do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Minggu, 12 Oktober 2014

MAKALAH PEMBUATAN EMAIL



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pada awal kehidupan di dunia, komunikasi digunakan untuk mengungkapkan kebutuhan organis. Sinyal-sinyal kimiawi pada organisme awal digunakan untuk reproduksi. Seiring dengan evolusi kehidupan, maka sinyal-sinyal kimiawi primitif yang digunakan dalam berkomunikasi juga ikut berevolusi dan membuka peluang terjadinya perilaku yang lebih rumit seperti tarian kawin pada ikan.
Pada binatang, selain untuk seks, komunikasi juga dilakukan untuk menunjukkan keunggulan, biasanya dengan sikap menyerang. Munurut sejarah evolusi sekitar 250 juta tahun yang lalu munculnya “otak reptil” menjadi penting karena otak memungkinkan reaksi-reaksi fisiologis terhadap kejadian di dunia luar yang kita kenal sebagai emosi. Pada manusia modern, otak reptil ini masih terdapat pada system limbik otak manusia, dan hanya dilapisi oleh otak lain “tingkat tinggi”.

Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Bentuk umum komunikasi manusia termasuk bahasa sinyal, bicara, lisan, “gesture” dan ”broadcasting”.

B.       Rumusan masalah
1.         Apa itu e-mail dan blok spot?
2.          Sejarah e-mail?
3.         Kekurangan dan kelebihan?
4.         Cara membuat e-mail dan  Mengirim

C.Tujuan Penulisan
1.    Agr dapat mengetahi apa itu e-mail
2.     Agar dapat mengetahui cara pembuatan e-mail dan mengirim





BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Email (Surat Elektronik)
Email adalah fasilitas di internet untuk keperluan surat menyurat. Sebagaimana layaknya kegiatan surat-menyurat melalui jasa pos, email mampu menangani jasa pengiriman berita dan dokumen dalam bentuk data elektronik (file), termasuk jasa e-card (kartu ucapan elektronik). Untuk memanfaatkan fasilitas email, sebelumnya harus memiliki sebuah alamat email, yang lazim disebut email address atau email account. Account email dapat diperoleh dari sebuah situs penyedia fasilitas email. Hingga saat ini, fasilitas e-mail banyak disediakan secara gratis oleh situs-situs internetlokal dan internasional (tidak dibedakan fungsinya).

B. Sejarah E-mail
Pada tahun 1971, seorang pakar teknik bernama Ray Tomlinson yang menandatangani proyek yang disebut SNDMSG. Proyek tersebuat bukanlah sebuah program baru, karena kenyataannya sudah ada selama bertahun-tahun, bahkan saat itupun sudah dianggap primitif. Maksud dan tujuannya adalah agar antar pengguna mesin yang sama, memungkinkan untuk bisa saling berkirim pesan. Mereka bisa membuat file teks yang kemudian dikirim ke kotak surat (mailbox) pada mesin yang sama.
Sebuah mailbox surat hanya berisi file teks. Pada file tersebut dapat ditambahkan data, tetapi tidak menghapus atau mengubahnya. Nama mailbox-nya tak lain adalah nama dari file teks itu sendiri.


C. Kelebihan dan kekurangan email
Kelebihan menggunakan email :
- Cepat/sangat cepat karena hanya perlu beberapa menit .
- Mudah karena kita cukup mengetik di komputer .
- Multiple send dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus.
- Dapat mengirim file attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain.
- Kapan saja dan dimana saja [ tidak ada perbedaan lokasi dan waktu.
- Biaya lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia

Kekurangan menggunakan email :
- harus online [ connect ke internet ]
- text dan gambar only yang dapat dikirim [ tidak bisa kirim paket / barang hehehe 
- tidak connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas ataubelum
-harus ingat username dan password
- ladang virus juga bagi yang tidak mengerti.

D.Cara Membuat Email
Cara Membuat Email di Yahoo!
  1. Buka aplikasi browser, dan buka alamat www.yahoo.com
  2. Setelah tampil homepage yahoo, klik Buat account seperti gambar di bawah ini
             
  • Akan masuk pada halaman formulir pendaftaran. Isi sesuai data diri. Dan klik Buat account  untuk melanjutkan.
  • Maka akan menuju ke halaman selanjutnya, klik Persiapan Awal.
  • Dan… email telah berhasil dibuat. Dan akan otomatis kembali ke halaman awal Yahoo
Cara Mengirim Email Dan Menyertakan File Di Dalamnya
  1. Menuju ke halaman awal Yahoo. Dan pastikan telah melakukan sign-in akun. Menuju ke sebelah kiri halaman tersebut, pilih dan klik Mail
  2. Maka akan masuk pada tampilan berikutnya. Pilih dan klik Tulis di bagian kiri
  3. Langkah berikutnya adalah ketik alamat email yang akan dituju di bagian “Ke” (I) dan beri judul di bawahnya (II). Silakan mengisi apa yang hendak dikirim di kolom di bawah “Judul” (III).
  4. Nah.., untuk menyertakan file dalam pengiriman email, klik icon/lambang Attach File dan pilih tanda panah ke bawah untuk opsi dari mana file tersebut diambil.

Apabila dari computer (IV), maka akan muncul gambar seperti di bawah ini
              
       Cari dan pilih file yang akan dikirim. Contoh filenya adalah “Tugas TIK          Membuat Email.pdf” Lalu klik Open
5.  Maka Yahoo akan otomatis melakukan scan file tersebut.
6.  Setelah scanning selesai, pilih dan klik  Kirim. Selesai!
     

Cara Membaca Email dan Mendownload File Yang Diterima
  1. Menuju ke halaman awal Yahoo. Dan pastikan telah melakukan sign-in akun. Menuju ke sebelah kiri halaman tersebut, pilih dan klik Mail
  2. Pada halaman “Email Masuk” periksa dan pilih email yang akan dibuka.
  3. Bagian yang dilingkari tersebut berarti terdapat file di dalamnya.
  4. Setelah terbuka, maka hanya pesan teks saja yang tampak. Untuk melihat isi file, kita perlu mendownloadnya terlebih dahulu.
  5. Buka opsi Download untuk menentukan dimana file tersebut nantinya akan di tempatkan. Di contoh ini adalah akan disimpan di komputer.
  6. Setelah file berhasil di download, Open folder tersebut untuk melihat isinya. Selesai!
Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakanmedia web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaanonline. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan olehpenyelenggara layanan email gratis.Menggunakan program pengaksessurat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, OutlookExpress, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program sepertiini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP.Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perluterhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan suratelektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus.Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakanfungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengandemikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.Salah satu contoh yang akan dibahas adalah Yahoo mail : Setelah Anda mendaftar yang paling pentingadalah cara menggunakan email tersebutYang utama adalah saat Anda ingin menggunakan email Anda harus Login terlebih dahulu atau Sign inIsi username [ id Anda ] dan password kemudian klik sign-in.Setelah Anda sign in dan tidakberhasil maka ada text user id salah atau password salah. Apabila Andalupa dengan password Anda klik forget your ID Password. Masukkan data yang saat Anda isi pertama kali [ harus ngat waktu register Anda isiapa ]. Dan apabila berhasil maka Anda akan masuk ke halaman utamamailbox. Dalam mailbox Anda sebelah kiri terdapat inbox [ email yangmasuk ], draft [ email yang disimpan ], sent [ email yang telahterkirim ], bulk [ email yang dianggap spam oleh yahoo, hati hati untukmembuka email tersebut.
BAB III
PENUTUP


KESIMPULAN
a.       Blog adalah teknik pembuatan web sederhana dan gratis begitu juga e-mail adalah salah satu web yang gratis dan sangat menarik untuk di pakai
b.      Semoga dengan pembuatan blog ini pembaca dapat mempraktekkanya dan membuat blog sendiri.

SARAN
Nikmatilah tugas yang saya susun ketika makalah ini masih kurang memuaskan saya memberi anda semua kesempatan untuk mengkritik makalah ini,agar supaya saya bisa menjadi lebih baik lagi dalam memperbaiki makalah yang telah saya susun.




















DAFTAR PUSTAKA


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Yahoo!_Mail
http://eritristiyanto.wordpress.com/2010/02/03/cara-buat-email-di-yahoo-untuk-pemula/
http://kangmizwar.com/blog/cara-membuat-email-gratis-di-yahoo.html
http://www.idafazz.com/cara-membuat-email-di-yahoo.php
http://www.serba-tersedia.co.cc/2010/03/cara-membuat-email-di-google-lengkap.html
http://babeh.net/cara-membuat-email-google/
http://kangmizwar.com/blog/cara-membuat-email-di-gmail.htm























Makalah :


DAMPAK LINGKUNGAN BAGI YANG MEMEPENGARUHI KESEHATAN FISIK

        







OLEH

SAPUTRI INDRAMAYU



PEMERINTAH KABUPATEN MUNA
AKADEMI KEPERAWATAN
RAHA
2014





KATA  PENGANTAR


Assalamu Alaikum Wr.wb
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt. Karena hanya berkat karunianya sehingga makalah  ini dapat diselesaikan.
Makalah ini dibuat demi tuntutan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada khususnya dan pembaca pada umumnya, untuk mengetahui dan memahami secara mendalam mengenai latar belakang “Dampak Lingkungan Bagi Yang Memepengaruhi Kesehatan FisikPenulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan yang mungkin kurang sesuai dengan keinginan pembaca. Olehnya itu, penulis sangat terbuka untuk menerima semua saran dan kritikan yang dapat membangun demi kesempurnaan karya tulis ini. Dan juga bertambahnya pengawasan dan wawasan penulis dalam pembuatan karya tulis.
                                                                                                    



                                                                                                   Raha,     September 2014


                         
                                                                                                               Penyusun










i
 
DAFTAR ISI



Kata Pengantar ………………………………………………………          i
Daftar Isi ……………………………………….……………………           ii
BAB I Pendahuluan……………………………...........……………………            1
A.      Latar Belakang……………………………………………….………1
B.       Rumusan Masalah………………….....………….………….………1
C.       Tujuan..................................................................................................... 1
Bab II Pembahasan
A.      Pengertian Email...................................................................................   2
B.       Sejarah Email........................................................................................   2
C.       Kelabihan dan Kekurangan Email.........................................................  3
D.      Cara membuat email............................................................................    5
Bab III Penutup..........................................................................................    10
Simpulan dan Saran ................................................................................      10











ii
 
Posting Komentar