do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Minggu, 20 Maret 2016

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER



BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Dewasa ini perkembangan dan kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi telah
berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari
berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat " Zaman
Batu " teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak
mungkin, kini telah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang luas ini kita harus
dapat memanfaatkannya.
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah
computer. Sekarang computer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun
computer selalu mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan computer
dimana saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model
dan design dari computer itu sendiri juga mengalami perkembangan.
2. Rumusan Masalah
1. Apa Pengertian Komputer ?
2. Bagaimana Sejarah Komputer ?
3. Bagaimana Proses Perkembangan Komputer ?
3. Batasan Masalah
Masalah yang diangkat dalam makalah ini terlalu luas jika diteliti secara meyeluruh.
Maka dari itu agar masalah tidak melebar kemana-mana penulis hanya
mencantumkan tiga pembahasan pokok. Yakni Pengertian Komputer, Sejarah
Komputer dan Proses Perkembangan komputer dari generasi pertama sampai
sekarang.
BAB II
PEMBAHASAN
1. Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang
telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan
orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa
alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang
terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu
dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan
data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU,
Keyboard, Mouse dan Printer (sebagai pelengkap). Tanpa printer komputer tetap
dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar
monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik
mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang
kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah
"yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
2. Sejarah Komputer
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak
sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada
beberapa generasi dalam sejarah komputer.
A. Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
Komputer sebagai Alat Hitung Tradisional Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator
Mekanik Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih
digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula
mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan
perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para
pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi
perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas,terutama di
Eropa,abacus kehilangan popularitasnya.
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi.
1. Blaise Pascal (1623-1662)
Pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang dia sebut sebagai
kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya
melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan
Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan
bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis
sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
2. Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716)
Seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-
1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.
Sama seperti pendahulunya,alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-
roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh
Pascal,Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820,
kalkulator mekanik mulai populer.Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan
mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar.
3. Charles Babbage (1791-1871)
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika
Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan
kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat
baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan,sedang
matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu.
Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik
sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama
untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu
mesin untuk melakukanperhitungan persamaan differensial. Mesin tersebut
dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap,mesin tersebut
dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya
secara otomatis.
menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kreatifitas hingga
menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia. Diharapkan dengan adanya
teknologi computer dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang
mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral
bangsa. Kemajuan computer dimasa mendatang diharapkan dapat membantu
semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan
mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan
semua pekerjaan dikerjakan dengan system komp
Sejarah Perkembangan Aplikasi Komputer
            Sebelum kita membicarakan tentang sejarah aplikasi komputer, baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan aplikasi komputer serta apa fungsinya. Aplikasi komputer merupakan program komputer yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer. Fungsi aplikasi komputer itu sendiri adalah untuk menyelesaikan masalah sesuai kebutuhan user atau dengan kata lain melakukan pekerjaan sesuai perintah user. Sebagai contoh, program perbankan yang digunakan untuk mengetahui rekening bulanan nasabah bank tersebut. Aplikasi komputer dalam mayarakat dianggap merupakan salah satu tipe dari software komputer.
            Seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman serta berkembangnya peradaban manusia, aplikasi komputer secara terus-menerus mengalami peningkatan dalam perkembangannya. Berdasarkan perkembangan aplikasi komputer itu sendiri, aplikasi komputer dibagi dalam beberapa era antara lain :
1.      Era Pioneer
Pada Era Pioneer ini bentuk aplikasi  komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Pada era ini, aplikasi komputer atau software komputer masih merupakan satu-kesatuan dengan hardware komputer.
2.      Era Stabil
Pada era ini, aplikasi komputer sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Baris-baris perintah aplikasi komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah dapat melakukan banyak proses secara bersamaan atau multi tasking. Aplikasi komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Pada era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data yang mampu memisahkan antara program dan data.

3.      Era Mikro
Pada era mikro ini aplikasi komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu aplikasi sistem (WindowsLinuxMachintos,dll), Software Aplikasi (Ms.OfficeOpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)
4.      Era Modern
Era sekarang termasuk dalam era modern yang di dalamnya berkembang pesat aplikasi komputer yang juga bisa diaplikasikan ke dalam perangkat lain seperti Android, Symbian, dll. Kemampuan yang ada pada aplikasi juga semakin meningkat, selain menangani masalah teknis, aplikasi juga dapat mengenal suara dan gambar.

