do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 26 Januari 2016

SENI RUPA TERAPAN YANG ADA DI MESIR



TUGAS SBK
SENI RUPA TERAPAN
YANG ADA DI MESIR




                                                                                                                                         
         

             OLEH :
  KELOMPOK 2
KELAS XI IPA 1
1.      FARAH ASTARI
2.      LD. ABDURRAHMAN AZIZ
3.      NURLIA SUNDUSING
4.      RAHMAT WIRAWAN
5.      REZHA RESKI AYU NINGSIH
SMA NEGERI 1 RAHA
2015/2016
KATA PENGANTAR

            Dengan mengucapkan syukur atas kehadirat ALLAH swt. Yang telah memberikan hidayah-Nya, sehingga makalah kami dengan judul “Seni Rupa Terapan yang Ada di Mesir” dapat terselesaikan.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu, sehingga makalah ini dapat tersusun,  baik secara materil maupun moril.
Penulis menyadari dengan penuh kerendahan hati, bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan sarannya dari para pembaca yang budiman, demi kebaikan/kesempurnaan dimasa yang akan datang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca umumnya dan penulis khususnya.


                                                                                                Raha,  Januari 2016
                                                                                                         Penulis

                                                                                                                                                                                          Kelompok 2



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
KATA PENGANTAR....................................................................................... ii
DAFTAR ISI....................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................... 1
A.    Latar Belakang.......................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah...................................................................................... 1
C.     Tujuan Penulisan........................................................................................ 1
  BAB II PEMBAHASAN.................................................................................... 2
A.    Pengertian Seni Rupa Terapan Mancanegara............................................ 2
B.     Seni Rupa Terapan di Mesir...................................................................... 2-6

BAB III PENUTUP............................................................................................ 7
A.    Kesimpulan................................................................................................ 7
B.     Saran ......................................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 8





BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Mesir pada zaman dahulu merupakan daerah yang terisolasi. Menurut kajian, daerah-daerah Mesir sulit dijangkau dari daratan, daerah bagian timur Mesir adalah laut merah. Setelah dibatasi oleh laut, keadaan alam timur Mesir merupakan gurun pasir yang gersang. Daerah selatan adalah Nubia, yang zaman dahulu merupakan daerah hutan Afrika yang lebat bergunung-gunung.  Bagian barat Mesir merupakan gurun pasir yang luas dengan gunung-gunung karang. Daerah ini dulu dihuni oleh orang-orang liar dan serigala padang pasir, singa dan ular cobra. Daerah utara agak lebih ramah sedikit, yang merupakan daerah laut pantai tengah atau Mediterania. Daerah Mesir yang paing ramah dan subur hanyalah sepanjang jalur tepian sungai Nil. Sungai Nil merupakan jalur kehidupan masyarakat Mesir, dari kehidupan sungai Nil ini kebudayaan Mesir Kuno muncul dan menjadi kebudayaan terhebat di dunia. Bagian dari daerah padang pasir yang kering dan gersang, gunung karang yang kokoh dan keras, tepian sungai Nil yang lembut subur daan menghidupi adalah jiwa dari budaya bangsa Mesir yang tercermin dalam karya-karya seni rupa yang juga akan dibahas dalam makalah ini.

B.       Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari makalah ini yaitu:
1.    Apa pengertian dari seni rupa terapan mancanegara?
2.    Apa-apa saja seni rupa terapan yang ada di Mesir?
C.      Tujuan Penulisan
Setelah mempelajari makalah ini, diharapkan:
1.    Dapat memahami pengertian dari seni rupa terapan mancanegara.
2.    Dapat mengetahui berbagai macam seni rupa terapan yang ada di Mesir
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian
Seni rupa terapan mancanegara adalah hasil karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan mempunyai fungsi atau manfaat. Seni rupa tersebut berasal dari luar negeri sehingga disebut seni rupa terapan mancanegara.

B.     Seni Rupa Terapan di Mesir
*Seni Bangunan (Arsitektur)
Berdasarkan bentuk dan fungsinya seni banguna dapat di kategorikan sebagai seni pakai. Seni bangunan (arsitektur) yang ada dimesir meliputi sebagai berikut:
a.       Piramida Agung Giza








Piramida Cheops, tinggi 146 m, panjang di sisi bawah 230 m, areal 52.900 meter persegi, 2.3 juta buah batuan. dibangun dinasti ke-4 sekitar tahun 2.000 SM, oleh Raja Cheops/Khufu.
Piramida Agung Giza adalah piramida tertua dan terbesar dari tiga piramida yang ada di Nekropilis Giza. Dipercaya bahwa piramida ini dibangun sebagai makam untuk Fir’aun dinasti keempat Mesir, Khufu (Cheops) dan dibangun selama lebih dari 20 tahun dan diperkirakan berlangsung pada sekitar tahun  2560 SM. Piramida ini kadang-kadang disebut sebagai Piramida Khufu. Piramida Agung Giza juga merupakan bagian utama dari kompleks bangunan makam yang terdiri dari dua kuil untuk menghormati Khufu (satu dekat dengan piramida dan satunya lagi dekat dengan sungai Nil).
b.    Piramida Yang Dibengkokkan








Piramida Yang dibengkokkan, dibangun masa pemerintahan Raja Sneferu ( 2575 BC-2551 BC). Awalnya arsitek membangun dinding dengan sudut 55 derajat, Kemudian mereka temu permasalahan struktural hingga dilanjutkan menjadi 43 derajat tingkat. (Microsoft® Encarta®, 2005).




c.     Sphinx







4000 tahun usia, Sphinx (patung manusia berbadan singa), Giza Yang besar adalah lencana yang terkenal dari Mesir masa lampau. (Microsoft® Encarta® , 2005).

Menurut mitologi Mesir kuno, Sphinx adalah makhluk dengan kepala manusia dan tubuh singa. Sphinx dianggap sebagai penjaga makam kerajaan atau kuil oleh orang Mesir kuno sehingga ditempatkan disekitar struktur bangunan tersebut. Wajah sphinx Mesir kuno biasanya menggambarkan Fir’aun yang dianggap sebagai inkarnasi dewa matahari. Kata sphinx yang berarti pencekik. Pertama kali diberikan oleh orang Yunani untuk makhluk luar biasa yang memiliki kepala seorang wanita, tubuh singa dan sayap burung.
d.    Kuil Abu Simbel








Kuil Abu Simbel, sekitar 1250 BC dibangun oleh Pharaoh Mesir Ramses II, di Mesir selatan. Didepan pintu masuk -keluar kuil berdiri masiv empat patung Raja Ramses II yang sedang duduk.
Abu Simbel adalah sebuah situs arkeologi yang terdiri dari dua kuil batu di selatan Mesir tepatnya diujung danau Nasser atau sejauh 290 km barat daya kota Aswan. Saat ini Abu Simbel adalah situs warisan dunia UNESCO yang masuk bagian dalam Markah Tanah Nubia, yang melingkupi dari Abu Simbel sampai ke Philae. Kuil ini dipahat dari tebing batu pasir saat fir’aun Ramses II masih berkuasa pada sekitar tahun 1250 SM. Sebagai markah tanah terakhir untuknya dan istrinya Nefertari, untuk memperingati kemenangannya pada Pertempuran Kadesh, dan untuk menakuti tetangga Nubia.
e.     Kuil Ratu Hatshepsut








Kuil Ratu Hatshepsut, Penguasa Mesir tahun 1400s BC. Funerary nya Kuil adalah dekat Lembah Para raja, di Luxor. (Microsoft® Encarta®, 2005).



f.     Kuil luxor









 Kuil Luxor, berada di timur Sungai Nil, mulai dibangun sekitar tahun 1200 s BC untuk menghormati para dewa. Bangunan Kuil ditambahkan ke atas oleh masing-masing dinasti. Di depan terdapat tugu (obelist)dan patung kolosal. Kuil ini dihubungkan ke Kuil Al Karnak oleh jalan sepanjang 3.5 km. Sepanjang jalan dihiasi dengan beratus-ratus sphinx. Dalam sekali setahun dewa Amon diangkut oleh tongkang dari Al Karnak ke Luxor, pada sebuah festival besar.










BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
1.         Seni rupa terapan mancanegara adalah hasil karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan mempunyai fungsi atau manfaat. Seni rupa tersebut berasal dari luar negeri sehingga disebut seni rupa terapan mancanegara.
2.         Macam-macam seni rupa terapan yang ada di mesir yaitu salah satunya seni bangunan (arsitektur), antara lain:  Piramida Agung Giza, Piramida Yang di Bengkokkan, Sphinx, Kuil Abu Simbel, Kuil Ratu Hatsheput, dan Kuil Luxor.
B.  Saran
1.        Sebaiknya kita menghargai serta menjaga semua karya senirupa terapan yang ada.
2.        Sebaiknya semua karya seni rupa terapan yang ada dilingkungan/daerah kita harus dijaga, karena itu merupakan salah satu warisan kebudayaan yang ada yang harus di pelihara dan juga di lestarikan.
3.        Sebaiknya seluruh anggota kelompok harus ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja kelompok ini.







DAFTAR PUSTAKA











Posting Komentar