do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 27 Agustus 2015

MAKALAH PERENCANAAN, PENGENDALIAN DAN DAMPAK LINGKUNGAN



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
  Lingkungan hidup yang telah dianugerahkan Tuhan yang maha kuasa kepada rakyat dan bangsa indonesia merupakan karunia yang wajib dilestarikan dan dikembangkan kemampuanya aga dapat tetap menjadi sumber dan penunjang hidup bagi rakyat dan bangsa indonesia serta mahluk hidup lainya demi kelangsungan dan peningkatan kualitas hidup.
            Antara manusia dan lingkungan hidup terdapat hubungan timbal balik, yang harus selalu dibina dan dikembangkan agar tetap dalam kondisi keselarasan, keserasian, dan keseimbangan yang dinamis.
            Pembangunan sebagai upaya sadar dalam mengelolah dan memanfaatkan sumber daya alam untuk kemakmuran rakyat, baik untuk mencapai kemakmuran lahir maupun untuk kepuasan batik. Oleh karena itu, pengguna sumber daya alam harus selaras, serasi, dan seimbang sebgai fungsi lingkungan hidup.
            Pengguna memanfaatkan secara terus menerus sumber daya alam guna meningkatkan kesejahteraan dan mutu hidup rakyat. Sementara itu, ketersedian sumber daya alam terbatas dan tidak merata, baik dalam kualitas manapun, sedangkan permintaan akan sumber daya alam tersebut makin meningkat sebagai akibat meningkatnya kegiatan pembangunan untuk memenuhi kebutuhan penduduk semakin meningkat dan beragam. Di pihak lain, daya dukung lingkungan hidup dapat terganggu dan daya tampung lingkungan hidup dapat menurun
            Kegiatan pembangunan semakin meningkat mengandung resiko pencemaran dan perusakan lingkungan hidup itu akan merupakan beban sosial, yang pada akhirnya masyarakat dan pemerintah harus menanggung biaya pemulihanya.
            Terpeliharanya berlanjutnya fungsi lingkungan hidup merupakan kepentingan rakyat shingga menuntut tanggung jawab, keterbukaan, peran anggota masyarakat,yang dapat disalurkan melalui orang perseorangan, organisasi lingkungan hidup seperti lembaga swadaya masyarakat, kelompok masyarakat , dll, untuk memelihara dan meningkatkan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup yang menjadi tumpuhan keberlanjutan pembangunan yang memadukan lingkungan hidup, termasuk sumber daya alam, menjadi sarana untuk mencapai keberlanjutan pembangunan dan menjadi jaminan bagi kesejahteraan rakyat dan mutu hidup generasi masa kini  dan generasi masa kini.
            Arah pengbangunan jangka panjang indonesia adalah adalh pembangunan ekonomi dengan bertumpuk pada pembangunan industri yang diantaranya memiliki berbagi jenis bahan kimia dan zat radioaktif.
            Disamping mengasilkan produk yang bermanfaat asyrakat,dan ,industririalisasi,juga menimbulkan akses,antara lin dihasilkannya limbah bahan berbahaya dan beracun,yang apabila dibuang ke dalam media lingkungan hidup dapat mengnacam lingkungan hidup,kesehatan,dan kelngsungan hidup manusia serta mahluk hidup lain.
            Secara global ilmu dan pengetahuan dan teknologi telah meningkatkan kualitas hidup manusia.pada kenyataanya,gaya hidup masyarakat industri ditandai dengan pemakain produk berbsis kimia telah meningkatkan produksi limbah bahan berbahaya dan beracun.hal itu merupakan tantangan yang besar terhadap cara pembuangan yang aman dengan resiko yang kecil terhadap lingkungna hidup,kesehatan dan kelangsungan hidup manusia serta mahluk hidup lain.
            Menyadari hal tersebut di atas bahan berbaha dan beracun beserta limbahnya perlu dikelolah dengan baik.yang perlu diperhatikan adlah bahwa wilayah negara kesatuan republik indonesia harus bebas dari buangan limbah bahan berbahaya dan bercun dari luar wilayah indonesia.
            Makin menikatnya upaya pembangunan menyebkan akan makin meningkatnya dampaknya terhadap lingkungan hidup keadaan ini mendorong makin di perlukannya dampak lingkungna hidup sehingga resiko terhadpa lingkungan hidup dapat ditekan sekecil mungkin.
            Upaya pengendalian dampak lingkungan hidup tidak dapat dilepaskan dari tindakan pengawasan.
Pencemaran dapat pula terjamin secara alami misalnya dengan terjdinya letusan gunung maka menimbulkan polusi udara, air dan juga lahan-lahan pemukiman sebagai akibat pencemaran menimbulkan kerugian yang dapat berbentuk:
1.      Kerugian ekonomi dan sosial (economic and socialinjuri)
2.      Gangguan sanitair

B.     Rumusan masalah
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu :
1.      Pengertian lingkungan hidup
2.      Manfaat dan dampak negatif resiko pengelolaan lingkungan hidup
3.      Upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup

C.     Tujuan
       Adapu tujuan maklah ini agar megetahui pengendalian perencanaan dan dampak lingkungan bagi siswa agar dapat mengetahui peran lingkungan terhadap manusia dan hubungan timbal baliknya serta dapat mengetahui bahwa perencanaan dan pengendalian lingkugan harus melalui AMDAL.

D.    Manfaat
      Adapu manfaat makalah ini agar menambah wawasan siswa dalam melakukan penegndalian lingkungan serta mewujudkan lingkungan bersih dan nyaman sehingga dapat memberikan pengarahan terhadap siswa.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian lingkungan hidup
Lingkungan hidup adalah Setiap organisme hidup mempunyai jenis kehidupan yang berbeda antara satu dan lainnya. Jenis kehidupan tersebut dipengaruhi oleh struktur organisme, fisiologi, organisme, dan kondisi ligkungan.
 Segalasesuatu yang berada di sekeliling manusia sebagai pribadi atau di dalam proses pergaulan hidup, biasanya disebut lingkungan. Hubungan antara berbagai organisme hidup di dalam lingkungan pada hakikatnya merupakan kebutuhan primer, yang kadang-kadang terjadi secara sadar atau kurang sadar.
 Lingkungan dapat dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan hayati (bitic) yang terdiri atas makhluk hidup seperti manusia hewan dan tumbuhan. Dan lingkungan nonhayati (abiotik) yang terdiri atas makhluk tak hidup seperti tanah, air dan udara.
             Pembagian lingkungan dibagi menjadi tiga kelompok dasar yaitu:
a.       Lingkungan fisik (physical environment)
Yaitu segala sesuatu di sekitar manusia yang berbentuk benda mati seperti rumah, kendaraan, gunung, udara, air, dan lain-lain
b.      Lingkungan biologis (biological environment)
Yaitu segala sesuatu yang berada disekitar kita yang berupa mahluk hidup seprti manusia,bintang,dan tumbuh-tumbuhan.
c.       Lingungan sosial ( social enviromen )
Yaitu orng lain yang ada disekitar kita, seprti tetangga,teman,Dll.
      Selain pengertian tersebut di atas,masih banyak pengertian lain dari pakar lingkungan hidup mengenai perngertian lingkungna hidup :
a.       Munadjat danusaputro
Lingkungna hidup adalah semua benda dan kondisi termasuk didalamnya menusia dan tingkah perbuatannya,yag terdapt dalm ruang tempat manusia berada dan mempengruhi hidup dan kesejahteran manusia dan jasa hidup lainnya.
b.      Emil salim
Megartikan lingkungan hidup sebagai segala benda kondidi keadaan dan berpengaruh yang tetrdapat dalam ruang yang kita tempati dan mempengaruhi hal ynag hidup,termasuk kehidupan manusia.batas lingkungan  hidup sangat luas,namun sangat dibatasi dengan faktor-faktor yang dapat di jangkau oleh manusia seperti faktor alam,faktor politik,faktor sosial.
c.       Otto soemaroto
Memberikan pengertian lingkungan hidup adalah jumlah semua benda kondisi yang ada dalam ruangan yang kita tempati yang mempengaruhi kehidupan kita dan selanjutnya beliau mengatakan  tingka laku manusia juga merupakan bagian lingkungan kita  karena itu lingkungan hidup harus diartikan secara luas yaitu tidak saja lingkungan fisik dan biologi,melainkan juga lingkungan ekonomi,sosial dan budaya.
d.      M.daudsilalahi
Lingkungan hidup adalah semua benda,daya dan kehidupan termasuk didalamnya manusia dan tingkah lakunya yang mempengaruhi kelangsungan dan kesejahteraan manusia serta manusia mahluk hidup lainnya.
e.       Hasil seminar BPHN tentang segi-segi hukum  dan pengelolaan lingkungna hidup menyimpulkan lingkungan hidup adalah semua benda dan kondisi termasuk manusia dan tingkah lakunya yang ada dalam ruang yang kita tempati yang mempengruhi kelangsungan kehidupan serta kesejahteraan manusia .
f.       Dalam pasal ayat 1 UU no 23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan  hidup  menyatakan bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda,daya,keadaan,dan mahluk hidup,termasuk manusia,dan perilakunya,yang mempengaruhi kelangsungan peri kekhidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lain.
g.      Siti sundarirangkuti
Dalam bukunya hukum lingkungan dan kebijaksanaan lingkungan nasional mengatakan istilah lingkungan hidup dan lingkungan dipakai  dalam pengertian yang sama yaitu lingkungan hidup berdasarkan pasal 1 ayat 1 uu no 23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan  hidup.
B.     Manfaat dandampak negatif resiko pengelolaan lingkungan hidup
         Tujuan utama pengelolaan   lingkungan hidup slah satunya dalh terlaksananya pembangunan berwawasan lingkungan dan terkendalinnya dan pemanfaatan sumber daya alam dan secara bijaksana. Untuk itu sejak awal perencanaan kegiatan sudah harus diperkirakan perubahan rona lingkungan akibat pembentukan suatu kondisi baru, baik menguntungkan maupun yang merugikan akibat diselenggarakanya pembangunan pada dasarnya merupakan campur tangan manusia terhadap hubungan timbal balik antara dirinya dan lingkungan hidupnya dan upaya memanfaatkan sumber daya alam baik kepentinganya, guna meningkatkan taraf hidupnya.
          Dampak negatif dalam arti merusak dan bahkan juga menghancurkan sumber-sumber dan lingkungan dan bisa menimbulkan kerugian bagi masyarakat atau menimbulkan gangguan bagi keseimbangan lingkungan hidup pencearan dan perusakan ditimbulkan oleh manusia dalam proses alam, akan tetapi sebenarnya lebi jauh ula manusialah yang menyebabkan kerusakan dan pencemaran hidup ini, seperti pencemaran air,udara akibat industrialisasi dan pengundulan hutan akibat penyalagunaan oleh para pengusaha
            Pencemaran adalah suatu organisme atau unsur-unsur lain dalam suatu sumber daya, misalnya air atau udara dalam keadaan yang mengganggu sumbernya itu hingga dapat mengubah kondisi lingkunganya baik lansung atau tidak langsung dan pada akhirnya lingkungan tidak berfungsi sebagai mestinya.
            Dilihat dari segi ilmiah suatu lingkunan dapat disebut sudah tercemar bila memiliki beberapa unsur, unsur-unsur terseburt adalah :
a.       Kalau sutu zat, organisme atau unsur-unsur lain (seperti gas, cahaya, energi) telah tercampur (terintroduksi kedalam sumber daya alam atau lingkungan tertentu.
b.      Menhalangi atau mengganggu fungsi untuk peruntukan daripada sumber daya atau lingkungan tersebut.
c.       Adanya kegiatan manusia dan proses alam
d.      Maassuknya zat pencemar kedalam lingkungan atau perubahan tatanan lingkungan
 Sedankan menurut golongan pencemaran dapat dibagi:
1.      Kronis diamana kerusakn terjadi secara lambat
2.      Kejutan atau takut kerusakan mendadak dan berat bisanya timbul dari kecelakaan
3.      Kematian organisme hidup banyak dan mungkin organisme hidup menjadi puna
Unsur-unsur perusakan lingkungan hidup
Ø  Aadnya suatu tindakan manusia
Ø  Terjadinya perubahan terhadap sifat fisik lingkungan dan sifat hayati lingkungan
Ø  Timbulnya akibat berupa kurangnya atau tidak dapatnya lingkungan berfungsi
 Perusakan lingkungan apabila ditinjau dari peristiwa terjadinya dapar dibagi dua yaitu :
Ø  Kerusakan itu terjadi secara sendirinya, yang disebabkan oleh alam dan perbuatan manusia
Ø  Disebabkan pencemaran yang berasal dari darat

C.     Upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup
              Masalah lingkungan hidup merupakan massalh yang cukup kompleks, dimana lingkungan lebih banyak bergantung kepada tingkah laku manusia dan semakin lama semakin menurun baik dalam kualitas maupun kuantitasnya dalam menunjang kehidupan. Upaya menciptakan lingkungan hidup yang bersi dan sehat setiap orang harus menjaga kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama serta mencegah dan menanggulangi pencemaran dan perusakan lingkungan menumbuh kembangkan kemampuan dan kepoloporan masyarakat.fungsi lingkungan dapat diberdayakan secara optimal dan hendaknya menjadi badan yang mewujudkan pendekatan antara sektoral dikalangan instansi maupun orizoontal daerah.
             Untuk menanggulangi pencemaran dan perusakan lingkungan hidup, setiap kegiatan berdampak lingkungan wajib diikuti dengan upaya mencegah dan menanggulangi pencemaran lingkungan hidup oleh karena itu duperlukan adanya Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).
              AMDAL adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu  usaha atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi poseskepengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha kegiatan pengelolah lingkungan.
            Fungsi AMDAL sebagai berikut :
Ø  AMDAL berfungsi untuk menunjukan tempat pembangunan yang layak pada suatu wilayah beserta pengaruhnya
Ø  Sebagai masukan dengan pertimbangan yang lebih luas bagi perencanaan dan pengambilan keputusan sejak awal
Ø  Arahan pedoman bagi pelaksanaan rencana kegiatan pembangunan termasuk rencana lingkungan dan rencana pemantauanlingkungan.



















BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Lingkungan hidup adalah  Setiap organisme hidup mempunyai jenis kehidupan yang berbeda antara satu dan lainnya. Jenis kehidupan tersebut dipengaruhi oleh struktur organisme, fisiologi, organisme, dan kondisi ligkungan.
              Segalasesuatu yang berada di sekeliling manusia sebagai pribadi atau di dalam proses pergaulan hidup, biasanya disebut lingkungan. Hubungan antara berbagai organisme hidup di dalam lingkungan pada hakikatnya merupakan kebutuhan primer, yang kadang-kadang terjadi secara sadar atau kurang sadar.
Pembagian lingkungan dibagi menjadi tiga kelompok dasar yaitu:
a.       Lingkungan fisik (physical environment)
Yaitu segala sesuatu di sekitar manusia yang berbentuk benda mati seperti rumah, kendaraan, gunung, udara, air, dan lain-lain
b.      Lingkungan biologis (biological environment)
Yaitu segala sesuatu yang berada disekitar kita yang berupa mahluk hidup seprti manusia,bintang,dan tumbuh-tumbuhan.
c.       Lingungan sosial ( social enviromen )
Yaitu orng lain yang ada disekitar kita, seprti tetangga,teman,Dll.

B.     Saran
Didalam penulisan makalah ini,penulis menyadari selaku manusia biasa yang tak luput dari lupa dan salah, maka dari itu penulis sangat mengharapkan Kritikan maupun Saran dariteman-teman, atau siapa saja yang membaca makalah ini.
Dari itu kurang maupun lebihnya penulis mengucapkan banyak terima kasih.







KATA PENGANTAR


Assalamu alaikum wr.wb
Tiada alunan indah yang pantas di ucapkan selain rasa syukur yang begitu besar atas karunia Allah yang Maha Kuasa,sang pemberi kesehatan sehingga tugas ini dapat di selesaikan.Dan tak lupa pula salawat serta taslim atas junjungan nabi besar Muhammad SAW.
Makalah ini di buat untuk memenuhi tugas yang di berikan Guru TIK dengan judul   “ pengendalian perencanaan dan dampak lingkungan”.dan juga sebagai pembelajaraan dalam mempelajari Tik.dan banyak mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini.
Akhir kata tak ada gading yang tak retak,demikian juga dengan tugas ini.oleh karena itu,saran dan kritik yang membangun tetap nantikan untuk menyelesaikan tugas dengan baik, terutama kepada pihak-pihak yang membantu dan kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu alaikum wr.wb    


                                                              Penyusun   
                                                             









DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL .............................................................................................................. i
KATA PENGANTAR ............................................................................................................ ii
DAFTAR ISI .......................................................................................................................... iii
BAB  I  PENDAHULUAN ................................................................................................... 1
A.    Latar belakang ....................................................................................................... 1
B.     Rumusan masalah .................................................................................................. 1
C.     Tujuan .................................................................................................................... 2
D.    Manfaat.................................................................................................................. 2
BAB II   PEMBAHASAN...................................................................................................... 3
A.    Sejarah internet....................................................................................................... 3-4
B.     Manfaat dan dampak positif –negatif bagi pelajar dan masyarakat....................... 4-5
C.     Bagaiman Budaya internet..................................................................................... 5-6
BAB III PENUTUP ............................................................................................................... 7
A.    Kesimpulan ............................................................................................................ 8
B.     Saran ...................................................................................................................... .9
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................................. 10









































DAFTAR PUSTAKA

Ø  Arief nurdu’a, m. Dan nursyam B,sudaharsono prundang-undangan serta                           berbagai masalah dalam pnegkan ,citra lingkungan bakti,bandung.
Ø  Gatot p, soemartono,r.m,1996,hukumm lingkungan indonesia,sinar grafika .jakarta.
Ø  Hanwiradi,2008,telaah yuridis terhadap pelaksanaan penegakan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL )






















MAKALAH
PERENCANAAN, PENGENDALIAN
 DAN DAMPAK LINGKUNGAN
 












OLEH :
1.      NARJUN OPA (KETUA)
2.      ADE SYAHRUK ODE (WAKIL)
3.      SITI AMINAH (MODERATOR)
4.      NURBAYANTI (SEKRETARIS)
5.      WA ODE AJIRAWATI (ANGGOTA)


SMAN 1 RAHA
2015

Posting Komentar