do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 12 Agustus 2011

Meningkatkan Efisiensi Media Online

Tiap kali saya membuka email yahoo, di sebelah kiri bawah selalu muncul banner iklan yang perempuan banget dari mulai make up, nail polish sampai deretan sepatu sepatu lucu bergonta ganti mencoba menarik perhatian saya.
Begitu juga ketika saya membuka detikhot, kanal infotainment yang menjadi salah satu kanal favorit saya (ahahaha) karena ngga pernah sempat nonton berita gosip di TV. Info butik pakaian, tas, sepatu hingga tempat hang out atau pun fine dining yang asik dan niche selalu berhasil mencuri perhatian saya.
Bukan hanya di online, secara umum aktifitas komunikasi yang targeted, sesuai konteks dan behavior, selalu lebih berhasil mendapatkan perhatian.
Di online, komunikasi behavioral didukung oleh teknologi yang bisa secara otomatis mensuplai iklan hanya kepada targetnya. Pendekatan berbasis database ini lah yang dilakukan Yahoo, MSN, facebook dll.
Bagaimana dengan Indonesia yang rata-rata media onlinenya belum berdasarkan membership? bagaimana menerapkan behavioral targeted ad sehingga komunikasi yang kita lakukan lebih secara pesan lebih mengena dan efisien secara costing?
Tidak/belum adanya pengelompokan pembaca berdasar database, bukan berarti halangan untuk melakukan targeted ad. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyeleksi serta mempelajari masing-masing kanal dan men treat setiap kanal dengan pendekatan yang berbeda.
Contoh: Jika produk Anda ditujukan untuk pria dan wanita dan ingin beriklan di portal umum, jangan buru-buru pasang di kanal umum, tapi lihat kemungkinan masuk ke kanal yang khusus yang biasanya dikunjungi pria dan wanita.
Misal: detiksport dan kompastechno (pria) atau detikhot dan selebTV (wanita). Untuk 2 kanal tersebut, gunakan pendekatan komunikasi iklan yang sesuai dengan behavior pengunjung. Jangan materi yang sama digunakan untuk meng-approach laki laki dan perempuan yang sudah jelas jelas minatnya berbeda!
Cara lain adalah dengan memanfaatkan portal vertikal atau portal yang dibangun untuk komunitas khusus. Misalnya: www.tangandiatas.com (portal entrereneur), www.bisnis.com dan www.swa.co.id (portal bisnis), www.smartdrive.co.id (otomotif), www.sendokgarpu.com (kuliner) dan lain-lain.
Atau bahkan Anda bisa memanfaatkan blog blog yang membahas tema khusus yang sesuai dengan karakter brand Anda.
Selamat mencoba!
Sumber:
Iim Fahima Jachja, http://virtual.co.id/blog/internet-marketing/bagaimana-meningkatkan-efisiensi-media-online/

Poskan Komentar