do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 14 Juni 2011

Menciptakan Brand Untuk Meningkatkan Daya Saing

Majunya penetrasi pasar produk Cina dan terpuruknya Barat memberikan keuntungan tersendiri bagi produk Indonesia. Utamanya dalam membangun brand sendiri. Menurut Hermawan Kartajaya, Presiden dan Pendiri Markplus Inc, masa 2011-2016 Indonesia berada di Jembatan emas, sehingga merupakan saat yang tepat untuk menciptakan Brand sendiri. Menciptakan merek Lokal yang baik akan meningkatkan daya saing produk lokal baik di tingkat nasional maupun Internasional. Contoh produk yang cukup sukses memperkenalkan merek lokal adalah industri rokok, jamu dan minuman. Meski belum mendominasi pasar namun produk jamu perlahan-lahan mulai menggeser industri farmasi.
Pentingnya menciptakan brand belum diimbangi oleh kondisi pasar Indonesia sendiri. Sifat konsumen di Indonesia terlalu pemaaf, “Kualitas belum menjadi nomor satu di benak konsumen. Mereka mudah memaafkan,” demikian dikatakan Hermawan. Berbeda dengan iklim di luar negeri di mana sisi delivery dan promise begitu tinggi. Kondisi ini membuat iklim kompetisi merek di Indonesia tidak setara dengan global (negara maju). “Jadi, organizational culture perusahaan Indonesia belum sampai ke tingkat global,” tambah dia.
Selain itu kondisi pasar Indonesia yang belum mengutamakan kualitas menjadi hambatan saat bertarung dalam persaingan di tingkat global. Kondisi di dalam negeri menciptakan Country image saat bersaing di pasar global.
Dalam menciptakan kekuatan branding perusahaan harus memperhatikan PDB (positioning, differentiation, branding). Namun, tindakan ini harus didukung oleh semua aspek perusahaan, mulai dari divisi Research and Development (R&D), produksi dan pemasaran.
Jika produk Cina dengan segudang variasi kualitas produknya dengan percaya diri menjangkau pasar dunia, tentunya produk-produk Indonesia juga bisa melakukan itu. Dengan menciptakan brand yang mengacu pada kualitas produk niscaya mampu bersaing di dunia global. (Galeriukm).
Sumber:
http://swa.co.id/2011/07/hermawan-kartajaya-pdb-jadi-tiga-senjata-kekuatan-merek/

Posting Komentar