Motivator pemasaran James Gwee menilai Usaha Kecil Dan Menengah perlu membuat desain rencana pemasaran secara baik dan
tepat, agar dapat meningkatkan penjualannya. Akan tetapi, hal itu perlu
didukung pemberdayaan tim marketing.”Kebijakan produk, harga, dan promosi
merupakan bagian pokok strategi marketing. Marketing plan harus didesain secara
kuantitatif,” kata Gwee dalam seminar Designing a Winning Marketing Plan, akhir
pekan lalu. Gwee menyebutkan manfaat
rencana pemasaran antara lain sebagai peta jalan bagi seluruh tim, alat
bantu staf baru, perencanaan personalia, alat koordinasi dan komunikasi,
komitmen setiap anggota tim, alat evaluasi, rencana berkelanjutan, dan
pengawasan implementasi.
Manajer pemasaran, lanjutnya, harus membuat struktur organisasi
penjualan, seperti berdasarkan geografis, produk, pelanggan, industri, dan
aktivitas. Adapun sukses implementasi tergantung pada kepemimpinan, perencanaan
yang terkonsolidasi, menggunakan ukuran kuantitatif, membuat tanggung jawab
spesifik, penanggalan aktivitas, hingga penghargaan dan penalti.
(Galeriukm).
Sumber :http://smecda.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar