do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Rabu, 17 Agustus 2011

Bagaimana Membangkitkan Gairah Kerja

Gairah yang menggebu-gebu atau passion dalam bekerja merupakan syarat utama kesuksesan dalam karir apapun. Dalam dunia bisnis kesuksesan bisa diraih jika selalu memiliki gairah yang menggebu-gebu dalam setiap aktivitasnya. Tidak hanya menjadi daya dorong dalam sukses bisnis tetapi mendorong pula sikap kreatif dan proaktif.  Gairah dalam bekerja menjadikan motivasi untuk berkarya menjadi besar, bekerja tidak semata-mata sebuah tuntutan kewajiban tetapi juga sebagai sebuah aktivitas menyenangkan.
Namun pada kenyataannya banyak orang tidak memiliki gairah manakala tuntutan pekerjaan justru memerlukan itu. Beban pekerjaan justru menjadikan stress bukan sebuah tantangan yang makin menyenangkan jika dikerjakan. Salah satu kunci enterpreneur adalah memiliki gairah yang besar pada bidang yang ditekuninya.
Lantas bagaimana kita bisa membangkitkan gairah dalam bekerja dan menjalankan aktifitas sehari-hari. Berikut beberapa tips untuk membangkitkan gairah dalam bekerja, yang mungkin bisa bermanfaat:
1. Cermin Masa Lalu
Salah satu cara yang paling bagus untuk mengidentifikasi gairah nyata Anda adalah dengan memikirkan hidup Anda, Terutama mengingat masa kanak-kanak dan mengidentifikasi hal-hal yang Anda sukai. Apa yang membuat Anda sangat gembira? Apa yang dapat Anda peroleh dengan mudah?
Coba, deh, ingat-ingat hal-hal yang Anda sukai waktu masa sekolah atau permainan favorit saat kecil. Jika gemar main boneka, mungkin Anda menyimpan bakat terpendam yang menunggu saat yang tepat untuk ditampilkan.
Begitu Anda dapat mengidentifikasi kegemaran Anda, maka Anda pun tahu bagaimana memanfaatkannya. Sebagai contoh, orang yang senang tampil dapat menemukan peluangnya dengan bekerja sebagai presenter, pembicara. Ingat, gairah kita terpampang di depan kita!
2. Identifikasi Impian
Jika ingin menggali gairah, Anda perlu mengidentifikasi “mimpi” Anda. Buatlah daftar hal-hal yang sangat ingin dilakukan, hal-hal yang kalau Anda lakukan tidak akan merugikan bagi Anda. Jelas, Anda harus berani menghadapi tantangan-tantangan. Mungkin Anda bermimpi menjadi penari terkenal. Dengan demikian, Anda akan termotivasi mengikuti kursus menari.
Jangan lupakan catatan daftar mimpi Anda dan jangan pernah berpikir “tidak mungkin” karena dengan mempunyai mimpi, Anda akan termotivasi untuk mewujudkan cita-cita Anda.
3. Cari Peluang
Coba ambil katalog kursus, lihat kursus apa yang ditawarkan dan beri tanda pada bagian yang menarik buat Anda. Beri kesempatan pada diri sendiri untuk mengikuti kursus yang Anda minati. Bila tertarik pada seni, ikuti kursus mengenai seni. Bila ingin jadi fotografer, ikuti kursus mengenai fotografi.
Lakukanlah sesuatu sesuai dengan minat Anda. Apakah itu menari, menyanyi, atau menulis. Anda harus berani melakukan dan mencoba sesuatu yang baru.
4. Bangun Dunia dan Gaya Hidup
Setiap orang harus berani melakukan hal-hal yang memotivasi dirinya dan yang memberi ilham. Setiap manusia punya pembawaan sejak lahir, demikian juga halnya dengan gairah. Gairah merupakan suatu benih dari dalam diri kita.
Jika gairah ini tidak digali, maka bakat yang ada dalam diri kita tidak akan pernah tumbuh. Tetapi jika gairah digali dan dikembangkan di lingkungan yang sesuai, Anda akan sukses dan menjadi orang seperti yang Anda idam-idamkan.
Memang, perlu waktu untuk menggali gairah dan mengembangkannya. Yang diperlukan adalah kemauan untuk mengembangkannya. ” Hidup ini bukanlah suatu latihan.” Diri Anda sendirilah yang dapat membuat hidup Anda bahagia atau tidak.(Galeriukm).

Sumber:
http://www.tabloidnova.com/Nova/Karier/Pengembangan-Diri/Membangkitkan-Gairah-Kerja2

Poskan Komentar