do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 24 September 2011

Diversifikasi Bisnis Usaha Kecil

Perkembangan dan peningkatan bisnis yang baik merupakan harapan bagi setiap pelaku usaha. Upaya dan langkahpun selalu dilakukan untuk meningkatkan usahanya, misalnya dengan menambah jumlah outlet, meningkatkan kapasitas produksi dan pemasaran, serta memperbesar skala usaha. Bahkan ada yang melakukan diversifikasi usaha atau perluasan bisnis pada bidang usaha yang baru. Meski bagi sebagian pelaku usaha kecil, istilah diversifikasi usaha tidak semua orang mengenalnya, tetapi banyak yang melakukannya. Hanya mereka tidak terpaku pada istilah-istilah semacam itu. Pada prinsipnya bagaimana bisa menemukan peluang usaha baru dan meningkatkan penghasilan dari usahanya.

Di dalam mengembangkan sebuah bisnis ada berbagai langkah yang dilakukan oleh pelaku usaha diantaranya adalah peningkatan penetrasi pasar, perluasan pasar, pengembangan produk baru dan diversifikasi usaha . Salah satu tool yang sering dipakai dalam membantu untk memutuskan produk dan strategi pertumbuhan pasar bisnis adalah matriks Petumbuhan Ansoff.

1. Market Penetration (penetrasi Pasar), penetrasi pasar merupakan suatu strategi pertumbuhan bisnis yang berfokus pada penjualan produk yang sudah ada ke pasar yang ada .Langkah penetrasi pasar merupakan upaya mengelola potensi produk lama untuk dikembangkan di pasar lama karena bisa jadi masih banyak yang bisa digarap di pasar yang lama. Langkah-langkah penetrasi pasar dilakukan untuk hal-hal berikut:

- Mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar produk saat ini , ini dapat dicapai dengan kombinasi strategi harga yang kompetitif, iklan, promosi penjualan dan sumber daya mungkin lebih didedikasikan untuk menjual pribadi.

- Merestrukturisasi pasar yang matang dengan mengusir pesaing, hal ini akan memerlukan promosi jauh lebih agresif, didukung oleh strategi harga yang dirancang untuk membuat pasar tidak menarik bagi kompetitor.

- Meningkatkan volume penggunaan oleh pelanggan yang sudah ada. dengan membangun loyalitas pelanggan akan meningkatkan volume penggunaan pelanggan lama.

2. Market Development (pengembangan Pasar), Merupakan langkah diversifikasi bisnis dengan pengembangan produk yang sudah ada ke pasar baru . Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan strategi ini antara lain:

• Geografis pasar baru , misalnya ekspor produk tersebut ke suatu negara baru
• Dimensi produk baru atau kemasan baru.
• Jalur distribusi baru
• Kebijakan harga yang berbeda-beda untuk menarik pelanggan yang berbeda atau menciptakan segmen pasar yang baru

3. Product development (pengembangan Produk)
Pengembangan produk merupakan strategi pertumbuhan di mana sebuah bisnis bertujuan untuk memperkenalkan produk baru ke pasar yang ada. Strategi ini mungkin memerlukan pengembangan kompetensi baru dan membutuhkan usaha untuk mengembangkan produk yang dapat lebih diterima di pasar yang ada.

Diversifikasi Bisnis

Diversifikasi merupakan strategi pertumbuhan di mana sebuah produk baru di lepaskan ke pasar baru. Ini merupakan strategi yang memiliki resiko yang cukup besar karena bisnis bergerak ke pasar yang belum diketahui. Pelaku bisnis memiliki pengalaman sedikit atau bahkan tidak ada pada bidang usaha yang baru. Bagi perusahaan untuk mengadopsi strategi diversifikasi perlu pertimbangan dan pemikiran yang matang mengingat resikonya demikian besar. Untuk mengembangkan strategi difersifikasi harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang diharapkan untuk memperoleh hasil dari strategi dan penilaian yang jujur tentang berbagai macam risiko.

Yang sering dilaksanakan adalah strategi diversifikasi dikombinasi dengan satu dari ketiga strategi lainnya, apakah itu market penetration, product development, market development. Ini tergantung dari kesiapan perusahaan dari segi resources (people, money and time).

Mengenal segmentasi pasar juga dibutuhkan dalam pendekatan Matrix Ansoff ini , khususnya untuk mengetahui peta penggunaan produk saat ini berada di segmen mana. Yang disebut dengan pengembangan pasar lama atau baru (existing dan new market) tidak selalu dari segi area geografis saja, tetapi bisa saja dari segi segmen pasarnya.

Existing market merefleksikan segmen dimana produk kita sudah digunakan, sedangkan new market ditujukan untuk menjelaskan segmen yang baru/ belum digarap. Untuk memperoleh informasi tentang kekuatan/kelemahan produk kita di sebuah segmen, atau sampai dimana penetrasi sudah dilakukan, harus dengan penggalian informasi terus-menerus, melalui monitoring data penjualan di tiap segmen/area, hasil survei penggunaan produk di tingkat konsumen dan lain-lain.

Pada akhirnya untuk memajukan bisnis dan usaha perlu dilakukan upaya-upaya perubahan secara terus menerus. Perubahan dan pengembangan bisnis itu bisa dilakukan dalam beberapa sektor seperti di atas. Tinggal bagaimana kesiapan kita akan melangkah pada bidang yang mana. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki. (Galeriukm).

Sumber:

http://tutor2u.net/business/strategy/ansoff_matrix.htm

http://my.opera.com/supernezar/blog/strategi-diversifikasi-produk

 

Posting Komentar