Tentang Khulu’
Khulu’ menurut
bahasa ialah melepas. Adapun khulu’ menurut istilah syara’ ialah seorang istri
meminta kepada suami supaya dirinya diceraikan dengan memberikan suatu tebusan
(‘iwadl), misalnya mengembalikan mahar yang dulu diberikan oleh suaminya.
.... فَاِنْ خِفْتُمْ اَلاَّ
يُقِيْمَا حُدُوْدَ اللهِ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْهِمَا فِيْمَا افْتَدَتْ بِه. البقرة:229
.... jika kamu
khawatir bahwa keduanya (suami istri) tidak dapat menjalankan hukum-hukum
Allah, maka tidak ada dosa atas keduanya tentang bayaran yang diberikan oleh
istri untuk menebus dirinya. [QS. Al-Baqarah : 229]
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: جَاءَتِ امْرَأَةُ ثَابِتِ بْنِ قَيْسِ بْنِ شَمَّاسٍ اِلَى
النَّبِيّ ص فَقَالَتْ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنّى مَا اَعْتِبُ عَلَيْهِ فِى
خُلُقٍ وَ لاَ دِيْنٍ، وَ لَكِنّى اَكْرَهُ اْلكُفْرَ فِى اْلاِسْلاَمِ. فَقَالَ
رَسُوْلُ اللهِ ص: اَتَرُدّيْنَ عَلَيْهِ حَدِيْقَتَهُ؟ قَالَتْ: نَعَمْ. فَقَالَ
رَسُوْلُ اللهِ ص: اِقْبَلِ اْلحَدِيْقَةَ وَ طَلّقْهَا تَطْلِيْقَةً. البخارى و النسائى، فى نيل الاوطار 6:276
Dari Ibnu
‘Abbas, ia berkata : Istri Tsabit bin Qais bin Syammas datang kepada Nabi SAW,
lalu ia berkata, “Ya Rasulullah, sesungguhnya aku tidak mencela dia (suamiku)
tentang akhlaq dan agamanya, tetapi aku tidak menyukai kekufuran dalam Islam”.
Kemudian Rasulullah SAW bertanya, “Maukah kamu mengembalikan kebunmu kepadanya
?”. Ia menjawab, “Ya”. Lalu Rasulullah SAW bersabda (kepada Tsabit), “Terimalah
kebunmu itu dan thalaqlah dia sekali”. [HR. Bukhari dan Nasai, dalam Nailul Authar juz 6,
hal. 276]
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ جَمِيْلَةَ بِنْتَ سَلُوْلٍ اَتَتِ النَّبِيَّ ص فَقَالَتْ:
وَ اللهِ مَا اَعْتِبُ عَلَى ثَابِتٍ فِى دِيْنٍ وَ لاَ خُلُقٍ وَ لكِنّى اَكْرَهُ
اْلكُفْرَ فِى اْلاِسْلاَمِ، لاَ اُطِيْقُهُ بُغْضًا. فَقَالَ لَهَا النَّبِيُّ ص:
اَتَرُدّيْنَ عَلَيْهِ حَدِيْقَتَهُ؟ قَالَتْ: نَعَمْ. فَاَمَرَهُ رَسُوْلُ اللهِ
ص اَنْ يَأْخُذَ مِنْهَا حَدِيْقَتَهُ وَ لاَ يَزْدَادَ. ابن
ماجه
Dari Ibnu ‘Abbas
bahwasanya Jamilah binti Salul datang kepada Nabi SAW lalu berkata, “Demi
Allah, aku tidak mencela kepada Tsabit tentang agama dan akhlaqnya, tetapi aku
tidak menyukai kekufuran dalam Islam, aku tidak kuat menahan rasa benci
kepadanya”. Lalu Nabi SAW bertanya, “Maukah kamu mengembalikan kebunnya
kepadanya ?” Ia menjawab, “Ya”. Kemudian Rasulullah SAW menyuruh Tsabit agar
mengambil kembali kebunnya dari Jamilah, dan tidak minta tambahan”. HR. Ibnu
Majah]
عَنِ
الرُّبَيّعِ بِنْتِ مُعَوّذٍ اَنَّ ثَابِتَ بْنَ قَيْسِ بْنِ شَمَّاسٍ ضَرَبَ
امْرَأَتَهُ فَكَسَرَ يَدَهَا وَ هِيَ جَمِيْلَةُ بِنْتُ عَبْدِ اللهِ بْنِ
اُبَيّ، فَاَتَى اَخُوْهَا يَشْتَكِيْهِ اِلَى رَسُوْلِ اللهِ ص: فَاَرْسَلَ
رَسُوْلُ اللهِ ص اِلَى ثَابِتٍ فَقَالَ لَهُ: خُذِ الَّذِيْ لَهَا عَلَيْكَ وَ
خَلّ سَبِيْلَهَا. قَالَ: نَعَمْ. فَاَمَرَهَا رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ تَتَرَبَّصَ
حَيْضَةً وَاحِدَةً وَ تَلْحَقَ بِاَهْلِهَا. النسائى،
فى نيل الاوطار 6:277
Dari Rubayyi’
binti Mu’awwidz bahwasanya Tsabit bin Qais bin Syammas memukul tangan istrinya
yang bernama Jamilah binti ‘Abdullah bin Ubaiy sehingga patah, kemudian
saudaranya datang kepada Rasulullah SAW untuk mengadukannya, lalu Rasulullah
SAW mengutus (seseorang) kepada Tsabit, kemudian Nabi SAW bersabda kepadanya,
“Ambillah kembali apa yang pernah kamu berikan kepada istrimu, dan lepaskanlah
dia”. Tsabit menjawab, “Ya”. Lalu Rasulullah SAW menyuruh Jamilah agar menunggu
satu kali haidl dan pulang kepada keluarganya”. [HR. Nasai, dalam Nailul Authar juz
6, hal. 277]
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ امْرَأَةَ ثَابِتِ بْنِ قَيْسٍ اخْتَلَعَتْ مِنْ زَوْجِهَا،
فَاَمَرَهَا النَّبِيُّ ص اَنْ تَعْتَدَّ بِحَيْضَةٍ. ابو
داود و الترمذى و قال: حديث حسن غريب
Dari Ibnu ‘Abbas
bahwasanya istri Tsabit bin Qais menebus dirinya dari suaminya, kemudian Nabi
SAW menyuruhnya supaya ber’iddah sekali haidl. [HR. Abu Dawud dan Tirmidzi, dan ia
berkata, “Hadits hasan gharib, dalam Nailul Authar juz 6, hal. 277]
عَنِ
الرُّبَيّعِ بِنْتِ مُعَوّذٍ اَنَّهَا اخْتَلَعَتْ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ ص
فَاَمَرَهَا النَّبِيُّ ص اَوْ اُمِرَتْ اَنْ تَعْتَدَّ بِحَيْضَةٍ. الترمذى و قال: حديث الربيع الصحيح انها امرت ان تعتد
بحيضة، فى نيل الاوطار 6:277
Dari Rubayyi’
binti Mu’awwidz, bahwasanya ia pernah menebus dirinya (khulu’) di masa
Rasulullah SAW, kemudian Nabi SAW menyuruhnya atau dia disuruh agar ber’iddah
sekali haidl. [HR. Tirmidzi, dan ia berkata, “Hadits Rubayyi’ ini sah, bahwa ia disuruh
oleh Nabi SAW agar ber’iddah dengan sekali haidl, dalam Nailul Authar juz 6,
hal. 277]
عَنْ
اَبِى الزُّبَيْرِ اَنَّ ثَابِتَ بْنَ قَيْسِ بْنِ شَمَّاسٍ كَانَتْ عِنْدَهُ
بِنْتُ عَبْدِ اللهِ بْنِ اُبَيّ بْنِ سَلُوْلٍ وَ كَانَ اَصْدَقَهَا حَدِيْقَةٌ،
فَقَالَ النَّبِيُّ ص اَتَرُدّيْنَ عَلَيْهِ حَدِيْقَتَهُ الَّتِى اَعْطَاكِ؟
قَالَتْ: نَعَمْ، وَ زِيَادَةً. فَقَالَ النَّبِيُّ ص: اَمَّا الزّيَادَةُ فَلاَ،
وَ لكِنْ حَدِيْقَتُهُ. قَالَتْ: نَعَمْ. فَاَخَذَهَا لَهُ. وَ خَلَّى
سَبِيْلَهَا. فَلَمَّا بَلَغَ ذلِكَ ثَابِتَ بْنَ قَيْسٍ قَالَ: قَبِلْتُ قَضَاءَ
رَسُوْلِ اللهِ ص. الدارقطنى باسناد صحيح و قال: سمعه ابو الزبير من غير
واحد، فى نيل الاوطار 6:277
Dari Abu Zubair bahwasanya Tsabit bin
Qais bin Syammas mempunyai istri anak perempuan dari ‘Abdullah bin Ubaiy bin
Salul. Dahulu ia memberikan mahar kepada istrinya berupa sebuah kebun. Kemudian
Nabi SAW bertanya (kepada si istri), “Maukah kamu mengembalikan kebun pemberian
suamimu itu ?”. Ia menjawab, “Ya, dan akan saya tambah”. Lalu Nabi SAW
bersabda, “Adapun tambahan itu tidak usah, cukup kebunnya saja”. Ia berkata,
“Ya”. Kemudian Nabi SAW mengambil kebun itu untuk diberikan kepada Tsabit dan
beliau menceraikannya. Kemudian setelah hal itu sampai kepada Tsabit bin Qais,
ia berkata, “Sungguh aku menerima putusan Rasulullah SAW”. [HR.
Daruquthni dengan sanad yang sah, ia berkata, “Hadits ini didengar oleh Abu
Zubair tidak hanya dari seorang saja”, dalam Nailul Authar juz 6, hal. 277].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar