang anda miliki dalam bentuk rencana bisnis. Ini akan membantu anda menggambarkan step by step bisnis dan menyesuaikan dengan kondisi yang anda miliki (keuangan, kemampuan dan lain-lain).
2. Menentukan Nama Usaha
Kelihatannya sederhana, namun nama usaha cukup penting dalam kesuksesan bisnis yang dilakukan. Nama bisa menjadi daya tarik bagi konsumen atau orang lain,semakin unik dan menjual nama akan berperan penting dalam usaha anda.
3. Membuat Rekening Baru
Rekening baru dibuat agar tidak bercampur antara uang pribadi dan uang untuk usaha anda. Rekening terpisah akan mempermudah anda memonitor aliran kas dan masuk sehingga memudahkan untuk menghitung keuangan usaha. Salah satu  kelemahan pelaku usaha pemula adalah tidak memisahkan antara keuangan pribadi dan usaha.
4. Melakukan Promosi
Manfaatkan semua sarana promosi yang ada. Mulai dari cara konvensional, misalnya pemberitahuan mulut ke mulut hingga menggunakan jejaring sosial seperti blog, facebook, dan twitter.
5. Berikan Service yang Baik Kepada Pelanggan
Ungkapan pembeli adalah raja merupakan kunci utama ketika menjalani sebuah usaha. Pelanggan yang merasa puas atas pelayanan yang anda  berikan, tidak akan segan menjadi pelanggan setia dan menyebarkannya kepada teman-teman lain. Ini juga bisa menjadi  menjadi media promosi gratis dan biasanya ini cukup manjur.
6. Puaskan Diri Anda
Bisnis tidak hanya mengejar keuntungan semata tetapi juga harus dilandasi passion karena akan menuai hasil yang lebih optimal. Pilihlah bidang bisnis yang sesuai dengan kesenangan yang anda miliki. Beban berat dalam bisnis jika dilandasi dengan kesenangan dan passion akan lebih mudah bisa diatasi dan terbebas dari stress.
Jika memang anda sudah siap untuk berwirausaha mengapa tidak segera memulai?(Galeriukm).
Sumber:
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/08/370/553600/jadi-entrepreneur-atau-cari-kerja-ya

Poskan Komentar