do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Senin, 08 Agustus 2011

Tips Pemasaran Lewat Internet

enetrasi internet yang sedemikian cepat meluas hingga ke segenap lapisan masyarakat menawarkan banyak hal bagi sukses bisnis. Internet menjadi media yang cukup murah dan mudah untuk memasarkan  produk bisnis bahkan lebih dari itu. Web address tidak sekedar company profile tetapi perlu dijadikan media pemasaran yang efektif. Apalagi bagi usaha kecil dan menengah, Internet bisa menjadi media pemasaran yang murah. Meski sangat disayangkan tingkat adopsi penggunaan Internet dan Teknologi Informasi oleh UKM masih cukup rendah namun perlu ada dorongan dan dukungan agar UKM bisa memanfaatkan Internet dan TI untuk mengembangkan bisnisnya.
Saat ini banyak orang yang telah sukses menggunakan Internet sebagai ladang bisnisnya, bahkan orang yang masih berusia muda pun bisa menjadi pakar internet marketing dan menghasilkan kekayaan yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, sebaiknya pula kita mulai menggunakan internet sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pemasaran.
Namun demikian penggunaan Internet sebagai media pemasaran perlu kita evaluasi sejauh mana efektivitasnya. Agar pemasaran melalui internet menjadi efektif, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Tips Pemasaran Internet

Beberapa tips supaya penggunaan internet lebih efektif untuk mendukung pemasaran, di antaranya:
Pertama, web address sebaiknya mudah diingat.
Kedua, tampilan homepage harus menarik tapi tidak perlu rumit.
Ketiga, homepage harus mudah untuk di-loading, tidak terlalu banyak animasi atau konten yang membutuhkan waktu yang lama untuk diakses.
Keempat, situs sebaiknya bukan hanya berisi informasi biasa, tapi juga berbagai penawaran yang sensasional. Misalnya, siapa yang melakukan pembelian produk lewat internet mendapat diskon sebesar 50%. Seperti yang akhir-akhir ini digunakan oleh berbagai perusahaan penerbangan, yakni menjual tiket dengan harga yang jauh lebih murah melalui internet dibandingkan dengan pembelian tiket secara konvensional.
Kelima, selalu diingat juga untuk senantiasa mempromosikan alamat situs perusahaan kepada konsumen atau calon konsumen. Cukup banyak perusahaan yang sebenarnya telah membuat situs tetapi tidak digunakan dengan optimal, mungkin tidak di update atau tidak memberikan penawaran- penawaran sensasional yang terbaru.
Agar situs mampu memberikan hasil yang lebih optimal dalam mendukung pemasaran, lebih baik jika dalam suatu perusahaan ada orang atau karyawan khusus yang menangani masalah pemasaran lewat situs sehingga data-data penawaran selalu mutakhir (up to date). Jika belum memungkinkan untuk merekrut karyawan yang menangani masalah pemasaran lewat internet tersebut, mungkin Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan yang berkompeten.
Yang harus diperhatikan lagi, pemasaran dengan internet ini harus senantiasa diukur dan dimonitoring. Misalnya,dalam jangka waktu tertentu, kita memberikan promosi dengan pembelian lewat internet. Namun,juga harus mengetahui berapa jumlah respons yang membuka situs kita, dan jumlah respons yang mengambil tindakan untuk melakukan pembelian.
Saat ini masih cukup banyak ditemui, suatu perusahaan yang telah memiliki situs tetapi tidak pernah tahu berapa orang yang merespons situs yang telah dibuat,sehingga hasilnya pun tentu tidak akan optimal.Ingat, dalam pemasaran kita harus selalu memberikan penawaran yang dahsyat, supaya orang mau membeli produk atau jasa yang kita tawarkan bukan sekadar orang tahu perusahaan kita memiliki situs semata.(Galeriukm).

Sumber:
TUNG DESEM WARINGIN
Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business 2005

Poskan Komentar