do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 21 Oktober 2014

MAKALAH CARA MENCEGAH PEMANASAN GLOBAL



MAKALAH

CARA MENCEGAH PEMANASAN GLOBAL




DISUSUN OLEH :
NAMA        : MULIASTI
NIM                 : 91304039
JURUSAN : AGROTEKNOLOGI



SEKOLAH TINGGI ILMU  PERTANIAN WUNA
( STIP WUNA )
2014



KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur saya panjatkan atas rahmat dan hidayah yang telah Tuhan yang maha Esa  berikan kepada Saya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktu yang telah diberikan untuk menyelesaikan makalah ini.
Makalah ini berisi tentang  “CARA MENCEGAH PEMANASAN GLOBAL”
Dan harapan saya semoga makalah ini dapat membantu. mahasiswa dalam proses pembelajaran.



                                                                                               
Raha,  Juni 2014


                                                                      Penulis












DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ……………………………………….....…........     i
DAFTAR ISI ………………………………………………………......       ii
BAB I PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang ……………………………………….. ………...........  1
B.       Tujuan..................................................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN
A. Cara Mencegah pemanasan Global........................................................... 3
B. Cara mengatasi pemanasan global dengan merubah kebiasaan.................4

BAB III PENUTUP
4.1 Kesimpulan ………………………………...........................................   5
4.2 Saran........................................................................................................ 5
DAFTAR PUSTAKA................................................................................... 6











BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar belakang
Pemanasan global dianggap sebagai penyebab utama perubahan iklim. Perubahan iklim adalah dampak dari pemanasan global yang melibatkan unsur aktivitas manusia dan alamiah. Peristiwa alamiah yang memberi pengaruh positif dan negatif pada pemanasan global adalah letusan gunung berapi, dinamika iklim di atmosfer dan lautan serta pengaruh dari luar bumi seperti gejala kosmis dan ledakan di permukaan matahari.
Pemanasan global yang disebabkan oleh manusia merupakan hasil dari perubahan jumlah dan konsentrasi gas-gas rumah kaca di atmosfer dan juga karena menurunnya daya serap gas-gas rumah kaca yang sudah terdapat di atmosfer bumi. Pada kasus kedua, peristiwa pemanasan global dapat di-mitigasi (dikurangi) dengan menambah daya serap gas-gas rumah kaca di atmosfer.
Tanda-tanda utama pemanasan global adalah kenaikan suhu muka bumi, peningkatan muka air laut dan melelehnya lapisan es di daratan muka bumi. Kenaikan suhu muka bumi terjadi di darat dan laut yang juga menyebabkan naiknya suhu udara muka bumi. Salah satu akibat kenaikan suhu muka bumi adalah melelehnya lapisan es di muka bumi. Proses melelehnya lapisan es tersebut akan menyebabkan kenaikan muka air laut. Kenaikan muka air laut disebabkan oleh dua hal yaitu tambahan volume air di laut akibat aliran lelehan es di daratan dan akibat pemuaian molekul air oleh peningkatan suhu muka laut. Untuk wilayah pesisir, ancaman kenaikan muka air laut akibat pemanasan global dapat terjadi untuk waktu yang sangat lama.
Planet bumi terus mengalami peningkatan suhu yang mengkhawatirkan dari tahun ke tahun. Selain makin panasnya cuaca di sekitar kita, Anda tentu juga menyadari makin banyaknya bencana alam dan fenomena-fenomena alam yang cenderung semakin tidak terkendali belakangan ini. Mulai dari banjir, puting beliung, semburan gas, hingga curah hujan yang tidak menentu dari tahun ke tahun. Sadarilah bahwa semua ini adalah tanda-tanda alam yang menunjukkan bahwa planet kita tercinta ini sedang mengalami proses kerusakan yang menuju pada kehancuran! Hal ini terkait langsung dengan isu global yang belakangan ini makin marak dibicarakan oleh masyarakat dunia yaitu Global Warming (Pemanasan Global).
Penelitian yang telah dilakukan para ahli selama beberapa dekade terakhir ini menunjukkan bahwa ternyata makin panasnya planet bumi terkait langsung dengan gas-gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktifitas manusia. Khusus untuk mengawasi sebab dan dampak yang dihasilkan oleh pemanasan global, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) membentuk sebuah kelompok peneliti yang disebut dengan International Panel on Climate Change (IPCC). Setiap beberapa tahun sekali, ribuan ahli dan peneliti-peneliti terbaik dunia yang tergabung dalam IPCC mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan penemuan-penemuan terbaru yang berhubungan dengan pemanasan global, dan membuat kesimpulan dari laporan dan penemuan- penemuan baru yang berhasil dikumpulkan, kemudian membuat persetujuan untuk solusi dari masalah tersebut . Salah satu hal pertama yang mereka temukan adalah bahwa beberapa jenis gas rumah kaca bertanggung jawab langsung terhadap pemanasan yang kita alami, dan manusialah kontributor terbesar dari terciptanya gas-gas rumah kaca tersebut. Kebanyakan dari gas rumah kaca ini dihasilkan oleh peternakan, pembakaran bahan bakar fosil pada kendaraan bermotor, pabrik-pabrik modern, peternakan, serta pembangkit tenaga listrik.

1.2       Tujuan
Dengan terciptanya  Pemanasan Global secara alami maka dengan demikian manusia harus sadar dengan dampak dan resikonya. Jika tidak ditanggulangi dengan bijak maka beberapa tahun ke dapan manusia akan mengalami dampak pemanasan global secara nyata. Dengan demikian kita harus makalah ini dibuat bertujuan, yakni :
-          Agar manusia lebih sadar akan kelestarian alam sekitarnya.
-          Agar manusia bisa lebih peduli dan saling mengingatkan tentang dampak dan resiko pemanasan Global.
-          Agar manusia lebih hemat dalam menggunakan energi yang semakin sedikit juga agar mampu beralih ke energi pembaruhan yang positif dan ramah lingkungan.
-          Lebih sadar untuk menjaga kualitas lingkungan.
-          Mengurangi kegiatan yang dapat menyebabkan gas rumah kaca.




BAB II
PEMBAHASAN


A. Cara Mencegah pemanasan Global
1.      Awasi penebangan hutan sembarangan
Di Indonesia ini khususnya, ada pihak pihak kurang bertanggung jawab yang melakukan penebangan hutan secara sembarangan untuk kepentingan sendiri. Hal ini sebaiknya diawasi oleh lembaga yang berwenang, agar bisa meminimalisir jumlahnya. Hutan yang ditumbuhi dengan pepohonan yang lebat dan tinggi akan memberikan banyak manfaat untuk kita, seperti terhindar dari bencana banjir dan terjadinya erosi. Selain itu, pohon adalah makhluk yang berperan penting dalam memberikan supply oksigen bagi kita. Jika pohon ditebang, maka kadar CO2 atau karbondioksida akan lebih mendominasi udara kita dibandingkan dengan oksigen (02). Jika itu terjadi, maka peningkatan suhu bumi akan terjadi dengan sangat cepat.

2.      Menanam pohon
Cara mengatasi pemanasan global dengan melakukan pencegahan selanjutnya adalah dengan menanam pohon. Pemerintah dan beberapa lembaga lingkungan perlu menggalakkan kegiatan menanam pohon untuk kebaikan bumi kita beberapa puluh tahun ke depan. Hal ini perlu dilakukan sejak saat ini, sebelum semuanya terlambat. Karena proses penanaman pohon ini tidak akan langsung terasa manfaatnya dalam beberapa tahun ke depan, melainkan beberapa puluh tahun ke depan. Jadi, tanamlah pohon untuk generasi penerus kita.
B. Cara mengatasi pemanasan global dengan merubah kebiasaan
Selain melakukan tindakan pencegahan, kita pun bisa ambil bagian dalam cara mengatasi pemanasan global, yaitu dengan merubah beberapa kebiasaan kita yang buruk sebagai berikut :
1.      Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor
Kendaraan bermotor memang membuat kita hidup lebih mudah dan praktis. Namun dari segi kesehatan dan ketahanan alam, hal ini kurang baik jika dijadikan kebiasaan sehari hari. Oleh karena itu, mari kita mulai untuk mengurangi pemaikaian kendaraan bermotor, dan beralih kepada sarana transportasi yang lebih sehat seperti sepeda, atau berjalan kaki untuk menuju tempat tempat yang dekat.
Hal buruk yang diberikan oleh kendaraan bermotor adalah polusi yang dikeluarkannya. Output dari bahan bakar mesin tersebut adalah C02, yang berpeluang menjadikan suhu bumi menjadi lebih mudah panas. Jadi semakin sedikit penggunaannya, dan orang yang menggunakannya, maka semakin kecil peluang terjadinya pemanasa global.

2.      Mengurangi penggunaan lampu di siang hari
Lampu yang terlalu lama dinyalakan, apalagi di waktu siang akan membuat panas bumi semakin meningkat. Memang cukup sepele, tetapi jika seluruh panas lampu dikumpulkan dari setiap penduduk bumi, maka berapa suhu panas yang akan terkumpul.
Oleh sebab itu, mari kita biasakan menyalakan lampu secukupnya. Dan hindari penggunaan lampu pada siang hari.
Jangan tunggu sampai bumi kita hancur jika kita mau melakukan berbagai upaya diatas. Waktu akan terus berjalan, dan jika kebiasaan dan keserakahan kita terhadap bumi ini tidak dipertimbangkan dengan akal sehat, maka tunggulah bencana yang akan datang. Sebelum itu terjadi, mari kita lakukan cara mengatasi pemanasan global yang dijelaskan di atas, mulai dari sekarang, mulai dari hal yang terkecil, dan mulai dari diri sendiri.











BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dengan demikian dapat disimpulkan pemanasan global dapat terjadi secara alamiah maupun di sengaja maka dari itu kita dapat mencegahnya dengan beberapa cara seperti di bawah ini :
1.    Awasi penebangan hutan sembarangan
2.    Menanam pohon
3.    Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor
4.    4 Mengurangi penggunaan lampu di siang hari

B.     SARAN
Makalah ini masih memiliki berbagai jenis kekurangan olehnya itu kritik yang sifatnya membangun sangat kami harapkan.













DAFTAR PUSTAKA



1.      id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global
2.      Source:http://ilmupedia.com/akademik/geografi/627-pemanasan-global-termasuk-pola-muka-bumi.html,
3.      http://sababjalal.wordpress.com/2011/11/03/contoh-makalah-pemanasan-global/














Posting Komentar