do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 01 November 2013

MAKALAH ANAK USIA DINI



MAKALAH
PENGEMBANGAN PERILAKU DAN KEMAMPUAN DASAR MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DAN TANYA JAWAB

 

DISUSUN OLEH :
kelompok i
1.         mukmina  (21114164)
2.         marlina b. (21114163)
3.         marlina (21114162)
4.         hariani (21114159)
5.         wa ode yeni (21114181)
6.         asma (21114158)
7.         yatni wati (21114182)

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI
2013

BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Dalam pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun akan mempelajari tentang pengembangan perilaku dan kemampuan dasar melalui metode bercakap-cakap dan tanya jawab. bercakap-cakap merupakan suatu bentuk komunikasi lisan antara satu orang dengan orang lain.
di dalam becakap-cakap memungkinkan adanya unsur dialog, tanya jawab, dan pemberian informasi.

B.       RUMUSAN MASALAH
1.   Bagaimana hakikat metode bercakap-cakap dan tanya jawab ?
2.   Bagaimana kelebihan dan kekurangan metode bercakap-cakap dan tanya jawab ?
3.   Bagaimana implikasi pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun melalui metode bercakap-cakap ?



















BAB II
PEMBAHASAN


A.      Hakekat Metode Bercakap-Cakap :
Ø Dalam hakekat metode bercakap-cakap salah satu cara belajar anak adalah melalui bercakap-cakap. Pengetahuan yang telah mereka dapatkan akan selalu diperkuat melalui bercakap-cakap. Pengetahuan yang telah  mereka dapatkan akan selalu diperkuat melalui bercakap-cakap.
Pada saat bercakap-cakap, anak juga akan belajar bagaimana bahasa digunakan untuk menyimpulkan pesan. Penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang memiliki orang tua yang senang bercakap-cakap dengan anaknya secara intensif ketika mereka bayi maka anak tersebut akan memiliki iq yang baik dan memperoleh jumlah kosa kata yang lebih banyak di bandingkan anak yang lain.
Bercakap-cakap adalah bagian dari kecakapan bahasa yang bersifat eksperesif karena anak diminta untuk menggunakan simbol-simbol bahasa dalam berkomunikasi.

Ø Hakikat Metode Tanya Jawab
Dalam metode tanya jawab dapat dibagi dua yaitu metode tanya jawab tertutup dan terbuka.

B.       Kelebihan dan kekurangan bercakap-cakap dan tanya jawab :
1.   Kelebihan Metode bercakap-cakap dan Tanya Jawab antara lain :
Ø  Menghasilkan informasi yang lengkap dari sisi isi / kontes dan produksi bahasa dari situasi yang alamiah.
Ø  Dapat dianalisis
Ø  Menunjukan kemajuan perkembangan bahasa sepanjang waktu, khususnya pada aspek berbicara, sepanjang waktu.
Ø  Meningkatkan kepercayaan diri anak.




2.   Kekurangan metode bercakap-cakap yaitu :
Ø  Membutuhkan waktu yang intensif dan lama ketika berfokus pada satu anak.
Ø  Memungkinkan anak merasa takut jika anak sedang malas memberika jawaban.
Ø  Dapat terlihat seolah-oleh menyelidiki hal-hal yang paling rahasia.

C.    Implikasi Pengembangan-pengembangan perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia 3-4 Tahun melalui Metode bercakap-cakap
penggunaan metode bercakap-cakap dan tanya jawab pada anak usia 3-4 tahun harus memperhatikan sejumlah aspek kebahasaan seperti kemampuan anak dalam berbicara dan menyimak. dikarenakan dalam pengalaman berbahasa, kedua aspek tersebut harus dikuasai lebih dalam sebelum aspek lainnya, seperti membaca dan menulis.





















BAB III
PENUTUP


A.      KESIMPULAN
Bercakap cakap merupakan suatu bentuk komunikasi lisan antara satu dengan lain.
Di dalam bercakap-cakap dimungkinkan adanya unsur dialog, tanya jawab dan pemberian informasi.

Hakekat Metode Bercakap-Cakap dan Tanya Jawab antara lain :
1.        Kalimat metode bercakap-cakap
       Pada saat bercakap-cakap, anak juga akan belajar bagaimana bahasa digunakan untuk menyampaikan pesan.
2.        Kekurangan dan kelebihan metode bercakap-cakap.
3.        Implikasi pengembangan, perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun memiliki metoda bercakap-cakap.


Tidak ada komentar: