do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 22 Juni 2012

Peranan agribisnis dalam perekonomian daerah

di dalam hidup,manusia biasanya menggantungkan diri pada sandang,pangan dan tempat tinggal.sehingga tak menutup kemungkinan kalau manusia sering melakukan suatu hal untuk mencapai apa yang mereka inginkan,termasuk pangan.baik manusia yang berada di negara maju maupun manusia yang yang berada di negara berkembang,termasuk indonesia.

indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan keragaman Sumber Daya Alam(SDA) nya,yang mencakup pada keragaman maritim(kelautan) maupun agraris(pertanian).


untuk memeaksimalkan pengolahan hayati di indonesia,,maka pemerintah menggalakkan sistem agribisnis,yang mencakup pada bidang pertanian,perkebunan,kehutanan,kelautan,dan sebagainya.


seiring era globalisasi yang semakin meningkat,sreta banyaknya kebutuhan manusia untuk memenuhi hidupnya,maka semua bidang termasuk agribisnispun semakin berkembang.banyaknya tercipta teknik - teknik baru di dalam pengembangan ilmu agribisnis,serta meningkatnya pola pikir masyarakat.


dalam bidang agribisnis,selain sistemnya yang berkembang,misalnya mesin0mesin,pengembangan,dan lain-lain.juga di dalam Sumber Daya Manusianya di harapkan juga ikut berkembang,seperti yang terjadi pada kemajuan jaman sekarang.


di dalam perekonomian,salah satunya di tingkat daerah,agribisnispun juga ikut berperan penting di dalamnya.misalnya :


1.memajukan status sosial masyarakat,seperti contoh:semakin banyak seorang petani menghasilkan panen,maka dia akan semankin di kenal di wilayahnya.

2,meningkatnya ekonomi,seperti contoh:bilamana semakin banyak seorang petani menjual hasil panen dan mendapatkan laba(keuntungan), maka tingkatan ekonomi petani tersebut semakin meningkat.

3.mengurangi tingkat kemiskinan,seperti contoh:semakin banyak pengusaha agribisnis,semakin banyak peluang kerja di dalamnya,maka perekonomian daerah semakin terangkat dan tingkat kemiskinan semakin menurun.

untuk mewujudkan hal tersebut,maka ditentukan adanya keseimbangan antara SDA yang memadai,SDM yang terampil,serta teknik - teknik agribisnis yang semakin berkembang dan maju secara menyeluruh(seperti teknik pengolahan hingga pemasaran),jika salah satu keseimbangan tersebut tidak terpenuhi,maka peranan agribisnis di dalam perekonomian tidak akan terwujud seperti yang di harapkan.

Sumber:http://id.shvoong.com/society-and-news/culture/2122758-peranan-agribisnis-dalam-perekonomian-daerah/#ixzz1yXnklWxG
Posting Komentar