do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 13 Februari 2016

MAKALAH STRUKTUR KOMPUTER



 

MAKALAH

STRUKTUR KOMPUTER

DISUSUN OLEH :
NAMA                      : UMIANA
NIM                   : 21311196
JURUSAN         : ADM. TIK
SEMESTER       : I



UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI
KELAS RAHA
2013

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirobbil ‘Alamin segala Puji dan Syukur Penulis Panjatkan kepada Allah SWT  yang telah memberikan taufik dan hidayahnya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini, Namun penulis menyadari makalah ini belum dapat dikatakan sempurna karena mungkin masih banyak kesalahan-kesalahan. Shalawat serta salam semoga selalu dilimpahkan kepada junjunan kita semua habibana wanabiana Muhammad SAW, kepada keluarganya, kepada para sahabatnya, dan mudah-mudahan sampai kepada kita selaku umatnya.
Makalah ini penulis membahas mengenai STRUKTUR KOMPUTER”, dengan makalah ini penulis mengharapkan agar dapat membantu sistem pembelajaran. Penulis ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan makalah ini.

Akhir kata penulis ucapkan terimakasih atas segala perhatiannya.


Raha,  Desember  2013


Penyusun


















DAFTAR ISI

Kata Pengantar......................................................................................................... i   
Daftar Isi.................................................................................................................    ii    
BAB I PENDAHULUAN.........................................................................................            1
A.    Latar Belakang..............................................................................................  1
B.     Rumusan Masalah.......................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN.... ...................................................................................  1
2.1. hardware (perangkat keras) komputer................................................................ 2
2.2. perangkat lunak (software) komputer................................................................  15
BAB II PENUTUP...................................................................................................  25
A.    Kesimpulan..................................................................................................   25
B.     Saran.............................................................................................................  25
DAFTAR PUSTAKA..............................................................................................  26
























BAB 1
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan pada memory (stored program), pernyatan tersebut merupakan definisi computer menurut buku Computer Today (Donald H. Senders).
Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem. Sistem adalahb kumpulan elemen yang saling berhubungan dan berinteraksi dalam satu kesatuan untuk menjalankan suatu proses pencapaian suatu tujuan utama.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Agar tujuan pokok tersebut dapat terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari sistem komputer tersebut adalah Software, Hardware, dan Brainware.
1.      Hardware (perangkat keras/piranti keras) adalah peralatan pada sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
2.      Software (perangkat lunak/piranti lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
3.      Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam pengoperasian suatu pengaturan sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Hardware tanpa adanya software tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan hanya berupa benda mati saja. Software akan mengoperasikan hardware, hardware yang sudah didukung oleh software juga tidak akan berfungsi jika tidak ada manusia manusia yang mengoperasikannya.

B.     RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut;
1.      apa saja komponen dari hardware, software, dan brainware;
2.      bagaimana peranan ketiga komponen tersebut dalam struktur  komputer.






BAB II
PEMBAHASAN

2.1. HARDWARE (PERANGKAT KERAS) KOMPUTER
Istilah komputer diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung (to conpute atau reckon). Dalam hal ini berarti mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya, sesuai dengan suatu program yang tersimpan dimemory (stored program) dan menghasilkan input informasi.
Hardware merupakan komponen fisik yang digunakan untuk aktivitas input, proses, output dan penyimpanan pada suatu sistem komputer. Komponen hardware terdiri atas berikut;
A.    PERALATAN MASUKAN (INPUT DEVICE)
Adalah alat-alat yang digunakan untuk proses memasukan data/informasi ke komputer. Jenis-jenis peralatan masukan adalah sebagai berikut.
1.      Keyboard, merupakan peralatan input yang terdiri dari tombol-tombol huruf, angka dan karakter lain serta tombol fungsi.
2.      Pointing device, merupakan peralatan input yang dapat digerakandan memiliki petunjuk (pointer). Pointing device terdiri dari;
a.       Mouse
b.      Pointing stick, berbentuk seperti pena kecil dan digunakan untuk menulis pada layar di notebook tertentu.
c.       Trackball, mirip dengan mouse terdapat bola kecil pada permukaanya.
d.      Joystick.
e.       Touch screen
f.       Light pen digitizing tablet

3.      Terminal , adalah gabungan dari keyboard dan layar monitor yang dapat menerima input data dan ditampilkan ke layar monitor. Ada tiga macam terminal, yaitu;
a.       Dumb terminal, adalah terminal yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan proses data, karena tidak memiliki unit control dan unit aritmatika/logika. Dumb terminal hanya bisa menerima data dari keyboard dan menampilkan informasi dari remote komputer yang terhubung dan sebaliknya. Contohnya adalah PC yang terhubung dengan AS 400, berfungsi sebagai dumb terminal.
b.      Smart terminal, sudah mampu melakukan proses pengolahan data.
c.       Intelligent terminal, terminal yang paling tinggi tingkat kecerdasanya.

4.      Optical reading device (scanner), adalah peralatan input yang dapat mentransformasikan data tecetak kedalam komputer secara langsung seperti gambar, tulisan dan lain-lain. Jenis-jenis scanner ;
a.         Optical character recognition (OCR), scanner ini akan mengenali karakter dari suatu dokumen tercetak.
b.         Optical mark reader, membaaca data dari bagian yang sudah diberi tanda pada kertas/form tertentu.
c.         Barcode reader, membaca data dari code-code tertentu yang tertera pada suatu produk.
d.        Handprint reader.
e.         Image scanner.
5.      Magneting reading device (MRD)
Membaca sumber data yang bersifat magnetic, jenis MRD antara lain;
a.              Magnetic ink character recognition (MICR), membaca tinta magnetic.
b.             Digital camera
6.      Voice and sound input
7.      Touch tone input device, mentransformasikan nada tekanan.
8.      Multimedia audio device, contoh ; televisi, video cassette recorder, video camera.

B.     PERALATAN PROSES (PROCESS DEVICE)
Alat pemroses adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukan melalui alat input dan hasilnya ditampilkan melalui alat output. Alat pemroses terdiri atas central processing unit (CPU) dan main memory.

1.      Central Processing Unit (CPU)
Merupakan bagian dari komputer yang mengeksekusi atau menjalankan instruksi-instruksi program dan memproses data sperti perhitungan. Program adalah rangkaian atau kumpulan instruksi yang bertujuan menjalankan tugas tertentu. CPU memilioki dua komponen utama yaitu;
a.       Control Unit (CU)
Bagian ini berfungsi untuk mengawasi dan mengatur aktivitas prosesor. Control unit diidentikan dengan bagian otak yang mengawasi dan mengatur seluruh kegiatan seperti bekerja, bermain, belajar dan sebagainya. Semua kegiatan yang dilakukan komputer dilaksanakan sesuai dengan instruksi yang diterima oleh control unit. Disini control unit hanya bertugas mengawasi saja, dan bukan sebagai otak dari komputer.
b.      Arithmatic Logic Unit (ALU)
Bagian ini berfungsi melakukan perhitungan operasi aritmatika dan logika. Operasi aritmatika yaitu melakukan perhitungan matematika, sedang operasi logika yaitu membandingkan suatu elemen informasi dengan yang lainya terdiri atas <, >, >=, <=, =, dan <>. 
Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa alat penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.
Register
Register merupakan tempat penampungan/penyimpanan sementara (temporary storage) yang ada di processor (bukan di memory utama). Register dapat menyimpan instruksi, alamat penyimpanan, atau jenis data lainya. Register dapat memindahkan data dan instruksi lebih cepat dibanding dengan memory utama dan juga dapat menyimpan instruksi yang akan diproses dan hasil proses tersebut. Register juga dapat membantu ALU dalam menjalankan operasi aritmatika dan logika.
Register harus memiliki ukuran yang cukup besar untuk menyimpan instruksi, contohnya untuk instruksi komputer dengan panjang 32 bit, register juga harus memiliki panjang minimal 32 bit.
Ada 4 tipe register yaitu;
·         Register penyimpanan (storage register)
Menyimpan data sementara yang dipindahkan dari memory dan menerima hasil proses yang akan dikirim ke memory.
·         Register alamat (address register)
Menyimpan alamat-alamat data yang akan digunakan untuk menjalankan instruksi.
·         Accumulator
Menyimpan hasil perhitungan aritmatika. Data kemudian dipindah ke memory atau register lain untuk diproses lebih lanjut.
·         General purpose register
Mampu menyimpan data, alamat, dan hasil perhitungan aritmatika.
           
Machine cycle (siklus mesin)
Proses dari suatu instruksi bahasa mesin disebut dengan siklus mesin (machine cycle). Siklus mesin terdiri dari tahapan proses yang dilakukan oleh mesin (CPU) dan bekerja sama dengan ALU dan memory.
Proses yang dilakukan ada 4 tahap yaitu;
Ø   Fetch, tahap pengambilan (membaca) instruksi dari memory.
Ø   Decode, menerjemahkan instruksi kedalam perintah yang dapat dimengerti oleh komputer
Ø   Execute, menjalankan/mengeksekusi perintah yang diterima.
Ø   Store, penyimpanan hasil proses ke memory.
Proses dari siklus mesin terdiri dari dua bgian utama yaitu, instruction cycle (I-Cycle) atau instruction time (I-Time) yang meliputi tahap fetch dan decode serta execution cycle (E-Cycle) yang meliputi tahap execute dan store.  Pada I-Cycle instruksi dipindahkan dari memory ke CPU dan dipahami oleh CPU. Selanjutnya pada bagian E-cycle perntah dari instruksi tersebut dijalankan.

Siklus Instruksi mesin
Kemampuan prosessor
Kecepatan merupakan salah satu alasan mengapa orang menggunakan teknnologi informasi. Komputer dapat melakukan jutaan hitungan perdetik secara konstan, akurat, dan reliabilitas. Terdapat tiga elemen yang mempengaruhi kecepatan sebuah komputer, yaitu
1.      System Clock
Sinkronisasi dari tugas atau kegiatan yang dikerjakan adalah dasar untuk meyakinkan bahwa kegiatan dilakukan secara teratur. Semua komputer memilioki system clock yaitu sebuah sirkuit yang menghasilkan pulsa elektronik dengan kecepatan yang tetap untuk mengsinkronisasi kegiatan proses. System clock diukur dengan satuan megahertz (1 Mhz = 1juta pulsa elektronik yang dihasilkan perdetik). Makin besar Mhz dalam system clock maka semakin tinggi kecepatan komputer
2.      Bus Width
Pada saat melakukan proses, secara internal terjadi pemindahan data didalam komputer. Lintasan dimana data dipindahkan disebut bus. Bus juga merupakan sirkuit elektronik. Terdapat dua jenis bus, yaitu;
a.       I/O bus, yaitu bus yang berfungsi mengatur dan menghubungkan perpindahan antara input output device (I/O device) dengan prosessor.
b.      Data bus yaitu bus yang mengatur dan menghubungkan perpindahan data antar processor dengan memori.

Lebar bus akan menentukan besarnya data yang dapat dipindahkan tiap waktu. Makin besar bus maka kecepatan perpindahan datanya akan makin cepat.
c.       Word Size (Ukuran Word)
Word adalah ukuran satuan yang menyatakan jumlah bit yang dapat diproses komputer tiap waktu, ukuran  word dapat dinyatakan dengan bit (binary digit). Misalnya word       1-Byte terdiri dari 8 bit, word 2 Byte terdiri dari 16 bit. Semakin besar ukuran word (word size), semakin cepat komputer dapat memproses data dan melakukan operasi aritmatika dan logika.






Blok diagram CPU (hubungan antar komponen CPU)
      Jenis-jenis proses
a.       Serial processing (mengerjakan proses satu persatu)
      b.      Parallel processing (mengerjakan proses secara sekaligus). Parallel terbagi  dua yakni;
      -          SIMD (single instruction multiple data), instruksi yang sama dikerjakan pada waktu yang bersamaan dan setiap prosessor beroprasi pada data yang berbeda.
      -          MIMD (multiple instruction multiple data) menjalankan instruksi berbeda dalam waktu yang bersamaan.
      c.       Pipeline processing, yakni penggabungan dari serial dan parallel processing. Proses memiliki 4 tahapan yaitu; pengambilan instruksi, penerjemahan instruksi, eksekusi dan penulisan kembali hasil.
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kecepatan processor.
§  Cache memory , penyimpanan sementara sehingga CPU dapat mengalkses langsung ke cache tanpa mengakses ke memory utama terlebih daulu.
§  Co-processor (chip tambahan mempercepat processor)
§  Accelerator board.
§  Increase chip denity and integration
§  RISC (reduced instruction set computing)
§  Parallel processor.

      Binary digit
  v  EBCDIC (extended binary coded decimal interchange code) menggunakan 8 bit.
  v  ASCII (American standard code for information interchange) menggunakan 7 bit.
  v  Unicode menggunakan 16 bit.
perbedaan primary storage dan secondary storage
Primary Storage
Secondary Storage
Penyimpanan data sementara
penyimpanan data permanen
Menyimpan data dalam keadaan komputer menyala
Mampu menyimpan data dalam keadaab komputer mati.
tidak dapat menyimpan aplikasi besar
Mampu menyimpan aplikasi yang besar

      C.    PERALATAN KELUARAN (OUTPUT DEVICE)
Adalah peralatan yang dapat menerjemahkan hasil pengolahan data ke user. Adapun jenis output adalah sebagai berikut;
      1.      Visual display (monitor)
      2.      Printer, berdasarkan alat cetaknya dapat digolongkan atas;
      a.       Impact printer
      ·         Dot matrix printer, mencetak dengan sistem dot (titik)
      ·         Chain printer, menggunakan rantai berisi karakter.
      ·         Band printer, pita besi berisi karakter.
      ·         Drum printer, karakter diletakan dipermukaan luar drum metal.

      b.      Non impact printer (tidak bersentuhan dengan kertas yang akan dicetak)
o   Inkjet printer, pipa penyemprot tinta.
o   Laser printer.
o   Thermal printer
o   Berdasarkan cara cetaknya, printer dibedakan atas;
o   Character printer, mencetak perkarakter tiap waktu.
o   Line printer, mencetak perbaris tiap waktu.
o   Page printer, mencetak perhalaman.

3.      Plotter, peralatan khusus pencetak gambar/grafik. Terdiri dari dua komponen yakni flatbed (badan plotter) dan drum (penggulung kertas yang besar)

D.    MEDIA PENYIMPANAN DATA (STORAGE)
      Merupakan media yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data informasi dalam bentuk informasi binary. Media penyimpanan terdiri atas dua jenis yaitu primary storage dan secondary storage.
      1.      Karakteristik Media Penyimpanan
a.       Kecepatan, waktu dibutuhkan untuk membaca dan menulis data, cost menningkat sejalan dengan meningkatnya kecepatan
      b.      Volatility, kemampuan menyimpan data ketika tidak ada sumber daya, untuk media yang tergolong volatile maka cost menurun seiring dengan meningkatnya volatility.
      c.       Metode akses, terdiri atas tiga jenis yakni;
      -          Serial access, proses penyimpanan dan memperoleh data dilakukan dengan urutan linear.
      -          Random access, metode akses tidak tergantung pada urutan tertentu.
-          Parallel access, metode akses dilakukan secara bersamaan terhadap lebih dari satu media penyimpanan.
      d.      Portability, kemampuan melakukan install atau memasang dan melepaskan media penyimpanan dari komputer.
      e.       Capacity, jumlah data maksimumyang mampu disimpan oleh suatu media penyimpanan.

      2.      Jenis-Jenis Media Penyimpanan
      a.       Primary storage, media penyimpanan yang langsung dapat diakses oleh CPU.
      -          RAM (random access memory) jenis memory yang dapat ditulis dan dapat dibaca, menimpan data sementara selama komputer menyala. Ada beberapa jenis RAM diantaranya; dynamic RAM (perlu penyegaran terus menerus), static RAM (penyimpanan data tetap sehingga tidak perlu penyegaran), EDORAM/extended data out RAM (menggunakan tipe SIMM/single in memory module yang memiliki 72 pin, SDRAM/ synchronous dynamic RAM (memiliki 168 pin)
      -          ROM (read only memory), dapat menyimpan data walaupun komputer dapat dimatikanb. Ada beberapa jenis ROM;  PROM/programmable ROM (data atau program hanya bisa diubah sekali), EPROM/erasable PROM (data dapat dihapus dengan sinar ultraviolet, dan EEPROM data dapat dihapus dan deprogram ulang.
-          Circuit board, yaitu papan memory yang tersusun dari beberapa sirkuit. Tipe circuit board ada dua; SIMM/single in-line memory (72 pin module, 7-16bit data) dan DIMM (dual in line memory (168 pin module, 32-72bit data).
-          Cache memory (flash RAM), memory penyimpanan data yang dapat menyimpan meski komputer dalam keadaan mati. Data dapat dihapus dan ditulis kembali melalui program khusus.
b.      Secondary storage (media penyimpanan yang berada diluar komponen komputer). Secondary storage terdiri atas ;
-          Magnetic storage; (magnetic tape dan magnetic disk) sedang jenisnya ada dua yakni hard disk dan floppy disk.
-          Optical storage (dari bahan metalik). Jenisnya terbagia atas;
·         CD (CD-ROM, CD-R, CD-RW, mini-CD)
·         DVD (single-sided 4.7 GB, double-sided  9.4 GB, single-sided double layer 9.4 GB, double-sided double layer 17 GB).  Berdasarkan formatnya DVD dapat digolongkan sebagai berikut; DVD-R, DVD+R, DVD+RW, DVD-RW, dan DVD-RAM.
      Dalam komputer terdapat juga saluran untuk berkomunikasi antara komputer dengan perlatan lainya. Saluran tersebut antara lainya;
·         Sistem bus, adalah alat penghubung bagi semua peralatan komputer.
·         PCI bus, digunakan sebagai perlatan tambahan pada komputer, komponennya menggunakan slot pada mainboard.
·         SCSI (small computer system interface), merupakan suatu teknologi penghubung untuk komponen eksternal pada komputer.
·         Port, standard penghubung antara komputer (mainboard) dengan perlatan tambahan pada masa tahun 1980-2000. Tahun berikutnya sudah menggunakan USB dan tidak menggunakan port lagi.
·         USB (universal serial bus) port, adalah pengembangan dari port serial. Kelebihan USB adalah pada kemudahan dalam melakukan koneksi devais ke komputer, sehingga banyak alat dapat dipasang secara plug and play.


2.2. PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
      Sebuah program komputer yang berisi sekumpulan instruksi yang dibuat dengan menggunakan bahasa khusus yang member perintah kepada komputer untuk melakukan berbagai pengoperasian terhadap data. Software juga termasuk data elektronik yang disimpan komputer. Pengolahan software melibatkan beberpa hal seperti sistem operasi, program, dan data.
A.      PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
      Era Pemula (Pioneer) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
Era Stabil, komputer sudah mulai digunakan secara luas terutama keperluan industry (bermunculanya perusahaan perangkat lunak). Pernagkat lunak sudah mampu menjalankan proses tidak hanya satu-persatu tetapi secara bersamaan (multy tasking) dan mampu menyelesaikan (multy user) dengan cepat. Mulai dikenal pula sistem basis data yang memisahkan program pemroses dengan data yang diproses.
 Era Mikro, pembedaan perangkat lunak menjadi dua yakni perangkat lunak sistem untuk menangani internal software dan aplikasi yang digunakan oleh user untuk keperluan tertentu dan keduanya mengaraj ke kecerdasan buatan.  
Era Modern, perkembangan perangkat lunak semakin pesat dan bukan lagi hanya ditujukan pada komputer tapi sudah ada pada peralatan elektronik untuk mengatur operasi peralatan itu dan selanjutnya mengarah ke konsep  yang pernah direncanakan Sun Microsystem (pembuat JAVA) yakni semua peralatan teersebut dapat terhubung ke suatu sistem untuk saling berkomunikasi dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.
B.       FUNGSI PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak memiliki beberapa fungsi diantaranya;
·         Menyiapkan aplikasi program komputer agar kerja seluruh peralatan terkontrol.
·         Mengidentifikasi program
·         Mengatur pekerjaan lebih efisien





