do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Minggu, 31 Juli 2011

Sikap-Sikap Yang Menyelamatkan Bisnis

Mengelola bisnis tidak hanya untuk waktu jangka pendek tapi untuk kehidupan jangka panjang, bahkan sampai turun temurun. Tentu anda pernah membaca sejarah dari perusahaan-perusahan sukses yang dirintis dari mulai kakek hingga cucu dan tetap eksis. Sebagai pemilik usaha tentu yang diinginkan adalah seperti itu. Untuk menyelamatkan bisnis anda dari kemandegan di tengah jalan, diperlukan sikap-sikap positif dari anda selaku pemimpin dalam bisnis itu.
Ada 7 sikap positif yang bisa anda lakukan untuk menyelamatkan bisnis anda secara long time.
1. Komitmen
Definisi kata ini adalah menepati apa yang sudah Anda janjikan. Komitmen artinya juga bertanggungjawab penuh terhadap apa yang sudah Anda lakukan dan Anda selesaikan dengan sebaik-baiknya. Apa yang terjadi jika Anda sebagai seorang pengusaha tak memiliki watak ini, bukan hanya customer Anda yang bakal kecewa, bahkan tim Anda pun akan meninggalkan Anda, cepat atau lambat.
2. Integritas
Arti lugasnya adalah memiliki kejujuran yang tinggi. Jujur bisa didefinisikan dalam banyak bahasa, bisa diartikan apa yang Anda katakan adalah apa yang Anda lakukan, atau definisi lainnya tentang menjaga amanah. Sebagai pengusaha, Anda wajib memiliki karakter ini, karena akan menjaga reputasi Anda dan bisnis Anda dimata masyarakat. Miliki intergitas yang tinggi dalam menjalankan bisnis, maka banyak pihak yang ingin membantu dan mau bekerjasama dengan Anda.
3. Ownership
Artinya Anda punya perasaaan memiliki yang kuat. Rasa memiliki adalah penting, karena dari sikap itu, Anda lebih bersemangat untuk menjaga dan mengembangkan bisnis Anda. Perasaan itu bisa menular kepada tim Anda dan bahkan ke customer Anda. Namun semua dimulai dari diri Anda. Rasa sikap memiliki bisa diartikan luas dan dalam. Miliki sifat ini, maka akan banyak perubahan positif yang Anda terima.
4. Komunikatif
Kemampuan komunikasi adalah skill yang wajib dimiliki oleh semua pemilik bisnis. Anda bisa bekerjasama dengan orang lain lebih baik lagi dan bahkan bisa mengembangkan bisnis lebih luas lewat orang-orang tepat. Kemampuan komunikasi ini bisa menjadi senjata pamungkas Anda dalam berbisnis secara jangka panjang.
5. Bersikap Edukasif
Maksudnya adalah siap belajar seumur hidup. Anda harus memposisikan diri sebagai orang yang selalu belajar dari siapapun, dimanapun dan dalam kondisi apapun. Anda belajar mengadapi karyawan Anda, belajar melalui pelanggan Anda, calon klien Anda, mitra bisnis Anda dan banyak lagi. Dengan selalu belajar, Anda akan tetap update hingga lebih mudah menyelesaikan bebagai masalah dalam bisnis Anda. Sikap mau belajar adalah sikap para pemenang
6. Berpikir Sistemik
Apa maksudnya ? Anda sebagai pengusaha harus belajar berpikir sistemik. Segalanya harus Anda buat sistimnya. Mulai sistim dalam bisnis Anda, sistim kemitraan, sistim marketing, sistim perluasan bisnis dan sistim replikasi (franchise). Mulailah berpikir secara sistim, dan pada akhirnya Anda bisa bebas dari urusan bisnis, tapi profit tetap masuk berjalan.
7. FUN (Berkepribadian humoris)
Humor bisa mencairkan hubungan yang renggang. Humor bisa juga meningkatkan kesehatan suatu hubungan sosial, termasuk kesehatan jasmani orang itu sendiri. Dengan adanya kepribadian yang menyenangkan, maka akan semakin mudah Anda masuk ke berbagai lingkungan, baik lingkungan bawah atau lingkungan atas. Kemungkinan konflik sosial semakin kecil dengan kemampuan ini.
Dengan 7 sikap positif ini, bukan hanya bisnis tapi kehidupan Anda menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Bayangkan, Anda sebagai leader sangat dituntut untuk menjadi berhasil, dan dengan modal keberhasilan ini, Anda bisa menduplikasi kepada semua tim Anda hingga mereka berkembang lebih baik.
Ketujuh sikap ini sangat efektif menyelamatkan bisnis Anda dalam jangka waktu yang cukup lama, karena memang pada dasarnya bisnis dibangun oleh para manusia, dan dengan menjalin hubungan yang lebih baik, maka bisnis kita menjadi jauh lebih baik.(Galeriukm).
Sumber:
http://antaranews.com/berita/254213/7-sikap-positif-selamatkan-bisnis-anda

Tidak ada komentar: