do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Minggu, 10 Juni 2012

Strategi Sukses Dalam Berwirausaha





Meraih kesuksesan dalam menjalankan sebuah usaha tentu membutuhkan tekad yang kuat dan didukung dengan kerja keras dari para pelakunya. Tanpa adanya dukungan tersebut, bisa dipastikan bila bisnis yang dijalankan tidak bisa bertahan lama menghadapi persaingan dari para kompetitor dan cenderung jalan ditempat tanpa ada perkembangan yang signifikan.
Karenanya, sebelum terjun ke dunia usaha diperlukankan adanya strategi khusus serta beberapa langkah yang wajib dilakukan para calon pengusaha. Lalu, langkah apa saja yang dibutuhkan para calon pengusaha?
Berikut adalah beberapa strategi sukses dalam berwirausaha yang bisa Anda jalankan.
  1. Bidik pasar yang spesifik. Mulailah dengan membidik target pasar yang spesifik dan usahakan untuk terus fokus memenuhi kebutuhan pasar tersebut. Tingkatkan kemampuan dan keahlian Anda di bidang yang Anda bidik, dan berikan pelayanan terbaik Anda pada pangsa pasar yang telah Anda tentukan. Meskipun pangsa pasar Anda terbilang cukup kecil (bahkan sama sekali belum dilirik pengusaha lain), namun dengan pengelolaan yang maksimal tidak menutup kemungkinan bila Anda bisa memberikan nilai lebih kepada para konsumen dan berhasil memenangkan persaingan pasar.
  2. Berani berkreasi menawarkan keunikan baru. Untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis, jangan pernah takut untuk berkreasi dan ciptakan sesuatu yang baru. Sebab, biasanya sesuatu yang baru mendorong rasa penasaran yang cukup besar dari masyarakat umum, sehingga tidak heran bila keunikan tersebut kemudian mendatangkan daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen. Semakin banyak konsumen yang tertarik, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendatangkan keuntungan besar setiap bulannya.
  3. Pelajari kekurangan kompetitor dan jadikan sebagai peluang. Untuk bisa memenangkan persaingan pasar, maka perhatikan kekurangan pesaing Anda dan jadikan hal tersebut sebagai peluang baru untuk merebut perhatian konsumen. Sebisa mungkin posisikan bisnis Anda sebagai solusi tepat bagi permasalahan konsumen dan pastikan kebutuhan yang mereka cari bisa segera Anda penuhi. Dengan begitu, konsumen tidak ragu lagi untuk mulai berpaling ke perusahaan yang Anda jalankan.
  4. Jangan berhenti untuk selalu berinovasi. Usahakan jangan cepat puas dengan inovasi yang berhasil Anda ciptakan. Sebab, pada dasarnya ancaman dari para kompetitor bisa menyerang Anda kapan saja. Untuk itu, lakukan perbaikan dan inovasi produk setiap saat agar para kompetitor Anda juga semakin kesulitan untuk menduplikasi produk maupun jasa yang Anda tawarkan.
  5. Siap hadapi rintangan dan lakukan dari sekarang! Ketika menjalankan sebuah usaha, tak jarang kita menemui berbagai macam kendala yang akhirnya menghambat perkembangan usaha yang dijalankan. Bahkan tidak sedikit jumlah pelaku usaha yang akhirnya menutup usahanya karena kurang yakin dengan kemampuan yang mereka miliki. Karenanya, sebisa mungkin hilangkan ketakutan Anda, dan tingkatkan komitmen Anda untuk membawa bisnis tersebut ke puncak kesuksesan.
Semoga tips bisnis yang mengulas mengenai lima strategi sukses dalam menjalankan usaha ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang tertarik menekuni sebuah usaha. Jangan pernah ragu untuk segera memulai usaha, mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Salam sukses.


Setiap orang tentunya memiliki kebebasan penuh untuk menggantungkan mimpi mereka setinggi-tingginya. Peluang inilah yang dimanfaatkan dengan baik oleh Agung Sri Hendarsa, S.T.M, ENG dalam mencapai puncak suksesnya.
Meskipun memiliki kekurangan pada indera penglihatannya, namun bapak dua putra ini memiliki semangat kerja yang cukup tinggi dalam mewujudkan mimpi besarnya. Jatuh bangun dalam meniti karir sebagai seorang karyawan, menjadikan dirinya sebagai pribadi yang tegar dan semakin memiliki motivasi besar untuk meraih impiannya menjadi seorang pengusaha sukses.
Berawal dari pengalaman pahitnya yang mendapatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak dari perusahaan biodiesel yang selama ini menjadi penopang hidup dalam memenuhi kebutuhan rumah tangganya, Agung memberanikan diri untuk membangun sebuah perusahaan yang bergerak di bisnis jasa pemurnian air dan desain industri.
Mengusung nama PT. Aozora Agung Perkasa, alumni Nagoya University ini menggandeng Henri Prakoso dan Narso Marino yang dikenalnya pada saat mengikuti acara workshop dan training beberapa tahun silam sebagai rekan kerjanya. Merasa memiliki pandangan serta mimpi besar yang sama untuk memberikan solusi bagi keseimbangan lingkungan, ketiga sahabat ini sepakat untuk menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mengembangkan industri ramah lingkungan.
Dibantu oleh 13 orang karyawannya, sekarang ini lelaki kelahiran Temanggung 8 November 1977 ini telah dipercaya beberapa perusahaan besar seperti PT. Astra, Dahana, Total, PT. Tri Dharma Wisesa dan Pertamina untuk memegang pengolahan limbah dan pemurnian air di perusahaan tersebut. Bahkan tidak hanya itu saja kesuksesan yang berhasil diraih PT. Aozora Agung Perkasa, untuk mendukung perkembangan bisnisnya, sekarang ini Agung dan rekannya berupaya memperluas jaringan bisnis dengan menjalin kerjasama dengan perusahaan asing Water Pure yang berpusat di Amerika. Tidaklah heran bila saat ini perusahaan Agung tidak hanya berpusat di Jakarta, namun juga memiliki kantor di New York, Amerika Serikat.
Pengalamannya di bidang water treatment & design industry menjadi modal utama bagi Agung untuk mewujudkan mimpi besarnya menjadi seorang wirausaha sukses. Dan berkat kebermanfaatan yang diberikan PT. Aozora Agung Perkasa terhadap lingkungan, kini omset puluhan milyar rupiah berhasil dikantongi Agung setiap tahunnya.
Kerja keras, kuatnya tekad, dan pengalamannya di bidang industri, berhasil mengantarkan Agus bersama perusahaannya yang masih seumur jagung ini menuju puncak kesuksesannya. Semoga informasi kisah perjalanan sukses meraih mimpi besar dalam berwirausaha ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan mendorong masyarakat Indonesia untuk segera memulai usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Posting Komentar