enetrasi internet yang sedemikian cepat meluas hingga ke segenap lapisan
masyarakat menawarkan banyak hal bagi sukses bisnis. Internet menjadi media
yang cukup murah dan mudah untuk memasarkan produk bisnis bahkan lebih
dari itu. Web address tidak sekedar company profile tetapi perlu dijadikan
media pemasaran yang efektif. Apalagi bagi usaha kecil dan menengah, Internet
bisa menjadi media pemasaran yang murah. Meski sangat disayangkan tingkat adopsi
penggunaan Internet dan Teknologi Informasi oleh UKM masih cukup rendah
namun perlu ada dorongan dan dukungan agar UKM bisa memanfaatkan Internet dan
TI untuk mengembangkan bisnisnya.
Saat ini banyak orang yang telah sukses menggunakan Internet sebagai
ladang bisnisnya, bahkan orang yang masih berusia muda pun bisa menjadi pakar
internet marketing dan menghasilkan kekayaan yang sangat luar biasa. Oleh
karena itu, sebaiknya pula kita mulai menggunakan internet sebagai salah satu
cara untuk meningkatkan pemasaran.
Namun demikian penggunaan
Internet sebagai media pemasaran perlu kita evaluasi sejauh mana efektivitasnya.
Agar pemasaran melalui internet menjadi efektif, ada beberapa tips yang bisa
diterapkan.
Tips Pemasaran Internet
Beberapa tips supaya penggunaan internet lebih efektif untuk mendukung
pemasaran, di antaranya:
Pertama, web address sebaiknya mudah diingat.
Kedua, tampilan homepage harus menarik tapi tidak
perlu rumit.
Ketiga, homepage harus mudah untuk di-loading,
tidak terlalu banyak animasi atau konten yang membutuhkan waktu yang lama untuk
diakses.
Keempat, situs sebaiknya bukan hanya berisi informasi
biasa, tapi juga berbagai penawaran yang sensasional. Misalnya, siapa yang
melakukan pembelian produk lewat internet mendapat diskon sebesar 50%. Seperti
yang akhir-akhir ini digunakan oleh berbagai perusahaan penerbangan, yakni
menjual tiket dengan harga yang jauh lebih murah melalui internet dibandingkan
dengan pembelian tiket secara konvensional.
Kelima, selalu diingat juga untuk senantiasa
mempromosikan alamat situs perusahaan kepada konsumen atau calon konsumen.
Cukup banyak perusahaan yang sebenarnya telah membuat situs tetapi tidak
digunakan dengan optimal, mungkin tidak di update atau tidak memberikan
penawaran- penawaran sensasional yang terbaru.
Agar situs mampu memberikan hasil yang lebih optimal dalam mendukung
pemasaran, lebih baik jika dalam suatu perusahaan ada orang atau karyawan
khusus yang menangani masalah pemasaran lewat situs sehingga data-data
penawaran selalu mutakhir (up to date). Jika belum memungkinkan untuk merekrut
karyawan yang menangani masalah pemasaran lewat internet tersebut, mungkin Anda
bisa bekerja sama dengan perusahaan yang berkompeten.
Yang harus diperhatikan lagi, pemasaran dengan internet ini harus
senantiasa diukur dan dimonitoring. Misalnya,dalam jangka waktu tertentu, kita
memberikan promosi dengan pembelian lewat internet. Namun,juga harus mengetahui
berapa jumlah respons yang membuka situs kita, dan jumlah respons yang
mengambil tindakan untuk melakukan pembelian.
Saat ini masih cukup banyak ditemui, suatu perusahaan yang telah
memiliki situs tetapi tidak pernah tahu berapa orang yang merespons situs yang
telah dibuat,sehingga hasilnya pun tentu tidak akan optimal.Ingat, dalam
pemasaran kita harus selalu memberikan penawaran yang dahsyat, supaya orang mau
membeli produk atau jasa yang kita tawarkan bukan sekadar orang tahu perusahaan
kita memiliki situs semata.(Galeriukm).
Sumber:
TUNG DESEM WARINGIN
Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in
Business 2005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar