do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 24 November 2009

Bagaimana Cara Berfikir Secara Kreatif


Anda akan berlaku sesuai dengan apa yang ada di dalam pikiran anda, berfikirlah seperti orang yang besar maka anda akan seperti orang yang besar. berfikirlah secara kreatif, maka segala sesuatunya akan dapat dilakukan dengan mudah dan akan menghasilkan sesuatu yang menakjubkan.
Seperti di bawah ini terdapat beberapa cara tentang bagaimana cara berfikir secara kreatif seperti yang ditulis oleh David J. Schwartz Ph.D dalam bukunya  "Berfikir dan Berjiwa Besar" :
1. Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan. Jika anda percaya bahwa sesuatu itu dapat dilakukan, maka otomatis pikiran anda akan mencari cara-cara untuk melakukannya. Percaya akan suatu solusi melicinkan jalan menuju solusi.

Hapuskan kata “tidak mungkin,” “tidak akan berhasil,” “tidak dapat dikerjakan,” “tidak ada gunanya mencoba” dari pikiran dan kosakata pembicaraan anda.



2. Jangan biarkan tradisi melumpuhkan pikiran anda. Bersikaplah menerima gagasan baru. Lakukan eksperimen. Coba pendekatan baru. Bersikaplah progresif dalam semua yang anda kerjakan.



3. Bertanyalah kepada diri sendiri, “Bagaimana saya dapat bekerja dengan lebih baik ?” Tidak ada batas untuk perbaikan diri. Ketika anda bertanya kepada diri sendiri, “Bagaimana saya dapat bekerja dengan lebih baik ? Jawaban yang tepatpun akan muncul, cobalah dan lihat hasilnya.



4. Bertanyalah kepada diri sendiri, “Bagaimana saya dapat bekerja lebih banyak?” Kapasitas adalah keadaan pikiran. Mengajukan pertanyaan ini kepada diri sendiri membuat pikiran anda bekerja mencari jalan pintas yang cerdik. Kombinasi yang berhasil di dalam bisnis : Kerjakan apa yang anda kerjakan dengan lebih baik (perbaiki kualitas keluaran anda), dan : kerjakan lebih banyak apa yang anda kerjakan (tingkatkan kuantitas keluaran anda).



5. Praktekan bertanya dan mendengarkan. Bertanya dan mendengarkan maka anda pun akan mendapatkan bahan mentah untuk mencapai keputusan yang tepat. Ingat : orang besar memonopoli kegiatan mendengarkan, sedangkan orang kecil memonopoli kegiatan berbicara.



6. Bentangkan pikiran anda. Dapatkan stimulasi. Bergaul dengan orang yang dpat membantu anda memikirkan gagasan baru, cara baru mengerjakan segala sesuatunya. Berbaurlah dengan orang dari minat pekerjaan dan social yang berbeda.



Poskan Komentar