do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 09 Juli 2011

Membangun Karakter Wirausaha

Kegigihan dan kemampuan melihat peluang -karakter yang mewakili kewirausahaan- perlu ditumbuhkan sejak dini. Terutama kepada remaja agar bersiap memasuki era berikutnya.
Kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi tak dimiliki semua anak muda. Karenanya, semangat kewirausahaan perlu dibangun sejak bangku sekolah menengah, kata Charles M. Ham, MPH, Country Director Hope Foundation Indonesia.
“Membangun wirausaha tak hanya bicara seputar akses keuangan. Jiwa dan karakter kewirausahaan perlu dibangun lebih dini, meskipun nantinya penerapannya melalui berbagai cara selain menjadi pebisnis atau entrepreneur sosial misalnya,” jelas Charles kepada Kompas Female, usai peluncuran Citi Success Fund (CSF) 2010 bertema kewirausahaan dan kemandirian finansial di Jakarta Design Center Jakarta, Selasa (27/7/2010).
Karakter wirausaha
Memiliki kegigihan, siap menghadapi tantangan, jeli melihat keadaan dan peluang, kreatif, berpikir lebih terbuka dan tidak terkotak-kotakkan, atau berpikir out of the box, adalah sejumlah karakter wirausaha yang paling menonjol.
Siapapun bisa memiliki karakter wirausaha seperti ini, tambah Charles. Karenanya, kegiatan tahunan CSF yang diadakan Citi Indonesia melalui Citi Peka bersama Hope Foundation, menyasar guru untuk diajarkan kepada siswa SMA di sejumlah kota.
Charles menjelaskan, konsep program CSF dibangun 20 tahun lalu di Amerika dan diadaptasi di setiap negara. Di Indonesia, kegiatan yang fokus pada pendidikan ini menggandeng Hope sejak delapan tahun lalu. Tahun ini, pendidikan kewirausahan menjadi topik utamanya.
“Jiwa atau karakter kewirausahaan dibutuhkan karena dunia terus berkembang. Dalam menghadapi era globalisasi ke depan, anak muda perlu memiliki jiwa kewirausahaan seperti ini,” imbuhnya.
Sumber:
http://female.kompas.com/read/xml/2010/07/27/1654067/karakter.wirausaha.perlu.dibangun.sejak.dini

Tidak ada komentar: