Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN DAN COUNT
adalah sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang paling sering
digunakan. Fungsi ini karakternya sangat sederhana akan tetapi sangat berguna
dalam Kehidupan sehari hari kita. Berikut adalah Penjelasan dan cara penulisan Fungsi
SUM, AVERAGE, MAX, MIN, DAN COUNT dalam Microsoft Excel.
Fungsi ini artinya adalah menjumlahkan, jadi fungsi
Sum dalam Microsoft Excel digunakan untuk menjumlahkan
isi data berupa angka dalam range tertentu penulisannya. Penulisan FUNGSI
SUM dalam Microsoft Excel adalah =SUM ( Cell awal :Cell Akhir ), maksudnya
kita disini akan menjumlahkan Cell dari cell awal ke cell akhir. Untuk lebih memahami
perhatikan gambar dibawah ini.
Kita gunakan Fungsi SUM untuk menghitung Total Nilai. Maka
kita akan menjumlah Cell dari B2 sampai ke B11, sehingga Penulisan Fungsi
Sum dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut.
= SUM ( B2 :
B11)
Kemudian Tekan Enter. Itulah gunanya Fungsi Sum Dalam
Microsoft Excel
AVERAGE
Fungsi Average dalam Microsoft Excel adalah
sebuah Fungsi yang digunakan untuk mencari rata rata dari suatu range tertentu.
Penulisan fungsi Average dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut
= Average ( cell pertama : cell terakhir). Untuk lebih memahami perhatikan
gambar dibawah ini.
Misalnya saja kita akan mengisi rata rata. Maka kita dapat
menggunakan fungsi Average, berarti untuk mengisi rata rata tersebut
kita gunakan B2 sebagai cell pertama kemudian B9 sebagai cell terakhir.
= Average (
B2:B11)
Setetalah penulisannya benar kemudian tekan enter.
MAX
Fungsi Max dalam Microsoft Excel digunakan
untuk mencari data tertinggi dari suatu range. Fungsi Max ini digunakan untuk
mencari nilai tertingi dalam suatu kelas. Penulisan Fungsi Max dalam
Microsoft excel adalah sebagai berikut. =MAX ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE
TERAKHIR )
Pada gambar diatas kita dapat mencari nilai tertinggi dengan
menggunakan fungsi Max dalam Microsoft Excel, caranya Pada gambar diatas
Range nilai tertinggi adalah antara B2 sampai B11. Sehingga Penulisan Fungsi
tersebut adalah sebagai berikut.
= Max ( B2 :
B11)
Setelah menuslih fungsi max dengan benar, setelahnya adalah
menekan enter.
Fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah
kebalikan dari Fungsi Max, fungsi ini digunakan untuk mencari data terendah
dari suatu range. Penulisan fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah
sebagai berikut. =MIN ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE TERAKHIR )
= Min ( B2 : B11)
Setelah memahami fungsi SUM, AVERAGE, MIN, dan MAX dalam
Microsoft Excel. Anda membutuhkan sebuah latihan untuk membuat anda lebih
paham. Berikut ini adalah latihan fungsi SUM, AVERAGE, MIN dan MAX dalam
Microsoft Excel. Fungsi ini sering sekali digunakan untuk merekap nilai
siswa. Kerjakan soal dibawah ini dengan menggunakan bantuan Fungsi SUM, AVERAGE,MIN, MAX
Berikut Petunjuk pengisiannnya
Untuk Kolom jumlah tepatnya pada Cell E3 isilah dengan
menggunakan rumus = SUM (B3:D4) Kemudian tekan Enter setelah itu Drag ke bawah.
Untuk Kolom tertinggi gunakan Nilai Max, missal untuk Cell
B13 gunakan rumus seperti ini =Max ( B3:B12) kemudian tekan Enter, Drag
lah cell tersebut untuk mengisi Cell sebalahnya.
Untuk Mengisi Cell Nilai Terendah juga gunakan fungsi
MIN, rata rata gunakan Fungsi Average jumlah menggunakan fungsi
SUM. Sehingga nanti hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini.
Posted
by Belajar Microsoft Office
Tidak ada komentar:
Posting Komentar