do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Rabu, 13 Juli 2011

Strategi Baru Memenangkan Persaingan Bisnis

Persaingan menjadi sesuatu yang tidak terelakkan lagi dalam menjalani bisnis. Maka yang sering diupayakan pelaku bisnis adalah mengambil langkah-langkah strategis agar menang dalam persaingan itu. Adagium siapa yang kuat dia akan menang berlaku dalam persaingan bisnis. Tentu kuat disini bisa dimaknai dari beberapa sudut pandang, bukan semata-mata kuat modal, tetapi juga kuat beradaptasi terhadap perubahan lingkungan bisnis. Strategi agar menang dalam persaingan bisnis tidak stagnan seiring dengan perubahan lingkungan bisnis.
Selayaknya persaingan dalam bidang lain, persaingan bisnis senantiasa menghasilkan winner dan losser. Persaingan semacam ini sangat menguras energi dan menyakitkan bagi pihak yang kalah. Karena satu pasar yang sempit diperebutkan oleh semua pelaku bisnis yang jumlahnya banyak.

Blue Ocean: Memasuki Pasar Tanpa Pesaing

Pendekatan baru dalam strategi memenangkan bisnis adalah konsep Blue Ocean. Blue Ocean mendorong pelaku bisnis untuk memasuki pasar baru yang potensial, dan yang selama ini “dilupakan” oleh para pesaing. Hal ini berbeda dengan strategi red ocean, dimana semua kompetitor memberikan tawaran fitur produk yang seragam, sama, dan semua saling memperebutkan pasar yang juga sama. Sehingga terjadi pertarungan yang berdarah-darah, lantaran arena persaingan diperebutkan oleh para pemain yang menawarkan keseragaman produk dan pendekatan. Jika hal ini bisa dihindari mengapa tidak?
Strategi ini kuncinyan adalah menciptakan ruang pasar tanpa pesaing, dan membiarkan kompetisi tidak lagi relevan. Yang dituntut untuk menjalankan strategi persaingan ini adalah kemampuan melakukan inovasi. Pasar kita adalah pasar baru yang belum dimasuki orang lain. Pasar yang sudah establish dimasuki orang lain tidak terganggu oleh kehadiran kita karena segmen pasar, atau fitur yang ditawarkan berbeda. Strategi ini menjadikan bisnis kita bukan tipe follower tetapi leader dalam pasar. Selain itu energi kita bisa difokuskan pada kualitas produk bukan menghabiskan resource menghadapi pesaing.
Contoh sukses dalam menerapkan strategi tanpa pesaing ini pernah dilakukan oleh Apple dengan iPod-nya. Saat orang lain ramai-ramai bersaing memperebutkan pasar pemutar CD, Aple memasuki pasar yang berbeda, alhasil sukses besar diperoleh.
Terobosan Yamaha dengan produk Skuter Matic Yamaha Mio merupakan contoh lain sukses menciptakan pasar tanpa pesaing. Saat pasar sepeda motor didominasi Honda, Mio menjadi produk laris manis karena pada awalnya belum ada pesaing yang merambah pasar skuter matic.
Nampaknya dalam persaingan bisnis perlu menerapkan strategi blue ocean ini, karena strategi ini relatif low cost dan menjadikan perusahaan menjadi perusahaan yang kreatif dan inovatif. Selain itu tidak memunculkan “musuh” meski sama sama bersaing dalam sebuah produk yang sama.(Galeriukm).

Poskan Komentar