do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 27 Agustus 2015

ATA CARA MEMELIHARA LINGKUNGAN SEKOLAH AGAR TETAP BERSIH



TUGAS MAKALAH :
TATA CARA MEMELIHARA LINGKUNGAN SEKOLAH AGAR TETAP BERSIH”
 





DISUSUN OLEH :
KELAS      :      XI IPA 4
NAMA       :
1.     WD. ASTRYA NUR FADILAH (KETUA)
2.     INTAN DHARMAWATI H.
3.     LA ODE ABDUL MALIK FAJAR
4.     NURNA NINGSIH
5.     WA NUFA
6.     MUH. RASDAN SURYA


SMA NEGERI 1 RAHA
2015/2016



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Lingkungan adalah …………….
Pada era globalisasi sekarang ini kehidupan manusia tidak terlepas dari pengaruh lingkungan. Tuntutan kebutuhan hidup mendorong kita agar beradaptasi dengan lingkungan melalui berbagai cara sesuai dengan kemampuan kita. Semenjak era globalisasi, kehidupan masyarakat berpengaruh terhadap lingkungan sendiri. Terutama kita sebagai warga sekolah sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekolah kita.
Berbicara mengenai pengaruh kita terhadap lingkungan sekolah, banyak sekali permasalahan yang timbul. Seperti :
1.     Masalah utamanya yaitu Kurangnya kesadaran warga sekolah akan pentingnya kebersihan.
2.     Di lingungan sekolah, masih banyaknya sampah yang berserakan di mana mana,
Kurangnya fasilitas alat alat kebersihan seperti sapu dan tempat sampah bagi setiap kelas
3.     Di dalam kelas, kebersihan kelas yang kurang terjaga.
Masih di temukannya sampah sampah yang berserakan di dalam kelas.
Untuk mencegah dan mengatasih masalah tersebut dapat di lakukan melalui pendidikan pengelolahan lingkungan hidup di dalam sekolah. Hal tersebut dapat di lakukan dengan membuat slogan slogan yang berisi mengenai seolah bersih dan sehat, tetapi menuru pengamatan, himbauan tersebut di abaikan begitu saja. Itu semua terjado karena kurangnya kesadaran dan simpati para siswa untuk menjaga lingkugan sekolah agar tetap bersih.
Untuk itu di perlukan upaya dalam meningkatkan kesadaran dan kualitas lingkungan sekolah yang bersih, melalui proses pembelajaran sekolah, sehingga mampunmenanamkan kesaaran itu sendiri  dan dapat di sebar luaskan.
Berdasarkan uraian latar belakang di atas mengenai masalah lingkungan sekolah. Kami (penulis) tertarik untuk membahas lebih lanjut dengan judul “TATA CARA MEMELIHARA LINGKUNGAN SEKOLAH AGAR TETAP BERSIH” dengan harapan makalah  ini dapat memotifasi teman teman sekalian akan pentingnya menjaga kebersihan sekolah.


B.    Tujuan

Secara khusus, tujuan dari penulisan makalah  ini adalah :
ü Mendeskripsikan cara dan bentuk penerapan lngkungan sekolah yang bersih.
ü Mendeskripsikan makna atau manfaat lingkngan sekolah yang bersih.
ü Menerapkan lingkungan sekolah yang bersih di berbagai tempat.










BAB II
PEMBAHASAN

A.   Penerapan Lingkungan Sekolah Yang Bersih

Sekolah merupakan salah satu lembaga formal pendidikan yang berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anak, sekolah merupakan tempat kita memperoleh berbagai ilmu pengetahuan sebagai bekal untuk bertahan hidup di kemudian hari. Pemahaman dan pengenalam mendetail mengenai lingkungan dapat anak-anak peroleh dari sekolah. Beberapa caa yang di perlu dilakukan untuk memelihara lingkungan sekolah yaitu :
1.     Menyusun dan memasyarakatkan program sekolah hijau,
2.     Membagun kegiatan apotek hidup di sekolah,
3.     Membangun mekanisme pembuangan sampah di sekolah ,
4.     Menyiapkan tempat sampah berdasarkan jenis sampahnya.
5.     Mengadakan kegiatan ekstrakulikuler berbasis lingkungan,
6.     Mengadakan studi banding dalam rangka pemeliharaan kebersihan lingkungan sekolah.
7.     Melaksanakan tata tertib mengenai kebersihan sekolah.
8.     Mengadakan pengawasan dan penegakan kedisiplinan,
9.     Mengadakan gerakan cinta kebersihan dan kesehatan lingkungan,
10.            Memanfaatkan hari hari besar nasional untuk gerakan peduli lingkungan

Secara keseluruhan, kebersihan dan keasrian sekolah adalah tanggung jawab bersama dari setiap warga sekolah. Tetapi kesadaran dari seluruh warga sekolah sangat berperan penting dalam pemeliharaan dan perwujudan lingkungan sekolah yang bersih. Tanpa adanya kesadaran dari diri kita sendiri akan pentingnya kebersihan sekolah maka lingkungan sekolah yang bersih dan asri seperti yang kita dambakan tidak akan terwujud.

Sering kali kita melihat banyak slogan yang tertulis di sekitar sekolah, akan teta[I itu di abaikan dan sering kali kita melihat siswa yang membuang sampah sembarangan, sehingga guru menegur dan menasihati , akan tetapi tidak di patuhi dan malah mereka tetap saja membuag sampah sehingga sampah berserakan di mana mana. Hal ini dikarenakan tidak adanya kesadaran dari siswa itu sendiri. Hal ini dapat berpengaruh pada proses pembelajaran, siswa akan terganggu dengan banyaknya sampah sampah yang bererakan di mana mana.

Selain itu, kurang nya fasilitas alat alat kebersihan seperti sapu dan tempat sampah serta mekanisme pembuangan sampah yg kurang baik juga menjadi penyebab masih banyaknya sampah di mana mana. Kurangnya fasilitas kebersihan juga yang menyebabkan masih banyaknya sampah yang berserakan di dalam kelas. Siswa menjadi susah dalam membersihka kelasnya karena minimnya alat alat kebersihan sera sapu sapu yg sudah rusak.

Tentu kita sebagai warga sekolah menjadi tidak berkosentrasi, belajar menjadi terganggu akan hal tersebut. Unuk itu, perlu di lakukan tindakan yang bersifat mengajak kesadaran kita sehingga kita menjadi disiplin. Hal ini dapat di lakukan dengan cara :
1.      Mengajak para siswa agar memiliki kesadaran untuk menjaga         kebersihan sekolah dari hati nuraninya. Hal ini dapat di lakukan dari hal yang kecil, seperti :
a.     Membuang sampah bekas jajan pada tempatnya.
b.     Membersihkan ruang kelas sebelum dan sesudah proses belajar dan mengajar.
Dengan melakukan hal tersebut lingkungan akan menjadi lebi bersih dan proses belajar mengajar akan menjadi lebihbaik.
2.     Jika hal pertama tidak di turuti, guru wajib menegur para siswa yang melanggar ketentuan di atas.dengan di lakukanya hal tersebut, para siswa akan takut untuk mengotori sekolah dan bahkan akan sadar tentang kebersihan lingkungan sekolah.
3.     Member sanksi tersendiri bagi siswa yang melanggar tata tertib terutama tentang kebersihan lingkungan sekolah. Dalam hal ini sanksi yang perlu di berikan adalah berupa denda mau pun penilaian sikap kebersihan lngkungan sekolah, misalnya member denda Rp 1.000,- baigi siswa yang tidak melaksanakan piket kelas.
4.     Memberikan arahan tentang kehidupan sekolah yang berbudaya lingkungan.
Untuk membuat sekolah berbudaya lingkungan akan tercermin dari hal hal berikut :
a.     Kebersihan
           Kebersihan sangatlah penting , serong kita mendengar ungkapa “bersih oangkal sehat”. Dari ungkapan tersebut kita dapat merasakan betapa pentingnya kebersihan bagi kesehatan manusia. Kebersihan merupakan upaya manusia utuk memelihara dan menjaga lingkungan dari yang kotor dengan tujun mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Untuk mewujudkan hal tersebutguru sekolah dapat mengadakan gotong royong.

b.     Kesehatan lingkungan sekolah
Kesehatan merupakan salah satu faktor pendukung proses belajar dan mengajar yang berlangsug di sekolah. Untuk menjaga kesehatan lingkungan sekolah sering kita melihat beberapa kendala, seperti :
§  Sumber air,
§  Peralatan  untuk kebersihyan,
§  Saluran pembuangan yang tidak berfungsi,
§  Ruang kelas yang rusak dan kotor,
§  Wc sekolah yang kotor.
Untuk mengatasi kendala di atas, pemerintah dapat membantu sekolah. Misalnya :
W     Membangun WC,
W     Memperbaiki ruang kelas yang rusak,
W     Memberikan alatalat untuk kebersihan.

Dengan tindakan ini, maka kebersihan dan kedisiplinan akan langsung tercapai, sehingga pada akhirnya kebersihan dan kedisiplinan akan terus terlaksanan dan terjaga. Selain itu juga, dapat mengharumkan nama baik sekolah, karena di akui semua mayarakat bahwa siswa sangatlah disiplindan patuh akan peraturan yang dibuat.

B.   Manfaat Lingkungan Sekolah Yang Bersih

Dalam lingkungan hidup sehari hari kita melihat dampak lingkungan yang kotor, banyak penduduk sekitar menjadi sakit dan bahkan meninggal akibat bersarangnya kuman penyakit di tempat itu. Maka dari itu kita harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita yang baik.

Di sekolah sering kita melihat proses belajar dan mengajar tidak lancer karena akbat kurang bersihnya lingkungan seklah kita, akibatnya sebagian siswa menjadi acuh akan peraturan dan menjadi nakal.

Berdasarkan uraian tersebut, kita dapat melihat betapa pentingnya kebersihan untuk kehisupan kita terutama di sekolah, untuk itu menurut pendapat kami ada beberapa manfaat lingkunga sekola yang bersih yaitu :
§  Membantu siswa menangkap arahan dari guru kita ketika proses belajar mengajar
§  Menjadikan kegiatan belajar tentram
§  Terjaganya anam baik seklah
§  Semua peraturan akan terlaksana dan menjadi disiplin.
Jadi untuk menciptakan manfaat lingkungan sekolah yang bersih, marilah kita menjaga kebersihan

C.    Penerapan Lingkungan Seklah Yang Bersih Di Berbagai Tempat

Penerapa lingkungan sekolah yang bersih dapat di terapkan di berbagai tempat, asalkan kita memiliki kesadaran akan hal tersebut, yaitu :

1.     Lingkungan keluarga
Dalam hal ini kita dapat melakukan hal hal mudah, seperti mengambil sampah di sekitar rumah lalu membakarnya dan menyapu halman

2.     Lingkungan masyarakat
Setiap sekali setahun mungkin di lngkungan masyarakan di adakan kebersian bersama atau gotong royong. Kita dapat membantu, supaya lingkungan sekitar kita menjadi bersih.

Seelah lita menerapkan hal tersebut, kita akan menerima manfaatnya, seperti :
v Kita akan terhindar dari penyakit.
v Lingkungan kita menjadi bersih dan sehat.
v Kita menjadi akrab dengan sekitar kita.
v Lingkungan masyarakat akan tentram
v Meningatkan nama baik sekolah di mata mayarakat.






BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan

Berdasarka uraian di atas kita dapat mengerti dan mengetahui dampak lingkungan sekolahdan lingkungan sekitar kita jika kotor, serta manfaat lingkungan kita jika bersih. Sehingga, melalui uraian tersebut saya berharap kita dapat membudidayakan lingkungan sekolah yangbersi di seklah maupun disekitar kita.


B.   Saran

Melalui makalah ini kami mengharapkan beberapa hal :
·        Menanamkan sikap cinta terhadap lingkungan sekolah yang bersih
·        Menerapkan cara menjaga dan membudidayakan lingkungan sekolah yang bersi
·        Guru lebih aktif dalam mengajar siswa untuk menerapkan tentang kebersihan di sekolah dan sekitar kita
·        Sebaiknya sekolah menjadi cerminan kebersihgan lingkungan dan memiliki sarana kebersihan yang memadai dan membuat jadwal petugas kebersihan.
Posting Komentar