do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 13 November 2012

CARA MERAWAT MOTOR PRIBADI

Setiap pengendara motor pasti ingin merasakan kualitas motornya bertahan lama agar nyaman untuk digunakan. Motor 4 tak adalah motor yang cukup banyak dimiliki oleh warga Indonesia. Kali ini, Pusat Ilmu Psikologi akan memberikan sedikit tips n trik untuk menjaga ketahanan motor pribadi anda, karena motor pribadi adalah pacar yang selalu setia menemani kita. Hehehehe




1. Periksakan Busi Sepeda Motor
Setiap 12 KM, perikasalah busi motor apakah ia masih layak pakai atau tidak. Sebaiknya ini dilakukan oelh orang-orang atau kawan anda yang dianggap ahli. Tapi kalau mau coba cek, tidak ada masalah.

2. Cek Filter Karburator
Filter karburator terbagi dua, yaitu jenis basah dan kering. Model filter basah, dibersihkan dengan menggunakan bensin lalu dilumasi oli setelahnya. Kebanyakan motor sekarang menggunakan tipe kering. Cara perawatannya cukup mudah, yaitu tinggal disemprot dengan kompresor.

3. Periksa Setelan Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kencang. Bila rantainya kendor, cukup disetel. Tapi kalau kering, cukup diolesi dengan oli khusus rantai (chain lube). Biasanya, rantai harus diganti kalau sudah mencapai 25 ribu hingga 35 ribu km. Periksa juga kondisi gir, apakah ia masih tajam atau tumpul.

4. Membersihkan Karburator
Bersihkan bagian pilot dan main jet motor. Untuk menyetel angin motor tipe manual (buatan tahun 90 hingga 2000-an), tutup baut setelan angin dan buka perlahan berlawanan arah jarum jam, maksimal 1/2 putaran.

Untuk tipe Vakum, yaitu motor keluaran 2000 ke atas, juga sama yaitu dengan membersihkan pilot dan main jet. “Bedanya hanya disetelan angin, untuk tipe ini, maksimal putarannya 2 ½ berlawanan arah jarum jam,” paparnya. Untuk penyetelan klep motor 4 tak, adalah setiap 12 ribu hingga 18 ribu km.

5. Cek Kondisi Aki
Motor-motor buatan tahun 2000 ke atas, umumnya telah menggunakan jenis aki kering yang tak memerlukan perawatan

Poskan Komentar