do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 07 November 2009

Ciri-Ciri Manusia Kreatif dan Produktif


Muchtar Bukhori menyebutkan bahwa ciri-ciri manusia yang kreatif dan produktif adalah sebagai berikut:[1]
Pertama, ia menerima dirinya sendiri secara ikhlas, dengan segenap kelebihan dan kekurangannya. Dia tidak membuang-buang waktu untuk menikmati kelebihannya itu dan menyesali kekurangannya. Dia akan lebih banyak mempergunakan waktunya untuk memikirkan apa yang dapat dilakukannya dengan segenap sifat yang ada pada dirinya.
Kedua, manusia produktif adalah manusia yang menerima lingkungan hidupnya secara ikhlas. Jadi manusia produktif adalah manusia yang realistik dalam menyikapi lingkungannya. Dia sadar akan potensi-potensi yang ada, akan kekurangan-kekurangan serta keterbatasan-keterbatasan yang dihadapinya. Dengan cara demikian, ia mampu menangkap kemungkinan-kemungkinan yang terbentang di depannya.
Ketiga, m a n u s i a p r o d u k t i f a d a l a h m a n u s i a y a n g p e k a t e r h a d a p k e b u tuhan-kebutuhan zamannya. 
Keempat, manusia produktif adalah manusia yang mampu bekerja dan berkarya, dan merasa mengenal serta menguasai metode-metode kerja yang terdapat dalam berbagai metode garapannya.

Dengan demikian, manusia yang produktif adalah manusia yang memiliki ciri-ciri dasar: percaya kepada diri sendiri (sebagai akibat dari kesediaan serta kemampuannya untuk menerima seluruh keadaan dirinya secara ikhlas); mencintai lingkungannya; memahami persoalan dan kebu tu han zamannya, dan dapat bekerja berdasarkan metode tertentu.



Posting Komentar