do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 16 Agustus 2011

Tips Meluncurkan Produk Baru

Manakala produk bisnis kita sudah mengalami stagnasi atau kurang menarik lagi di pasaran, tentu kita berfikiran untuk melakukan langkah-langkah menggairahkan bisnis kita. Ada beberapa cara yang akan kita lakukan untuk itu, dan upaya tersebut tergantung kondisi, kreatifitas dan situasi yang ada. Pada tulisan yang lalu pernah diulas mengenai upaya pengembangan usaha kecil dengan melakukan difersifikasi usaha. Salah satu pilihan untuk mengembangkan bisnis kita adalah dengan meluncurkan produk baru di pasaran.
Pilihan peluncuran produk baru di dalam mengembangkan dan menggairahkan bisnis tentu memiliki dua kemungkinan, kemungkinan pertama adalah bisa diterima pasar dan menjadikan bisnis kita maju atau tidak bisa diterima pasar yang mengakibatkan bisnis kita justru merugi. Harapan peluncuran produk baru tentu saja pada yang pertama. Agar harapan tersebut dapat tercapai maka ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum meluncurkan produk baru.
Kemungkinan kesuksesan produk diterima pasar dapat dianalisa dengan mempelajari empat benchmark dari sebuah produk yaitu:
  • Harga
  • Benefit
  • Kemudahan penggunaan
  • Ketersediaan
Empat hal tersebut dapat dibagi menjadi dua kategori, yakni purchase motivator (faktor yang memotivasi pembelian) dan purchase barrier (faktor yang menghambat pembelian).
Dua faktor pertama, yakni harga dan benefit adalah purchase motivator, sementara dua faktor terakhir, kemudahan penggunaan dan ketersediaan, merupakan purchase barrier.
Menurut Eric Mankin berpendapat bahwa dalam tingkat kepentingan, motivator bobotnya lebih besar dibandingkan dengan barrier. Sehingga, supaya suatu produk bisa sukses di pasaran, maka kunci suksesnya adalah:

Pertama, solid di purchase motivator
• mengenakan harga yang bersaing, setidaknya tidak lebih mahal dibandingkan dengan incumbent. Lebih murah tentunya lebih bagus
• memberikan fitur dan manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan produk yang sudah ada.

Kedua, menghilangkan purchase barrier
• mudah digunakan, dan tidak ada switching cost
• ketersediaannya luas dimana-mana, menyaingi produk yang sudah ada
Ketika suatu produk sudah unggul pada keempat faktor tersebut, yakni harga murah, manfaat besar, mudah dipakai dan barangnya tersedia dimana-mana, maka kansnya untuk menjadi pemenang di industri jadi semakin besar. Oleh karena itu, keempat faktor ini harus menjadi perhatian jika Anda ingin meluncurkan suatu produk baru.(Galeriukm).

Sumber:
Rinella Putri, Resep Sukses Meluncurkan Produk Baru , http://www.managementfile.com/column.php?sub=str_mgt&id=2139&page=str_mgt&awal=0

Poskan Komentar