do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 22 Juni 2012

Langkah Menciptakan Peluang Bisnis

MELIHAT PELUANG BISNIS

1. Ciptakan peluang bisnis dari problem yang dihadapi lingkungan sekitar. Dengan begitu Kamu memperoleh peluang atau ide bisnis, untuk memberikan solusi bagi mereka.

ka2. Ciptakan peluang bisnis yang dapat menggeser para pesaing, melengkapi kekurangan produk yang ada dipasaran, dan mampu menghancurkan market leader yang sudah ada.

3. Setelah mendapatkan beberapa ide atau peluang bisnis, selanjutnya buat daftar peluang tersebut. Pilihlah tiga peluang bisnis yang paling berpotensi untuk Kamu ciptakan.


4. Tuliskan peluang-peluang tersebut beserta target waktu yang ditetapkan, pada sebuah kertas besar. Bila perlu pasang kertas tersebut di tempat-tempat yang sering Kamu gunakan, sehingga Kamu selalu membacanya. Tambahkan visi dan kata-kata lain yang dapat memotivasi Kamu.


5. Mulailah untuk mengambil keputusan, peluang mana yang Kamu tekuni terlebih dahulu. Kemudian mulailah bergerak, untuk mencari segala informasi yang berhubungan dengan peluang bisnis tersebut.


6. Jangan pernah takut untuk mencoba, hilangkan rasa ragu dan takut yang ada. Karena hanya akan menghambat kesuksesan Kamu.


7. Mulailah menciptakan kesuksesan dari usaha kecil terlebih dahulu. Dengan kesuksesan kecil, maka akan meningkatkan rasa percaya diri Kamu dan mengurangi rasa takut yang ada. Selanjutnya Kamu dapat berkreasi dan berinovasi untuk mengembangkan bisnis Kamu.


HADAPILAH PESAING KAMU


1. Nikmatilah persaingan bisnis yang menghampiri Kamu. Karena dengan menikmatinya Kamu dapat berpikir mengenai ide – ide baru yang kreatif dan inovatif untuk menghadapi persaingan tersebut.


2. Jangan anggap persaingan sebagai beban, karena hanya akan melemahkan mental diri Kamu. Sehingga tak jarang sebuah bisnis bisa hancur karena pemiliknya hanya meratapi persaingan yang semakin ketat, tanpa memikirkan inovasi baru untuk menghadapinya.


3. Jadikan persaingan sebagai motivasi bisnis Kamu, dengan begitu Kamu lebih semangat untuk mengembangkan bisnis. Jadi perkembangan bisnis bisa lebih cepat, dan tidak hanya bertahan dalam satu kondisi tertentu tanpa adanya kemajuan apapun.

4. Dengan adanya persaingan bisnis, Kamu juga bisa mengevaluasi sejauh mana kualitas produk yang Kamu ciptakan mampu bersaing dengan produk perusahaan lain. Selain itu Kamu juga bisa menilai kelebihan produk pesaing, sehingga Kamu dapat merencanakan inovasi produk yang lebih baik dari produk pesaing .

5. Teruslah belajar dan mencoba sesuatu yang baru, jangan pernah merasa takut gagal. Karena semakin sering mencoba inovasi baru, maka para pesaing semakin kesulitan untuk meniru produk Kamu. Selain itu dengan perkembangan produk, bisnis Kamu tidak tertinggal oleh bisnis para pesaing.

6. Dan yang terpenting adalah jangan pernah menganggap para pesaing sebagai musuh kita. Bila perlu adakan sebuah pertemuan para pengusaha dibidang yang sama, untuk berdiskusi, bertukar informasi dan mengatasi masalah bisnis bersama – sama. Ini perlu diperhatikan untuk menghindari adanya kecurangan atau penggunaan cara kotor dalam memenangkan persaingan pasar.

Poskan Komentar