do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Senin, 16 November 2009

Mengapa Kita Harus Kreatif?


Menurut para ahli, seseorang yang kreatif selalu melihat segala sesuatu dengan cara berbeda dan baru. Orang yang kreatif pada umumnya mengetahui permasalahan dengan sangat baik dan disiplin, dapat melakukan sesuatu yang berbeda dari cara-cara yang biasa orang lakukan. Proses kreativitas melibatkan adanya ide-ide baru, berguna dan tidak terduga tetapi dapat dilaksanakan.


Manfaat kreativitas dalam kehidupan:



1. Memecahkan Masalah
Dengan berpikir kreatif kita akan dapat memecahkan berbagai masalah karena berpikir kreatif berusaha melihat suatu hal dari berbagai sisi dan mencoba memecahkan masalah dari sisi-sisi baru sehingga bisa muncul solusi atas permasalahan yang dihadapi melalui sisi yang tidak terduga sebelumnya.



2. Mampu melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang
Dengan berpikir kreatif kita akan selalu berusaha untuk melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang sehingga kita dapat melihat masalah secara utuh dan memudahkan dalam memecahkan permasalahan yang sedang di hadapi.



3. Menghindari kebuntuan
Berpikir kreatif akan dapat menghindarkan kita dari kebuntuan berpikir karena kita melihat segala hal dari berbagai sudut pandang dan dengan berpikir kreatif kita berpikir melalui berbagai sisi berbeda dari sisi sebelumnya.



4. Mampu mencurahkan banyak gagasan


Kita akan dapat melihat banyak gagasan-gagasan baru yang tidak akan pernah habis karena kita melihat dari berbagai sisi dan sudut pandang serta tidak ragu dalam menggunakan cara-cara berpikir yang tidak lazim digunakan orang.



5. Tidak kaku
Orang kreatif menggunakan berbagai pola pikir dan terbuka terhadap hal-hal yang baru sehingga pola pikirnya tidak kaku.



6. Dapat berpikir tentang sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain
Dengan kreativitas akan selalu muncul pertanyaan-pertanyaan tentang berbagai hal dan selalu ada upaya untuk mencari jawabnya.



7. Merangsang penemuan-penemuan baru
Orang kreatif memiliki minat besar terhadap berbagai hal dan selalu berusaha untuk memodifikasi sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru.



8. Mengaktifkan pola berpikir
Berpikir kreatif melibatkan berbagai aktivitas mental diantaranya penglihatan, pendengaran, imajinasi, dan psikomotrik sehingga dengan berpikir kreatif kita telah mengaktifkan belahan otak kanan dan kiri sekaligus.


Posting Komentar