Membagi
waktu adalah hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang. Tidak semua orang
memiliki kemampuan memenejemen waktu dengan baik. Banyak orang yang mengalami
kesulitan dengan padatnya rutinitas hidupnya setiap hari sehingga kewalahan
menjaga kondisi fisiknya dan jadwal perkerjaan lainnya.
Saya sebagai pelajar juga mengalami hal yang
sama yakni sulit membagi waktu. Apalagi remaja seperti saya yang sedang
semangat-semangatnya untuk melakukan segala hal dan merasa memiliki tenaga yang
besar untuk melakukan semua hal. Tidak pernah merasa lelah dan memiliki
determinasi tinggi untuk mencapai suatu hal, ya mungkin bisa dibilang idealis
kali ya (hehe...)
Sejauh pengalaman saya selama ini, memang
kesulitan hampir semua orang khususnya pelajar seperti saya adalah dalm hal
membagi waktu. Misalnya, dari pagi hingga sore hari kita melakukan aktifitas
wajib, seperti sekolah, bekerja, dsb. Dan setelah pulang sekolah atau bekerja,
kita masih memiliki berbagai pekerjaan rumah yang menunggu kita.
Misalnya bagi pelajar, setelah pulang sekolah
mereka (termasuk saya,hehe) masih harus mengerjakan tugas-tugas sekolah yang
diberikan guru mereka. Dan belum lagi jika selain belajar, para pelajar
tersebut juga aktif di kegiatan organisasi di sekolah seperti OSIS, Pramuka,
dsb. Pasti mereka memiliki waktu yang lebih sedikit dari pelajar lainnya.
Sedikit banyak pasti kegiatan utama mereka yakni
belajar pasti akan terganggu. Dan terkadang mereka harus melawan kondisi fisik
mereka yang menurun karena kecapekan atau kelelahan. Jadi, membagi waktu memang
merupakan kewajiban bagi setiap orang, apapun profesi mereka.
Sekarang saya akan membagikan tips membagi waktu
(menurut saya lho,hehe). Pengalaman membagi waktu ini saya dapatkan ketika saya
menjadi pelajar sekaligus menjadi aktifis OSIS di sekolah saya. Hampir seiap
hari selalu ada saja alasan untuk pulang lebih sore.
Ini di tips-tips membagi waktu:
- Gunakan skala prioritas untuk
mengatur aktifitas anda. Misalnya sebagai pelajar, prioritas paling utama
anda adalah belajar. Mungkin jika ada prioritas lain seperti organisasi,
maka hal itu dapat anda lakukan setelah belajar. Demikian juga prioritas
lainnya dapat anda kerjakan setelah prioritas anda yang lebih utama
terlaksana.
- Buatlah jadwal rutinitas anda
setiap hari. Sejauh hal yang saya lihat selama ini, orang yang sukses
entah mengapa selalu memiliki jadwal terhadap kehidupannya setiap hari.
Contoh jadwal rutinitas setiap hari dapat anda lihat pada tabel di bawah
ini.
No
|
Jam/Pukul
|
Kegiatan
|
1
|
04.30
|
Bangun Pagi
|
2
|
04.30-04.45
|
Ibadah
|
3
|
04.45-05.15
|
Olahraga
|
dst
|
dst
|
dst
|
- Jangan suka menganggur.
Misalnya setelah anda pulang bekerja atau sekolah, jangan gunakan waktu
anda yang luang hanya untuk bermalas-malasan. Gunakan waktu luang anda
untuk hal-hal yang lebih berguna misalnya olahraga, mengerjakan tugas,
istirahat (bermalas-malasan berbeda dengan istirahat lho), dsb.
- Gunakan pengingat jika perlu.
Misalnya jika anda memiliki acara penting pada hari tertentu anda dapat
membuat pengingatnya di handphone anda atau perangkat elektronik lain yang
anda miliki. Selain itu anda juga dapat menggunakan memo/agenda untuk
mengatur jadwal acara anda.
- Selalu berusaha untuk
mengerjakan sesuatu dengan kemampuan terbaik anda. Jangan melakukan
sesuatu dengan setengah-setengah karena itu akan membuang waktu anda.
Contohnya jika anda disuruh membuat tugas. Lakukan itu dengan
sebaik-baiknya. Jika anda melakukan dengan setengah-setengah dan hasilnya
tidak memuaskan sehingga anda disuruh mengulang, maka itu akan
sangat merugikan anda karena akan membuang waktu anda.
Mungkin itulah tips sederhana dari saya dan telah
saya lakukan. Tips di atas adalah murni dari pengalaman saya pribadi sehingga
tentu masih banyak kekurangannya sehingga kritik dan saran yang membangun
sangat saya harapkan dari anda. Bagaimanapun juga kesuksesan ada di tangan
anda!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar