Meski
Usaha Kecil Dan Menengah merupakan faktor penting dalam menggerakan
ekonomi bangsa, tetapi pada kenyataannya masih ditemui kesulitan-kesulitan dan permasalahan pada diri pengusaha kecil. Ada dua masalah besar
yang sering ditemui di lapangan, yaitu masalah
modal usaha dan masalah pemasaran produksi. Masalah modal saat ini sudah
relatif cukup mendapatkan perhatian dari pemerintah dan beberapa lembaga
keuangan. Pemerintah dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah
membuka kemudahan yang cukup besar bagi pelaku Usaha kecil dan Menengah.
Masalah yang sampai saat ini masih perlu diperhatikan adalah kemampuan pengusaha UKM mengakses pasar yang
lebih luas. Dengan Produksi yang sudah cukup bagus bila pasar yang
dijangkau terbatas maka tidak akan cukup menolong kelangsungan hidup UKM.
Karena itu diperlukan langkah-langkah Mengatasi Masalah Pemasaran Produksi
Usaha Kecil dan Menengah.
Untuk mengatasi masalah pemasaran produksi
UKM, sudah saatnya pelaku usaha mempersiapkan diri untuk memasuki era baru
pemasaran produk UKM. Sebab selama ini kelemahan akses pasar menjadi persoalan
bagi hampir seluruh pelaku UKM di
tanah air. Mereka masih saja kurang
memiliki informasi yang lengkap dan rinci, terkait pasar mana saja yang
bisa ditembus oleh produk yang dihasilkan. Di sinilah UKM, terlihat begitu
lemah, demikian kata konsultan marketing, Tung Desam Waringin. Menurut dia, akses pasar UKM tidak terbentuk secara luas
dan tidak ada jaringan usaha yang kokoh. Padahal kemampuan mengakses
pasar merupakan salah satu kunci pokok untuk memenangkan persaingan. Sehingga
penting pagi pengusaha kecil memperluas jaringan pemasaran produksi.
Problem ini semakin diperumit dengan
perluasan jangkauan pemodal besar yang masuk ke segmen pasar yang semula
dikuasai oleh pengusaha kecil dan menengah. Contohnya adalah pasar buah-buahan
dan sayuran yang semula merupakan usaha yang dikelola oleh pengusaha kecil
diambil alih oleh swalayan uyang notabene merupakan milik pengusaha besar.
Dengan kemasan dan tampilan yang lebih menarik pasar ini dikuasai oleh mereka.
Melihat persoalan tersebut pelaku UKM
diharapkan memiliki penguasaan
informasi pasar yang meliputi kecenderungan
permintaan di pasar domestik maupun internasional, harga, kualitas dan standard lainnya.
Maka kunci utama adalah meningkatkan kemampuan menangkap informasi dan
penguasaan pasar. Jika pengusaha besar mampu menguasai pasar karena kemasan dan
packaging yang menarik, tentu ini bisa dilakukan pula oleh UKM. Jika faktor
kualitas yang menjadi unggulan tentu faktor kualitas yang harus diperbaiki.
Usaha Kecil Dan Menengah dituntut untuk selalu inovatif dalam mengembangkan
produk maupun metode pemasarannya.
Beberapa kendala
yang sering dihadapi oleh pengusaha UKM di bidang pasar dan pemasaran antara lain :
- Kesulitan mendapatkan suplai bahan baku berkualitas dan kontinyu
- Terbatasnya kemampuan untuk melakukan promosi dan berkompetisi di pasar bebas.
- Kurang diperhatikannya mutu produk dan arti kepuasan pelanggan.
- Pelaku KUKM juga cenderung menguasai pasar yang sempit, sebagai akibat lemahnya kemampuan untuk berkompetisi dengan perusahaan besar, dan kurangnya kesempatan yang diberikan oleh perusahaan besar untuk menjadikan UKM sebagai mitra bisnisnya.
- Packaging yang tidak menarik sehingga kurang diminati
Selain itu ada beberapa penyebab lemahnya daya saing UKM secara umum antara lain
- Kurangnya informasi pasar produk,
- Kurangnya promosi produk-produk KUKM, ketidaksesuaian produk UKM dengan permintaan pasar
- Kurangnya informasi desain produk, kontinyuitas produk ketika bersinggungan dengan dunia ekspor,
- Stabilitas kualitas produk untuk pemenuhan pasar, manajemen produksi, pasar dan kualitas yang tak berkelanjutan.
Untuk dapat melakukan langkah perbaikan dalam
upaya meningkatkan daya saing produk UKM tersebut, diperlukan suatu sistem
pemasaran yang tidak hanya menyentuh produk UKM saja melainkan juga harus
menyentuh keinginan konsumen (pasar). Kuncinya adalah bagaimana meminimalkan
bahkan menghilangkan beberapa penyebab lemahnya daya saing UKM dan kendala yang
dihadapi tersebut di atas. Selain itu Faktor Promosi melalui Pameran-pameran
merupakan wahana yang terbukti efektif memasarkan produk-produk Usaha Kecil.
(Galeriukm)
Sumber : Antara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar