do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Minggu, 12 Oktober 2014

MAKALAH MENAJEMEN KEWIRAUSAHAAN



MAKALAH
MENAJEMEN  KEWIRAUSAHAAN
“rujak kelapa penghilang galau”
DI SUSUN OLEH:
MARDIANA
HARMINA
HABIBI
MUNRNIYATI
RENITA IKA SAPUTRI
ARNI AYU NINGSIH
MENIK WINARNI
WA ASA
NUR AZIZAH
DASWIATI

Sekolah tinggi agama islam
Syarif Muhammad raha
2014

KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah,Tuhan semesta alam yang telah menciptakan kita dan senantiasa meridhai amal ibadah kita,kesejahteraan dan keselamatan semoga senantiasa di limpahkan kepada Junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Penulis bersyukur pada ilahi yang telah memberikan hidayah serta taufiknya sehingga makalah mengenai PERENCANAAN SERTA PENGEMBANGAN USAHA  Dapat di selesaikan.
Makalah ini kami sampaikan kepada Dosen Mata Kuliah MENAJEMEN KEWIRAUSAHAAN.semoga dengan di buatnya makalah ini semua pembaca dapat mengerti bagaimana cara memulai serta mengembangkan suatu usaha.
Penulis senantiasa mterbuka untuk menerima kritik dan saran yang membangun demi baiknya makalah ini kedepannya.

Raha,     Oktober 2014










DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL …………………………………………………………………………………
KATA PENGANTAR………………………………………………………………………………..
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………
BAB I PENDAHULUAN
            A.Latar Belakang……………………………………………………………………..
            B.Rumusan Masalah………………………………………………………………..
            C.Tujuan………………………………………………………………………………….
BAB II PEMBAHASAN
            A.Gambaran Umum Rencana Usaha…………………………………………
            B.Metode Pelaksanaan……………………………………………………………..
            C.Strategi promosi dan Pemasaran………………………………………....
BAB III PENUTUP
            A.Kesimpulan…………………………………………………………………………..
             B.Saran…………………………………………………………………………………….









BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Indonesia adalah negara yang terkenal dengan hasil pertanian dan perkebunannya yang melimpah.Salah satu hasil pertaniannya yang terkenal adalah kelapa.Di dunia,Indonesia menjadi penghasil kelapa terbesar.Data BPS menyebutkan,luas Lahan Tanaman kelapa di Indonesia mencapai 3,76 juta hektar dengan perkiraan produksi 14 miliar buah per  tahun.
Kawasan Timur Indonesia mandapatkan julukan kawasan nyiur melambai,sebagian besar provinsi yg ada di pulau Sulawesi adalah penghasil terbesar di Indonesia.
Kelapa merupakan tanaman yang sangat bermanfaat di mana air kelapa mengandung beragam zat zat yang menyegarkan tubuh diantaranya dapat di gunakan untuk menetralisir racun dan bahan pengembang untuk membuat roti.Daging buah kelapa yang masih muda dapat di jadikan sebagai bahan minuman seperti es kelapa muda,kelapa bisa  juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat nata decoco serta dapat diolah menjadi gula merah atau gula jawa .
Dengan memanfaatkan ketersediaan kelapa yang sangat melimpah maka kami mencobah untuk membuat usaha yang memenfaatkan kelapa sebagai bahan utama.selama ini kita hanya mengenal makanan rujak berupa rujak buah ,rujak sayur ,maupun rujak cigur . Namun saat ini kami mencoba membuat satu inofasi baru dengan membuat rujak dari kelapa muda .
Rasa khas dari rujak kelapa akan menjadi daya tarik tersendiri terhadap masayarakat untuk mencoba menikmatinya. Sulawesi tenggara merupakan daerah iklim yang cenderung panas. Hal ini membuat rujak kelapa membuat salah satu sajian yang pas dinikmati disiang hari. Rasanya yang segar dan pedas menghindarkan kita dari rasa kantuk pada saat bekerja.pada umumnya peminat rujak tidak terbatas oleh usia mulai anak anak hingga orang dewasa,kalangan bawah,menengah bahkan ataspun sangat menyukainya.sehingga dapat di pastikan usaha ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan.




B.Rumusan Masalah
1.seperti apa peluang usaha Rujak kelapa?
2.Bagaimana metode pelaksanaan usaha Rujak Kelapa?
3.seperti apa  cara pemasaran Usaha Rujak Kelapa?

C.Tujuan 
1.membuka peluang wirausaha bagi kita
2.membuka usaha mandiri terutama di bidang kuliner
3.berdirinya usaha baru yang  memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar.















