do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Minggu, 24 Juli 2011

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dalam menjalankan bisnis kepuasan pelanggan adalah hal yang paling utama. Dalam bisnis yang berkaitan dengan produk dan jasa muaranya adalah pada kepuasan pelanggan. Produk yang tidak sesuai dengan harapan dan nilai guna bagi pelanggan pasti tidak akan laku di pasar. Karena itulah di dalam menjalankan bisnis apapun selalu ditujukan dalam kerangka memberikan kepuasan kepada pelanggan. Untuk dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan pelaku bisnis harus mengetahui apa yang dikehendaki pelanggan.

Kepuasan pelanggan pada secara sederhana bisa dimaknai tidak adanya kesenjangan antara harapan dengan apa yang diperoleh. Misalnya saja pelanggan menghendaki produk yang berkualitas baik, jika produk yang kita berikan kurang baik maka pelanggan tidak akan merasa puas. Jika pelanggan menghendaki harga yang murah, namun produk yang kita berikan produk mahal maka tentu pelanggan tidak akan puas.
Dengan mengacu pada hal tersebut maka upaya meningkatkan kepuasan pelanggan adalah memenuhi segala yang diharapkan oleh pelanggan. Untuk dapat melakukan itu kita harus tahu keinginan pelanggan.
Selain itu ada beberapa hal lagi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan antara lain:
  • Memberikan kualitas layanan yang baik dan prima, ini meliputi konsistensi kualitas produk, penampilan dan fisik yang meyakinkan , kehandalan dan lain-lain.
  • Berikan jaminan keamana pada produk kita, dengan menggunakan produk kita pastikan pelanggan tidak memiliki kekhawatiran sedikitpun, misalnya barang rusak, mengganggu kesehatan dan lain-lain.
  • Menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Menjalin komunikasi yang baik tidak hanya memperoleh masukan dari pelanggan tetapi juga membuat pelanggan memiliki kedekatan secara emosional sehingga nyaman dengan produk yang ditawarkan.
  • Empati, sikap empati kepada pelanggan membantu memahami apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, sehingga membantu kita untuk memberikan layanan/produk yang membuat pelanggan puas.
  • -Selalu dalam kejujuran, kejujuran adalah kunci dalam memberikan kepercayaan pelanggan. Jika aspek ini dilupakan maka pelanngan tidak puas bahkan akan lari.
Dalam bidang bisnis apapun kepuasan pelanggan adalah faktor penting, karena itu upaya terus menerus untuk meningkatkan kepuasan pelanggan menjadi hal yang tidak boleh dilupakan.(Galeriukm).
Posting Komentar