do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Senin, 09 November 2009

Temukan Ide Kreatif Anda


Temukan Ide Kreatif Anda


Anda termasuk sulit mendapatkan ide?? Jangan kuatir, berikut beberapa langkah supaya ide-ide cemerlang bisa dengan lancar keluar dari kepala Anda!



1. SIAP SELALU



Banyak sekali ide kreatif Anda hilang begitu saja hanya saja Anda lupa mencatatnya. Anda terlalu yakin, besok pagi masih akan tetap ingat dengan ide-ide Anda. Padahal kenyataannya, lebih sering kita tidak akan teringat lagi dengan ide yang muncul semalam. So, supaya kejadian ini nggak terulang lagi, selalu siap dengan buku catatan kecil dan pulpen, atau bawa tape recorder mini kemana-mana. Bisa juga Anda pakai voice recorder di ponsel Anda. Segera catat atau rekam ide Anda sebelum lupa.



2. LEBIH SPESIFIK



Dengan mengetahui lebih spesifik hal yang ingin Anda kerjakan, ide pun akan keluar lebih mudah. Dari pada sibuk memikirkan bagaimana presentasi yang lebih oke, lebih baik Anda pikirkan hal-hal seperti : sebanyak dan seperti apa informasi yang Anda butuhkan untuk proyek Anda tersebut.



3. JANGAN PAKSA



Memang sulit mendapatkan ide kalau ditanya mendadak, akan lebih mudah jika Anda menunggu ide itu datang sendiri saat sedang melakukan hal lain. That’s why. Anda membutuhkan tip nomer 1, Anda tidak akan melewatkan ide-ide yang muncul tiba-tiba meski Anda sedang jalan-jalan atau kongkow bersama teman di suatu tempat.



4. BELAJAR DARI ORANG LAIN



Terkadang Anda perlu bantuan orang lain untuk mendapatkan ide, sifatnya menjadikan orang itu sebagai pelajaran atau inspirasi Anda dalam menggali ide-ide kreatifnya. Bukan lebih meng-copy paste tapi menjadikan sosok 'idola' Anda menjadi penyemangat Anda untuk menggali ide-ide Anda yang terpendam.



5. PERHATIKAN DUNIA SEKELILING ANDA



Untuk dapat menghasilkan ide yang cemerlang, Anda harus punya banyak informasi tentang segala macam, jika pengetahuan Anda luas, Anda juga akan banyak tahu cara menyelesaikan masalah, baca koran, lihat berita di TV, browsing internet, rajin-rajin membaca buku yang bersangkutan dengan jenis bidang yang Anda tekuni adalah cara yang paling oke untuk menambah informasi terbaru.



6. REFRESH



Berolahraga merupakan salah satu upaya refresh, yang tidak sekedar meyehatkan tubuh tapi juga dapat menyegarkan pikiran. Biar lebih fresh ada baiknya Anda menerapkan olahraga mulai dari sekarang. Tidak perlu telalu berat, cukup dengan berjalan pagi atau sekedar jogging. Olahraga adalah waktu yang tepat untuk berpikir dan cari inspirasi.



Yakinlah Anda akan mendapat inspirasi dan ide-ide kreatif terbaik Anda. Jangan pernah menyerah, kuncinya ada di tangan Anda, tinggal bagaimana Anda membukanya saja. Sukses buat Anda.

Sumber:http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/1994573-temukan-ide-kreatif-anda/#ixzz1wEPEN4as
Posting Komentar