BAB II
PEMBAHASAN
A.GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
1.Peluang
Di lihat dari ketersediaan buah kelapa di daerah Sulawesi khususnya di Sulawesi Tenggara Yang sangat berlimpah dan di tambah lagi banyaknya masyarakat yang gemar mengomsumsi kelapa,maka di buatlah satu inovasi baru yang berbahan dasar kelapa yaitu rujak kelapa.Seperti yang kita ketahui bahwa rujak makanan yang banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia membuat peluang kerja ini sangat menjanjikan dan jelas akan profit yang capai.
Selama ini rujak yang banyak di temukan adalah rujak yang terbuat dari beraneka macam buah dan sayuran .Biasanya kebanyakan rujak tersebut tidak menggunakan kelapa dan es  sebagai bahan campurannya.Dengan menciptakan inovasi rasa barumembuat rujak ini berbeda dengan rujak yang ada di pasaran.sehingga dapat di pastiakan bahwa penjualan rujak kelapa ini akan menghasilkan profit yang cukup besar mengingat tingkat persaingan tidak terlalu ketat.
a.sumberdaya manusia
Pengusul adalah adalah orang orang yang senang makan rujak sehingga terfikir untuk mengembangkan suatu varian rujak dari kelapa.oleh karena itu usaha seperti ini harus terus di kembangkan.
b.Relevansi program
Banyaknya peminat rujak serta ketersediaan kelapa yang berlimpah menjadikan usulan usaha ini sangat efektif untuk di realisasikan.Di Tambah belum adanya inovasi rujak kelapa yang ada di daerah Sulawesi Tenggara.
Gambaran umum Usaha
Sama seperti rujak rujak pada umumnya,Rujak kelapa juga terbuat dari campuran gula merah,cabai rawit,kacang tanah dan bahan pelengkap lainnya,hanya disini kami mengganti buah buahan dengan kelapa dan buah belimbing.
Rasa segar akan di peroleh dari campuran es batu  yang di tambakan ke dalam rujak sebagai pelengkap,di tambah rasa pedas dari cabai rawit.dan asam akan menghasilkan suatu perpaduan rasa yang khas dan nikmat untuk di santap d siang hari.
Untuk memperoleh kepuasan dan menarik pelanggan ,kualitas serta pelayanan yang terbaik juga perlu di perhatikan .Oleh sebab itu ,pengusul akan mengutamakan kualitas dan pelayanan pada pelanggan sebagai langkah promosi dari kegiatan usaha.
B.METODE PELAKSANAAN
Dalam pelaksanaan kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan ini ada beberapa tahap di antarnya:
a.      Pendirian Tempat Usaha Rujak Kelapa
Tempat usaha menjadi faktor penting dalam usaha ini baik lokasinya maupun tempat luas tempat itu sendiri.Untuk pertama kali dalam pelaksanan program ini,akan di lakukan survey Lokasi  terlebih dahulu,yaitu mencari tempat yang strategis  dan efektif.selanjutnya akan dilakukan nego dengan masyarakat atau pengurus yang bersangkutan untuk meminta rekomendasi penempatan lokasi yang telah di lakukan.
       b.Produsi Rujak Kelapa
Pada tahap ini Langkah pertama yang akan di lakukan adalah mempersiapkan bahan baku pembuatan rujak kelapa,bahan baku yang perlu di persiapkanadalah sbb:
•Kelapa muda
•Buah belimbing
•Cabai Rawit
•Asam
•Gula merah
•Gula Pasir
•Garam
•Air gallon
kacang tanah
Setelah itu,Langkah pertama yang akan di lakukanmenghaluskan gula merah,cabai rawit,gula pasir,garam dan asam.setelah itu masukkan kelpa mida dan buah belimbing ke dalam cup,tuang bumbu rujak yang telah di buat tadi dalam cup.setelah itu tambahkan air kelapamuda secukupnya lalu taburkan potongan kacang tanah ang telah di giling kasar.

C.STRATEGI PROMOSI DAN PEMASARAN
strategi promosi yang di lakukan untuk menarik perhatian konsumen yaiyu di prioritaskan dalam pelayanan dan kualitas produk yang di hasilkan.selain itu media offline dan online,seperti membuat brosur yang di sebarkan di masyarakat dan pengiklanan online yang di lakukan di jejaring social seperti facebook,twitter,dan media social lainnya.selain itu,promosi juga di lakukan dengan menggunakan mrtode mouth to mouth atau teman ke teman.
















BAB III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
              Keadaan daerah yang di anggap sangat mendukung di dirikannya  usaha Rujak kelapa ini baik itu dari segi geografis maupun hasil dari pada pertanian mayarakat,khususnya  kelapa di mana kelapa ini sendiri mempunyai banyak manfaat baik itu sebagai bahan baku,obat maupun sebagai kuliner.melihat keadaan masyarakat Indonesia sangat gemar dengan kuliner rujak maka muncullah inovasi baru bagi kami untuk membuat kuliner “Rujak kelapa Anti Galau”.yang dapat di nikmati kapan saja dan oleh semua kalangan.
B.SARAN
              Kamimenyadari bahwa dalam penyusunan makalah inimasih banyak terdapat kekurangan,oleh karena itu kritik,saran dan masukan yang sifatnya membangun sangatlah kami harapkan untuk baiknya makalah ini ke depannya.
Posting Komentar