do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 30 Juli 2011

Sukses Bisnis Berawal Dari Rencana Yang Baik

Dalam membangun bisnis seringkali kita dihadapkan pada kondisi yang stagnan, mandek dan tidak mengalami kemajuan. Meski kita telah bekerja penuh waktu bahkan over time namun hasilnya masih sama saja. Dalam kondisi seperti ini yang perlu diubah adalah mindset kita dalam membangun bisnis.  Ada perbedaan antara bekerja selama 10 tahun dengan bekerja satu tahun yang diulang sepuluh kali. Bekerja selama sepuluh tahun memberi hasil yang berbeda dan mengunakan cara yang berbeda. Namun yang kedua selama sepuluh tahun melakukan cara yang sama dalam menjalankan bisnis. Hasilnya tentu berbeda antara keduanya.
Hal terpenting dalam membangun bisnis adalah rencana yang baik (Business Plan). Seperti halnya kita berjalan, jika tidak memiliki tujuan yang jelas maka hanya lelah yang kita dapatkan. Namun jika memiliki tujuan yang jelas arahnya menjadi jelas pula.
Layaknya membangun rumah membangun bisnis juga demikian, kita memiliki gambaran sebelumnya tentang rumah yang akan dibuat. Meski kita belum membangun keseluruhan bangunan, namun tahapan-tahapan yang harus dilalui jelas dan terarah.
Ada baiknya sebelum mengawali atau jika sudah merintis bisnis untuk memikirkan kembali bagaimana 5 tahun ke depan bisnis yang sedang dibangun, langkah-langkah apa yang sudah ditempuh dan bagaimana progress saat ini.
Menyusun business plan atau rencana bisnis memang penting bagi keberhasilan usaha untuk jangka panjang. Tidak hanya memberikan gambaran masa depan bisnis, tetapi juga deadline dari tiap tahapan yang harus dicapai.(Galeriukm).


Sumber:
Antaranews

Poskan Komentar