Manakala produk bisnis kita sudah mengalami
stagnasi atau kurang menarik lagi di pasaran, tentu kita berfikiran untuk
melakukan langkah-langkah menggairahkan bisnis kita. Ada beberapa cara yang
akan kita lakukan untuk itu, dan upaya tersebut tergantung kondisi, kreatifitas
dan situasi yang ada. Pada tulisan yang lalu pernah diulas mengenai upaya pengembangan
usaha kecil dengan melakukan difersifikasi usaha. Salah satu pilihan
untuk mengembangkan bisnis kita adalah dengan meluncurkan produk baru di pasaran.
Pilihan peluncuran produk baru di dalam
mengembangkan dan menggairahkan bisnis tentu memiliki dua kemungkinan,
kemungkinan pertama adalah bisa diterima pasar dan menjadikan bisnis kita maju
atau tidak bisa diterima pasar yang mengakibatkan bisnis kita justru merugi.
Harapan peluncuran produk baru tentu saja pada yang pertama. Agar harapan
tersebut dapat tercapai maka ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dan
dipertimbangkan sebelum meluncurkan produk baru.
Kemungkinan kesuksesan produk diterima pasar
dapat dianalisa dengan mempelajari empat benchmark dari sebuah produk yaitu:
- Harga
- Benefit
- Kemudahan penggunaan
- Ketersediaan
Empat hal tersebut dapat dibagi menjadi dua
kategori, yakni purchase motivator
(faktor yang memotivasi pembelian) dan purchase barrier (faktor yang menghambat
pembelian).
Dua faktor pertama, yakni harga dan benefit adalah purchase motivator,
sementara dua faktor terakhir,
kemudahan penggunaan dan ketersediaan, merupakan purchase barrier.
Menurut Eric Mankin berpendapat bahwa dalam
tingkat kepentingan, motivator bobotnya
lebih besar dibandingkan dengan barrier. Sehingga, supaya suatu produk
bisa sukses di pasaran, maka kunci suksesnya adalah:
Pertama, solid di purchase motivator
• mengenakan harga yang bersaing, setidaknya
tidak lebih mahal dibandingkan dengan incumbent. Lebih murah tentunya lebih
bagus
• memberikan fitur dan manfaat yang lebih
baik dibandingkan dengan produk yang sudah ada.
Kedua, menghilangkan purchase barrier
• mudah digunakan, dan tidak ada switching
cost
• ketersediaannya luas dimana-mana, menyaingi
produk yang sudah ada
Ketika suatu produk sudah unggul pada keempat
faktor tersebut, yakni harga murah, manfaat besar, mudah dipakai dan barangnya
tersedia dimana-mana, maka kansnya untuk menjadi pemenang di industri jadi
semakin besar. Oleh karena itu, keempat faktor ini harus menjadi perhatian jika
Anda ingin meluncurkan suatu produk baru.(Galeriukm).
Sumber:
Rinella Putri, Resep Sukses Meluncurkan
Produk Baru ,
http://www.managementfile.com/column.php?sub=str_mgt&id=2139&page=str_mgt&awal=0
Tidak ada komentar:
Posting Komentar