Setiap orang pada
dasarnya mempunyai bakat kreatif dan kemampuanuntuk mengungkapkan dirinya
secara kreatif, meskipun masing-masing dalambidang dan kadar yang berbeda-beda.
Yang paling penting dalam duniapendidikan ialah bahwa bakat tersebut dapat dan
perlu dikembangkan danditingkatkan.Sehubungan dengan pengembangan kreativitas,
maka perlu bagi kitauntuk meninjau 4 aspek dari kreativitas terlebih dahulu,
antara lain adalah:a) PribadiKreativitas adalah ungkapan dari keunikan individu
dalam interaksidengan lingkungannya. Dari ungkapan pribadi yang unik inilah
dapatdiharapkan timbulnya ide-ide baru dan produk-produk yang inovatif. Oleh
karena itu, pendidik hendaknya dapat menghargai keunikan pribadi danbakat-bakat
siswanya dan jangan mengharapkan semua melakukan danmenghasilkan hal-hal yang sama.
Guru hendaknya membantu siswamenemukan bakat-bakatnya dan menghargainya.b)
PendorongUntuk perwujudan bakat kreatif siswa diperlukan dorongan dandukungan
dari lingkungan (motivasi eksternal) yang berupa apresiasi,dukungan, pemberian
penghargaan, pujian, insentif dan lain-lainnya sertadorongan kuat dalam diri
siswa itu sendiri (motivasi internal) untukmenghasilkan sesuatu.Bakat kreatif
dapat berkembang dalam lingkungan yang mendukung,tetapi dapat pula dihambat
dalam lingkungan yang tidak menunjangpengembangan bakat itu. Didalam keluarga,
disekolah maupun didalammasyarakat harus ada penghargaan dan dukungan terhadap
sikap danperilaku kreatif individu. Banyak orangtua yang kurang
menghargaikegiatan kreatif anak mereka yang lebih memprioritaskan pencapaianprestasi
akademis yang tinggi dan memperoleh "ranking" yang tinggi puladidalam
kelas. Demikian pula beberapa guru meskipun menyadaripentingnya pengembangan
kreativitas, tetapi dengan kurikulum yang ketatdan kelas-kelas dengan jumlah
murid yang banyak, maka "tidak ada waktuuntuk kreativitas" menjadi
lebih dikedepankan. Padahal kesibukan kreativitas memperkaya hidup anak dan
tidak sampai merugikan prestasiakademis, justru sebaliknya, karena anak merasa
senang dan puas bahwabakat dan minatnya dapat dikembangkan, ia menjadi lebih
semangat lagiuntuk belajar.Dorongan internal dan eksternal sama-sama diperlukan
dan pendidikharus berupaya untuk dapat memupuk dan meningkatkan
doronganinternal dan eksternal anak, namun pendidik perlu berhati-hati pula
jangansampai dorongan eksternal yang berlebih atau yang tidak pada
tempatnyajustru dapat melemahkan dorongan internal (minat dan kebutuhan anak).
c) ProsesUntuk mengembangkan kreativitas anak, ia perlu diberi
kesempatanuntuk bersibuk diri secara kreatif. Pendidik hendaknya dapat
merangsanganak untuk melibatkan dirinya dalam berbagai kegiatan kreatif. Dalam
halini yang penting adalah memberikan kebebasan pada anak untukmengekspresikan
dirinya secara kreatif, misalnya dalam gambar dansebagainya dengan persyaratan
tidak merugikan orang lain ataulingkungan. Pertama-tama yang perlu adalah
proses bersibuk diri secarakreatif tanpa perlu selalu atau terlalau cepat
menuntut dihasilkannyaproduk-produk kreatif yang bermakna. Produk yang kreatif
akan munculdengan sendirinya dengan iklim yang menunjang, menerima
danmenghargai anak. Perlu pula diingat bahwa kurikulum sekolah yangterlalu
padat sehingga tidak ada peluang untuk kegiatan kreatif dan jenispenugasan yang
monoton tidak menunjang pengembangan kreativitassiswa. Hendaknya orangtua dan
guru menyadari bahwa waktu luangseyogyanya digunakan untuk melakukan kegiatan
konstruktif dan diminatianak dan tidak belajar semata-mata atau melakukan
kegiatan yang pasif.d) ProdukKondisi yang memungkinkan seseorang untuk
menciptakan produkkreatif yang bermakna dalah kondisi pribadi dan lingkungan,
yaitu sejauhmana keduanya mendorong seseorang melibatkan dirinya dalam
proses(kesibukan atau kegiatan) kreatif. Dengan mengenali bakat dan
ciri-ciripribadi kreatif peserta didik dan dorongan (motivasi eksternal
maupuninternal) untuk bersibuk diri secara kreatif dengan menyediakan waktudan
sarana-prasarana yang menggugah minat anak meskipun tidak perlumahal, maka
produk-produk kreativitas anak dipastikan akan timbul.Dalam hal ini yang tidak
boleh dilupakan adalah bahwa pendidikmanghargai produk kreativitas anak dan
mengkomunikasikannya kepadaorang lain. Inilah yang akan menggugah minat anak
untuk berkreasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar