do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 22 Juni 2012

Penghasilan Tambahan Dari Membuat Kerajinan Tangan Berbahan Flanel Sumber: http://id.shvoong.com/lifestyle/hobbies/2279352-penghasilan-tambahan-dari-membuat-kerajinan/#ixzz1yYB3rMQq

Membuat kerajinan tangan dari bahan kain flanel (felt) sebenarnya tidak sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak mahal harganya, serta mudah mendapatkannya. Kain flanel biasanya dijual di toko-toko yang menjual bahan-bahan dan alat-alat untuk membuat kerajinan tangan. Anda bisa membeli kain flanel secara meteran atau bisa juga membeli kain flanel yang sudah dipotong dengan ukuran tertentu dan dijual dengan harga bervariasi sesuai ukurannya. Bagi pemula yaitu anda yang baru belajar membuat kerajinan tangan berbahan flanel sebaiknya membeli kain flanel yang sudah dipotong karena harganya menjadi lebih murah. Sehingga dengan uang Rp. 15.000,- anda bisa mendapatkan beberapa helai flanel dengan warna-warna yang berlainan. Bahan-bahan lain yang dibutuhkan adalah gunting, jarum, benang, lem UHU, dakron, karton untuk membuat pola, pensil, penggaris dan jangka untuk menggmbar pola lingkaran. Tetapi jika tidak ada jangka, anda bisa menggunakan benda apa saja yang ada di sekitar anda asalnya benda tersebut memiliki bentuk lingkaran, misalnya gelas, mug, cangkir, mangkuk, piring, kaleng susu, dan sebagainya. Ukuran bebas, tergantung seberapa besar ataupun seberapa kecilnya ukuran karya yang akan anda buat. Untuk gunting gunakanlah gunting yang tajam supaya hasil guntingannya menjadi lebih rapi. Dakron adalah bahan semacam kapas yang biasanya dipakai untuk mengisi boneka. Anda bisa membeli dakron di toko yang menjual perlengkapan untuk membuat kerajinan tangan. Sedangkan bahan-bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan tangan ini adalah pita, tali gantungan handphone, gantungan kunci, manik-manik, glitter, ataupun bahan-bahan lainnya sebagai hiasan untuk hasil karya anda nantinya, yang mana semua itu tergantung pada kreatifitas masing-masing orang.
Umumnya kerajinan tangan berbahan flanel ini dibuat menjadi gantungan kunci ataupun gantungan hp. Namun kita juga bisa mengkreasikannya menjadi barang-barang lain, misalnya membuat dompet, bros, kantung hp (cell phone case), dan lain-lain. Bahkan kain flanel pun dapat kita gunakan untuk menghias kotak tissue, toples, hiasan pada sandal ataupun pada pakaian. Jadi semua itu tergantung pada kreatifitas anda dalam berkarya.

Berikut ini adalah cara menghias kotak tissue dengan bahan kain flanel :

Bahan :
- kain flanel
- kotak tissue yang terbuat dari bahan plastik
- lem UHU
- lem Aica Aibon
- pensil
- penggaris
- pita
- aneka toping dari bahan flanel, umumnya berbentuk buah-buahan (strawberry, kiwi, jeruk, dll), tetapi bisa juga berupa boneka flanel, atau kreasi lainnya

Cara membuat :
- Buka dulu tutup kotak tissue-nya, karena kita akan mengerjakannya bagian per bagian.

- Ukur dan potong kain flanel sesuai ukuran kotak tissue-nya. Beri lem Aica Aibon pada seluruh bagian luar kotak tissue. Lalu tempelkan kain flanelnya. Tekan-tekan hingga merekat dengan kuat. Lalu rapikan sisi-sisinya dengan cara digunting. Lapisi juga bagian bawah kotak tissue dengan menggunakan kain flanel. Caranya sama seperti tadi.

- Sisihkan kotak tissue-nya, lalu kerjakan bagian tutupnya. Caranya, ukur dan potong kain flanel sesuai ukuran tutup kotak tissue. Jangan lupa lubangi bagian tengah flanel seukuran lubang yang ada di tengah tutup kotak tissue anda. Lalu tempelkan flanel tadi ke tutup dengan menggunakan lem Aica Aibon. Tekan-tekan agar merekat dengan kuat.

- Lalu tempelkan toppingnya satu per satu dengan menggunakan lem UHU. Boleh juga memakai lem tembak.

- Lilitkan sehelai pita di sekeliling kotak tissue, dan selesailah karya anda, sebuah kotak tissue cantik dengan hiasan dari flanel.

Posting Komentar