Aplikasi komputer yang ada saat ini, seperti yang dijelaskan di atas, memang mengalami beberapa era yang menjadikannya semakin baik dari era ke era. Menurut saya, perkembangan tersebut akan terus terjadi seiring dengan perkemangan peradaban manusia yang notabene terus melakukan inovasi. Seperti jenis-jenis aplikasi komputer yang dari har ke hari semakin bertambah. Jenis-jenis aplikasi komputer yang ada di dunia antara lain :
a.       Aplikasi Grafis
Aplikasi grafis Merupakan suatu program untuk mengolah data yang berformat gambar baik dengan membuat gambar baru maupun mengubah gambar yang sudah dibuat sebelumnya. Software aplikasi Grafis dibagi menjadi tiga (3) bagian yaitu :
1. Aplikasi grafis berbasis vector, contoh: Adobe Illustrator, Corel Draw, Macromedia Freehand, Micrografxdesigne.
2. Aplikasi grafis berbasis pixel/BITMAP, contoh : Adobe Photoshop, Macromedia Fireworks, Corel Photopaint.
3. Aplikasi grafis berbasis tata letak, contoh : Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress.
b.      Aplikasi Web Browser
Merupakan bagian dari internet sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http (world wide web). Dengan demikian, definisi teknis dari world wide web adalah semua sumber daya dan semua pengguna di intenet yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). WWW adalah aplikasi yang paling menarik di Internet dan seperti email, aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Aplikasi web browser yang sering digunakan antara lain, Opera, Internet Explorer, Safari, Firefox dan Chrome.
c.       Animasi
Merupakan bentuk seni yang tampak secara spontan menimbulkan gerakan kehidupan pada suatu obyek. Sebenarnya terdapat beberapa fungsi yang berbeda untuk menghasilkan animasi berbasis komputer dan satu daripadanya ialah animasi tiga dimensi (3D). Fungsi lain untuk mencipta animasi komputer ialah dengan menggunakan alat pengecatan komputer yang standar untuk mengecat frame-frame tunggal sebelum dilakukan proses penggabungan. Ini kemudian disimpan sebagai sebuah file gambar (movie).
d.      Aplikasi Pendidikan
·         Computer Assisted Instruction (CAI)
Komputer secara langsung digunakan dalam proses belajar, sebagai pengganti pengajar ataupun buku. Beberapa aplikasi CAI antara lain, Drill and Practice, Tutorial, Simulasi.
·         Computer Managed Instruction (CMI)
Para pengajar memanfaatkan komputer untuk merencanakan kuliah, disesuaikan dengan kondisi para siswa, yang terdiri dari acara belajar dengan bantuan komputer, membaca, dan ujian.
·         Computer Assisted Testing (CAT)
Komputer digunakan sebagai media ujian untuk menggali kemampuan siswa dengan cara-cara tanya jawab secara aktif. Bentuknya bermacam-macam, dari mulai yang sederhana dimana komputer (biasanya melalui layar peraga) hingga bentuk yang lebih maju.
e.        Aplikasi Multimedia, contoh : Windows Media Player, Winamp, PowerDVD, Klite, VLC Media Player,
f.       Aplikasi Programming, contoh : Visual Studio, Delphi, C++ Builder.

Jenis aplikasi yang disebutkan di atas sangat berguna bagi kita sebagai calon guru di masa yang akan datang yang mungkin merupakan masa modern dan mengharuskan kita beradaptasi. Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Seperti yang kita tahu, dalam Microsoft Office terdapat Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, dll. Aplikasi-aplikasi tersebut sangat kita butuhkan dipekerjaan kita nantinya. Jadi, perlulah kita mempelajari aplikasi-aplikasi komputer guna menunjang karir kita esok hari.

·         Aplikasi yang dikuasai
Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Firefox, Opera, Chrome, Internet Explorer, Winamp, Windows Media Player, Corel Draw (sedikit), VLC Media Player, Media Player Classic, Note Pad, GOM media Player, Photoscape
Komponen Komponen Komputer dan Fungsinya

Untuk memahami subuah komponen komputer anda tidak perlu harus memnjadi teknisi dahulu tapi dengan belajar Autodidak juga bisa, tapi harus ada panduan juga. Komponen komputer adalah suatu gabungan dari Perangkat Keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software) yang di Opraesikan oleh User Pengguna (Brainware) sehingga menjadi sebuah komponen yang berbentuk komputer dan siap di gunakan, jika di lihat dari segi garis besar ter diri dari Hardware, Software dan Brainware (User) lebih jelas lihat di bawah:
1.      Hardware (Perangkat Keras)
Hardware adalah sebuah perangkat keras yang sudah di atur oleh perusahaan pembentuknya untuk  menjadi isi dari pada suatu Komputer, salah satu Hardware adalah Hardisk,Motherboard,CD/DVD Room, Power Suplay Dll.
2.      Software (Perangkat Lunak)
Software adalah perangkat lunak yang di gunakan untuk menjalankan suatu proses yang sudah di bentuk oleh Hardware, sejenis Aplikasi mulai dari Operating System sampai Program Komputer lainnya Contoh : Windows 8/7 (OS), Office, Antivirus,Multimedia Dll.
3.      Brainware (User Pengguna)
Untuk Brainware sebetulnya ini Bukan Komponen melainkan sebuah Operator pengguna, yaitu Orang yang akan menggunakan Hardware dan Software tersebut, atau lebih jelasnya Orang yang akan menggunakan Komputer Tersebut.
Jenis Jenis Hardware (Perangkat Keras)
  • MOTHERBOARD
Motherboard atau Papan Utama ini adalah salah satu komponen utama komputer yang berfungsi sebagai papan letak dari berbagai macam komponen pendukung serta Socket untuk berbagai jenis komponen lain seperti, VGA Card, Processor, RAM, Sound Card, Kabel Hardisk, Kabel CD Room Dll.
  • CASING
Komponen yang satu ini Berfungsi untuk Menjadi pelindung dan tempat memasang seluruh komponen yang sudah di rakit dan di Pasang pada CPU (central Processing Unit) Seperti, Motherboard, Power Suply, Hardisk, CD/DVD Room, Bentuk Casing banyak macamnya Mulai dari Persegi Panjang, Lingkaran, dll.
  •  HARDISK
Hardisk adalah Sebuah perangakat keras (Hardware) yang berfungsi untuk menyimpan Data maupun System Operasi pada sebuah Komputer, Untuk saat ini hardisk yang biasa di gunakan adalah jenis SATA dan ATA, sedangkan untuk bagian isi di dalam Hardisk adalah berbentuk Piringan Magnetis dan beberapa komponen lainya.
  •  PROCESSOR
Processor adalah Komponen utama dalam sebuah CPU karena Processor adalah Otak dari pada komponen Komponen yang lainnya, Processor terdapat Pin kecil di bagian bawah yang jumlahnya tak terhitung dan kecil, Makanya kita harus hati hati dan untuk jenis ada banya jenisnya Mulai dari Intel, AMD Dll.
  •  RAM
Random Acces Memory (RAM) adalah suatu komponen Memory yang berfungsi untuk mempercepat kinerja suatu System, RAM berperan sangat penting dalam suatu sistem komputer setelah Processor, untuk jenis jenis ram yang sampai saat ini masih di pakai adalah jenis DDR mulai dari DDR,DDR II dan DDR III.
  •   POWERSUPLY
Powersuply adalah komponen yang berfungsi untuk menghantar dan membagi arus listrik yang akan masuk ke CPU sehingga mampu di terima oleh komponen dengan baik, untuk Powersuply biasanya sudah ada pada Casing CPU yang baru.
  •  VGA Card
Untuk VGA Card biasanya di gunakan untuk Komputer Multimedia dan juga Gammers, tapi apa salahnya jika di gunakan di Komputer biasa, walaupun VGA di Onboard sudah ada, VGA Card adalah komponen untuk menampilkan Gambar maupun Tex pada Monitor. Biasanya terdiri dari Kipas Pendingin, dan memory.
  • KEYBOARD DAN MOUSE
Keyboard dan Mouse adalah Komponen Input yang merupakan komponen untuk melakukan perintah dari Penggunanya, untuk Input Device ini terdiri dari Serial,PS2,USB dan Wireles, Komponen ini juga sangat berperan aktiv dalam suatu Komputer.
  •   MONITOR
Monitor adalah salah satu Komponen Output yang fungsinya untuk menampilkan gambar yang telah di proses oleh System CPU, Untuk saat ini sudah Banya jenis Monitor mulai dari Cart, LCD dan yang terbaru adalah LED.

Jenis Jenis Software (Perangkat Lunak)

Perangkat Lunak biasanya terdiri atas program program untuk menjalankan suatu komputer sehigga siap di gunakan, mulai dari OS, Program Multimedia, Antivirus dll.

  •   OS ( Operating System)

Untuk Sistem Operasi adalah program dasar yang di khususkan untuk mengolah perangkat lunak suatu system komputer, dan memiliki tugas sebagai System yang mengatur jalannya semua system dan perangkat lunak yang terinstall dalam OS tersebut, System Operasi Banya jenisnya Windows, Linux, Unix, MacOS, OpenBSD, Chorm OS dan Masih Banyak Lagi.

  •    PROGRAM APLIKASI KOMPUTER

Program aplikasi komputer adalah perangkat lunak pendukung suatu system operasi untuk menjalankan perintah, mulai dari Media Players, Perkantoran, dan Tugas Sekolah. Untuk jenis jenis Program aplikasi ada banyak macamnya Contoh :
Microsoft Office, WinAmp, Gom Players, Antivirus, Dll.

Oke Sobat C4T Cukup sekian dulu Artikel kali ini semoga bermanfaat untuk pengetahuan anda semua, apabila kurang jelas silahkan Post Komentar Kalian, Terimakasih Telah Berkunjung.

Tidak ada komentar: