do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Rabu, 04 November 2009

menjadi orang yang kreatif


Pada masa sekarang ini, tempat-tempat bekerjasenantiasa menuntut karyawannya atau pekerjanya untuk dapat memunculkaninovasi. Inovasi atau ide-ide baru yang berguna meningkatkan kualitaspekerjaan. Mau tidak mau seorang pekerja akhirnya dituntut untuk memilikikreatifitas. Akar dari inovasi adalah kreatifitas. Lebih lanjut juga dikatakanbahwa bila kita terjun ke dunia bisnis, maka kita juga bergulat dengankreatifitas. Bisnis adalah kegiatan kreatifitas. Robert Epstein, Ph.D, seorang psikolog mengatakanbahwa sebetulnya setiap manusia memiliki kemampuan kreatifitas. Dengan demikiantidak ada alasan kita mengatakan Saya bukan orang yang kreatif,yang ada hanyalah belum mengasah potensi kreatifitas yang dimilikinya. Semakinsering kita mengikuti pelatihan yang mengasah kreatifitas, semakin baik potensikreatifitas yang dimiliki. Salah satu ciri dari orang yang kreatif adalah bahwaia mampu memunculkan beragam alternatif dari permasalahan yang dihadapinya.Pada umumnya orang dewasa mampu memikirkan 3-6 alternatif pada setiap situasiyang membutuhkan pemecahan masalah. Sedangkan anak-anak mampu memikirkansekitar 60 alternatif. Apa Itu Kreatifitas ? Sebenarnya belum ada kesepakatan bersama mengenaidefinisi kreatifitas yang baku.Tetapi setidaknya kreatifitas dapat diartikan sebagai kemampuan untukmenempatkan sejumlah objek-objek yang ada dan mengkombinasikannya menjadibentuk yang berbeda untuk tujuan-tujuan yang baru. Kreatifitas meliputi 3 hal : 1. Kreatifitas merupakan Kemampuan (Ability) Yaitu suatu kemampuan untuk membayangkan ataumenemukan suatu hal yang baru 2. Kreatifitas merupakan Sikap (Attitude) Yaitu kemampuan untuk menerima perubahan dan sesuatuyang baru 3. Kreatifitas merupakan sebuah Proses (Process) Orang yang kreatif merupakan orang yangterus-menerus membuat perubahan dan perbaikan secara bertahap pada pekerjaanmereka. Keuntungan yang Diperoleh Dari Menjadi Orang yangKreatif 1. Dapat mengembangkan potensi kita diluar batasaninteligensi 2. Adanya pertumbuhan kompetisi yang cepat dalambisnis dan industri 3. Penggunaan sumber daya manusia yang efektif 4. Menemukan cara yang baru dan lebih baik untukmemecahkan masalah 5. Perkembangan masyarakat 6. Dapat meningkatkan pengetahuan 7. Merupakan aspek penting dari kesehatan mental 8. Mempengaruhi kepemimpinan yang efektif 9. Meningkatkan proses belajar Mitos yang Menghambat Diri Menjadi Orang yangKreatif 1. Orang yang kreatif hanyalah orang-orang yangmemang tipe kreatif Pada kenyataannya, hampir semua penelitianmenyatakan bahwa orang yang memiliki tingkat kecerdasan intelektual yangrata-rata mampu untuk melakukan pekerjaan dengan tingkat kreatifitas tertentu. 2. Uang adalah pendorong munculnya kreatifitas Seringkali orang beranggapan kreatifitas muncul bilaada uang atau ketersediaan dana.

Penelitian tentang kreatifitas menunjukkanbahwa uang bukanlah segalanya. Orang-orang yang kreatif mengatakan bahwakreatifitas mereka bukan berdasarkan uang yang diberikan. 3. Kreatifitas muncul karena adanya tekanan deadline Penelitian mengatakan bahwa ketika orang bekerja dibawah tekanan, maka kreatifitas akan terpendam tidak hanya pada hari itu tetapijuga 2 hari sesudahnya. Tekanan waktu justru menghambat kreatifitas karenaorang tidak dapat berkonsentrasi dengan masalah yang dihadapinya. Kreatifitasmembutuhkan masa inkubasi yaitu waktu untuk orang dapat menganalisa msalah yangada dan membiarkan ide-idenya muncul. 4. Kompetisi memunculkan kreatifitas Dalam dunia finance dan industri high tech, adakeyakinan yang mengatakan bahwa kompetisi memunculkan inovasi. Padakenyataannya survey mengatakan bahwa tim yang kreatif adalah tim yang merasanyaman untuk membagikan ide-idenya dan mendiskusikan ide-idenya tersebut. Ketikaorang berkompetisi untuk mendapatkan pengakuan, mereka akan berhenti untuksaling bertukar inforamsi sehingga tidak dapat berkolaborasi dan akhirnya tidakmemunculkan kreatifitas. Sikap yang Dapat Meningkatkan Kreatifitas 1. Berani mengambil resiko. Scott Adams (The DilbertPrinciple) mengatakan bahwa, "Creativity is allowing oneself to make amistake". 2. Mempercayai gagasan diri sendiri. Meyakini bahwakita mampu untuk mengadakan perubahan. Jauhkan dari rasa iri hati terhadapkemajuan orang lain. 3. Secara aktif terlibat dalam pengembangan gagasanyang muncul. Miliki keinginan untuk berbagi informasi atau gagasan dengan oranglain. 4. Antusias 5. Bebas 6. Tidak cepat puas 7. Meyakini bahwa ide yang aneh sekalipun bukanlahide yang jelek. Fokuskan diri pada berkreasi, jangan dikacaukan denganbagaimana melakukan kreasi tersebut. Jabarkan dulu semua ide-ide yang Andamiliki. 8. Berkolaborasilah. Jangan ragu untuk memintabantuan atau dukungan orang lain terhadap ide atau proyek yang sedang Anda kerjakan.Kreatifitas biasa terjadi karena kita mencobasesuatu dengan sengaja. Dari sengaja kita mampu untuk mengerjakannya danakhirnya terbiasa. Jadi kreatifitas dapat muncul karena kita terbiasa untukberkreasi. Pada akhirnya biasakanlah diri sendiri untuk memiliki sikap-sikapseperti yang diuraikan di atas.

Tidak ada komentar: