do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 13 Februari 2016

MAKALAH TABULIN



BAB I
PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG
Angka kematian ibu dan angka kematian bayi merupakan indikator penting untuk menilai dan kesejahteraan suatu negara dan status kesehatan masyarakat. Angka kematian ibu sebagian besar kematian neonatal yang berkaitan dengan status kesehatan ibu saat hamil, pengetahuan ibu dan keluarga terhadap pentingnya peran tenaga kesehatan serta ketersediaan fasilitas kesehatan kebijakan dan sentralisasi yang melimpahkan wewenang kepada daerah maka Dinas Kesehatan Kabupaten bertanggung jawab penuh merencanakan dan melaksanakan pelayanan kesehatan, termasuk dalam implementasian pelayanan kesehatan pada ibu dan bayi baru lahir adalah gerakan nasional kehamilan yang aman Making Pregnancy Safer (MPS) yang di rencanakan di Indonesia pada tahun 2000.
Maka dari itu peran serta masyarakat dalam peran serta perwujudan Desa Siaga dibutuhkan, salah satunya dengan di adakannya Program Tabulin atau Dosolin yang bermanfaat sebagai pembiayaan dalam persalinan atau pasca persalinan. Kegiatan ini ditujukan untuk dapat menekan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

B. TUJUAN
a. Tujuan Instruksi Umum (TIU)
Agar mahasiswa dapat mengetahui tentang tabungan bersalin (Tabulin)

b. Tujuan Instruksi Khusus (TIK)
1. Mahasiswa dapat mengerti Definisi tentang Tabulin
2. Mahasiswa dapat mengerti manfaat Tabulin


BAB II
PEMBAHASAN


A. Pengertian Tabalin
1. Tabulin adalah tabungan yang dipersiapkan untuk persalinan yang dilakukan pada pasangan suami istri sedang Dasolin merencanakan dalam kehamilannya.
2. Dasolin adalah dana sosial untuk biaya persalinan yang dihimpun oleh masyarakat dan untuk masyarakat wilayah tersebut. Tabulin atau Dasolin merupakan wujud dari pembiayaan kesehatan.
3. Pembiayaan Kesehatan
Adalah upaya pembiayaan yang berasal dari oleh dan untuk masyarakat yang diselenggarakan berdasarkan atas gotong royong dalam rangka peningkatan kesehatan (meliputi promotif, preventif, koratif, rehabilitatif)dan berbagai kegiatan untuk mengatasi masalah kesehatan bencana dan kegawat daruratan kesehatan secara faktor resiko.

B. Langkah-langkah perlu diperhatikan dalam pembiayaan kesehatan.
a. Pengalokasian / pemanfaatan pembiayaan kesehatan
b. Identifikasi sumber dana yang sudah ada dan yang akan dikembangkan
c. Cara pengelolaan dan pembelajaran perlu kejelasan dalam hal mekanisme pengumpulan dana, kesempatan pengelolaan dan sistem kontrak.
d. Kesiapan keluarga dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembiayaan kesehatan yang telah dan akakn dikembangkan.

C. Indikator keberhasilan pembiayaan kesehatan
a. Dana terhimpun, masyarakat yang berpartisipasi dalam pembiayaan kesehatan masyarakat
b. Pengalokasian tepat sasaran sesuai berbagai kebutuhan kesehatan (promotif, preventif, koratif, rehabilitatif)
c. Pengelolaan dan pemanfaatan tertib, mudah, lancar
d. Berkesinambungan kegiatan
Tabulin atau tabungan ibu bersalin merupakan bagian dari program yang ada, dimana Ikatan Bidan Indonesia (IBI) selaku mitra Depkes dan BKKBN turut membina masyarakat untuk sosialisasi program ini. Selain ituutk biaya melahirkan, Tabulin juga bisa dipakai sebagai penunjang biaya pasca persalinan. Beragam penyuluhan yang menjadi program penting dalam siaga ini, karena dalam penyuluhan warga selalu diingatkan akan biaya kehamilan akan 3 terlambat, yaitu terlambat mengenai tanda bahaya / di yawa, terlambat sampai RS dan terlambat mendapat pertolongan bidan / dokter.
Juga bahaya 4 terlalu yaitu : terlalu sering, terlalu muda, terlalu tua,terlalu banyak. Yang merupakan faktor resiko terjadinya komplikasi persalinan. (www.dradio.or.id).
Sebelum ada desa siaga sudah dimulai dengan tabungan Ibu bersalin (Tabulin). Jadi kita menerangkan ke Ibu hamil dan keluarganya, meskipun kaya. Justru orang kaya tersebut memberikan contoh kepada orang-orang yang tidak mampu untuk menabung. Dan Ibu hamil di berikan buku yang dibawa setiap pemeriksaan.

Mekanisme Tabulin
Tabungan itu terbentuk berdasarkan Rw. atau Posyandu. Bila posyandunya empat, maka tabungannya ada empat didesa itu. Sedankan Dasolin (Dana Sosial / Bersalin) mekanismenya yaitu, masyarakatyg pasang usia subur juga Ibu yang mempunyai balita dianjurkan menabung, yang kegunaannya untuk membantu ibu saat hamil lagi.
Adapun manfaat dari tabulin antara lain :
• Sebagai tabungan / simpanan itu yang digunakan untuk biaya persalinan atau sesudah persalinan
• Ibu dan keluarga tidak merasa terbebani terhadap biaya persalinan.


BAB III
PENUTUP


A. Kesimpulan
1. Tabulin adalah tabungnan yang dipersiapkan untuk persalinan, sedangkan bentuk pembiayaan masyarakat (dosalin) untuk pelayanan kesahatan Ibu bersalin. Pembiayaan kesehatan yaitu upaya pembiayaan yang berasal dari / oleh dan untuk masyarakat yang diselengarakan berdasarkan asas gotong royong dalam rangka peningkatan kesehatan (promotif, preventif, koratif, rehabilitatif) dan berbagai kegiatan untuk mengatasi masalah kesehatan atau kegawat daruratan kesehatan secara faktor resiko.
2. Manfaat tabulin diantaranya sebagai tabungan / simpanan itu yang digunakan untuk persalinan atau sesudah persalinan.Ibu dan keluarga tidak mersa terbebani biaya persalinan.

B. Saran
1. Bagi Tenaga Kesehatan
a. Memberikan konseling pada Ibu hamil pada saat ANC, mengenai pentingnya Tabulin pada saat pembiayaan persalinan.
b. Di harapkan kepada tenaga kesehatan khususnya Bidan untuk ikut serta dalam terselenggaranya tabulin.
2. Bagi Masyarakat
Di harapkan masyarakat ikut serta dalam keselenggaraan Tabulin.


DAFTAR PUSTAKA

2003. Menyelamatkan Ibu Hamil, Tanggung Jawab semua pihak. http://www.bali post. Co.id / bali post cetak / Fei. htm. 18 Januari 2009
Posting Komentar