C.    KATERGORI PERANGKAT LUNAK
Jenis-jenis perangkat lunak berdasarkan lisensi . Menurut Microsoft dalam “The Hallowen Document”,  terdapat beberapa jenis lisensi yang dapat digunakan untuk program komputer, yaitu:
·         Lisensi Commercial, adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada perangkat lunak seperti Microsoft dengan Windows dan Officenya, Lotus, Oracle dan lain sebagainya. Software yang diciptakan dengan lisensi ini memang dibuat untuk kepentingan komersial sehingga user yang ingin menggunakannya harus membeli atau mendapatkan izin penggunaan dari pemegang hak cipta.

·         Lisensi Trial Software, adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada software untuk keperluan demo dari sebuah software sebelum diluncurkan ke masyarakat atau biasanya sudah diluncurkan tetapi memiliki batas masa aktif. Lisensi ini mengizinkan pengguna untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan software tersebut secara bebas. Namun karena bersifat demo, seringkali software dengan lisensi ini tidak memiliki fungsi dan fasilitas selengkap versi komersialnya. Dan biasanya dibatasi oleh masa aktif tertentu.
·         Lisensi Non Commercial Use, biasanya diperuntukkan untuk kalangan pendidikan atau yayasan tertentu dibidang sosial. Sifatnya yang tidak komersial, biasanya gratis tetapi dengan batasan penggunaan tertentu.
·         Lisensi Shareware, mengizinkan pemakainya untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan tanpa harus meminta izin pemegang hak cipta. Berbeda dengan Trial Software, lisensi ini tidak dibatasi oleh batas waktu masa aktif dan memiliki fitur yang lengkap. Lisensi jenis ini biasanya ditemui pada software perusahaan kecil.
·         Lisensi Freeware, biasanya ditemui pada software yang bersifat mendukung, memberikan fasilitas tambahan atau memang free/gratis. Contoh yang bersifat mendukung antara lain adalah plug-in tambahan yang biasanya menempel pada software induk seperti Eye Candy yang menempel pada Adobe Photoshop.
·         Lisensi Royalty-Free Binaries, serupa dengan lisensi freeware, hanya saja produk yang ditawarkan adalah library yang berfungsi melengkapi software yang sudah ada dan bukan merupakan suatu software yang berdiri sendiri.
·         Lisensi Open Source, membebaskan usernya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah, dan meningkatkan kinerja software. Berbagai jenis lisensi open source berkembang sesuai dengan kebutuhan, misalnya GNU/GPL, The FreeBSD, The MPL. Jenis-jenis software yang memakai lisensi ini misalnya Linux, sendmail, apache dan FreeBSD.
      Secara umum perangkat lunak terbagi menjadi dua jenis, yaitu software sistem operasi dan software aplikasi. Sistem operasi merupakan software yang digunakan untuk mengoperasikan suatu komputer agar dapat digunakan, sedangkan aplikasi merupakan software yang dioperasikan untuk keperluan tertentu. Secara khusus software terbagi atas ;
1.      Perangkat Lunak Sistem Operasi
      Sistem operasi dijalankan pertama kali saat komputer dihidupkan, sistem operasi inilah yang mengatur proses, menerjemahkan masukan, mengatur proses internal, penggunaan memory, dan memberikan keluaran ke peraltan yang sesuai. Contoh sistem operasi antara lain DOS, Unix, Windows, IBM OS/2, Apple’s System 7, dan sebagainya.
Sistem operasi modern mempunyai komponensebagai  berikut:
      Kernel merupakan suatu software (kumpulan program) yang membentuk sistem dan memiliki tugas melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses hardware komputer secara aman dan terkendali. Karena akses terhadap hardware terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur agar kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian hardware tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai ”multiplexing”.
      File disini merupakan file-file yang dibentuk atau dijalankan oleh sistem operasi. File disini juga berarti sistem berkas dan file system yang dimiliki oleh suatu sistem operasi.
      karakteristik interface (tampilan) yang menjadi interaksi antar user dengan komputer :
-          Command Line Interface atau command line Interpreter (CLI) , CLI memberikan tampilan dalam mode teks ke user, dengan backgroud satu warna dan tampilan teks yang juga satu atau beberapa warna dasar.
-          Graphical User Interface (GUI), GUI memberikan tampilan yang lebih interaktif dan nyaman digunakan oleh user. Resolusi gambar dan jumlah warna yang dihasilkan juga lebih banyak, tergantung kemampuan Video Adapter yang dimiliki komputer.
      Pada prinsipnya sistem operasi merupakan kumpulan dari program routine dan procedure yang dibuat untuk memperkecil peranan pengguna komputer dalam sistem komputer dan memperbesar efisiensi sistem tersebut. Sistem operasi juga dapat didefinisikan sebagai perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara pemakai komputer dan perangkat keras. Berdasarkan jumlah pengguna dan program yang  dijalankan,sistem operasi dpt dikategorikan dengan :
      Single User – Single Tasking, Sistem Operasi hanya bisa digunakan oleh satu akun pengguna dan tidak bisa menjalankan banyak program secara bersamaan
      Multi User – Single Tasking, Sistem Operasi bisa digunakan oleh lebih dari satu akun pengguna namun tidak bisa menjalankan banyak program secara bersamaan.
      Single User – Multi Tasking, Sistem Operasi hanya bisa digunakan oleh satu akun pengguna namun bisa menjalankan banyak program secara bersamaan
      Multi User – Multi Tasking, Sistem Operasi bisa digunakan oleh lebih dari satu akun pengguna dan bisa menjalankan banyak program secara bersamaan.
Fungsi sistem operasi
·         Mengatur proses yang mencakup penyiapan, penjadwalan dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan.
·         Mengatur sumber daya yang berkaitan dengan pengendalian terhadap perangkat lunak sistem operasi atau perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan.
·         Mengatur data yaitu berupa pengendalian terhadap data masukan atau keluaran dan juga sebagai sarana untuk mengelola keamanan komputer.

Jenis sistem operasi
·         MS-Windows dan Linux untuk PC/Netbook
·         VMS untuk DEC
·         OS/2 untuk Apple Macintosh
·         SunOS untuk Sun Computers
·         Palm OS untuk PDA PalmPIlot.

2.        Perangkat Lunak Aplikasi
Aplikasi perangkat lunak memiliki jenis sebagai berikut;
·         Proprietary application software, software ini dibuat untuk kebutuhan bisnis.
·         Off the shelf application software, dapat dibeli atau disewa dari vendor yang membuat dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.
      Adapun contoh software aplikasi diantaranya sebagai berikut;
a.       Software aplikasi pengolah kata (word processing), software ini digunakan untuk mengetik naskah, surat, brosur, maupun dokumen lain.  Contoh program pengolah kata ini adalah Microsoft word, write open office, lotus word, Amipro, wordstar, notepad, dan sebagainya)
b.      Software aplikasi pengolah angka (spreadsheet), digunakan untuk pengolahan data angka berupa perhitungan, pembuatan table, grafik dan sebagainya. Contoh aplikasi ini adalah Microsoft Excel,  Lotus 123, Quattro Pro, Lotus Shympony, dan sebagainya.
c.       Software aplikasi grafis, aplikasi ini biasa digunakan untuk keperluan desain grafis, terutama untuk menggambar dan pengolahan gambar. Contoh aplikasi ini antara lain Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft Photodraw, dan sebagainya.
d.      Software pengolah data (database), software ini digunakan untuk mengorganisir dan memproses sekumpulan data. Dalam istilah komputer sering disebut (Database Management System), yaitu sistem yang berfungsi untuk mengelola atau me-manage data sehingga dapat bermanfaat. Contoh software ini antara lain MySQLFront, dBase dan sebagainya.
e.       Software multimedia, sering digunakan untuk keperluan terkait dengan audio dan video seperti keperluan presentasi, periklananm media elektronik, perfilm-an atau animasi dan lain-lain. Contoh aplikasi ini adalah Windows Media Player, iTunes, Real Player, Winamp, dan media presentasi (Microsoft Power Point, Lotus Freelance, Flash player) dan sebagainya.
f.       Software aplikasi internet, program yang berfungsi untuk keperluan akses ke internet. Contoh aplikasi ini adalah;
o    Web browser (internet explorer dan mozila firefox)
o    E-mail client , digunakan untuk membaca dan mengirim surat elektronik. (Outlook Express, Eudora, Netscape messager, dan sebagainya)
o    Chatting atau IRC (Internet Relay Chat), memungkinkan komunikasi anatara pengguna secara langsung melalui teks. Secara umum melakukan chatting adalah melalui ; 1) program bantu klien IRC, 2) fasilits web chatting dari situs, 3) program instant messanger.
o    File transfer protocol (FTP), umumnya digunakan sebagai sarana pendukung untuk pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet.
o    Remote login, aplikasi yang memungkinkan user untuk login kesebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet.
o    Remote desktop, adalah istilah untuk mewakili kejadian dimana sebuah PC atau perangkat komputer ada di lokasi tertentu diakses dan digunakan dari tenoat yang berbeda lokasi.

3.        Bahasa Pemrograman
      Adalah software yang digunakan eleh para programmer (pembuat program/software) untuk membuat atau menuliskan perintah atau program tertentu. Contoh software bahas pemrograman antara lain adalah;
·         Borland Delphi
·         Visual basic
·         C/ C++ atau C++ builder
·         Assembler
·         Java
·         PHP, ASP, Phyton, Perl, J2ME, (bahasa pemrograman berbasis web)
      Ada bebrapa kategori bahasa pemrograman anatara lain adalah;
a.       Bahasa Mesin (Machine Language)
      Merupakan bahasa yang terdiri dari kode-kode mesin dan hanya dapat diinterpretasikan langsung oleh mesin komputer. Bahasa ini merupakan level terendah dari bahasa pemrograman komputer dan disusun dalam bentuk binary digit (berupa 0 dan 1). Sekumpulan instruksi dalam bahasa ini dapat membentuk microcode. Meski begitu, bahasa ini memiliki kecepatan yang paling tinggi diantara bahasa pemrograman lain. Namun agak sulit mempelajari bahasa pemrograman ini karena sangat tidak user friendly.
Contohnya : AF 12 FF 11 10 12
100    100

b.      Bahasa Rakitan (Assembly Language)
      Merupakan pengemangan lebih lanjut dari bahasa mesin. Pada assembly tidak hanya mengenal 0 dan 1 namun ada beberapa symbol yang digunakan antara lain MOV, ADD (penjumlahan), SUB (pengurangan), MUL (perkalian), dan lain-lain. Pada bahasa rakitan memiliki program untuk debugging yaitu mencari kesalahan pada sebuah program yang dibuat. Contohnya adalah Turbo Assembler yang akan mencocokan Token dari awal sampai akhir dan dikodekan menjadi bahasa mesin. Berikut adalah contoh bahasa mesin untuk menuliskan ‘Hello World’

c.       Bahasa Procedural (Procedural Language)
Sebuah kalimat dalam bahasa procedural diterjemahkan dalam instruksi-instruksi bahasa mesin, karena itu membuat programmer lebih produktif. Bahasa pemrograman ini mengharuskan programmer menspesifikasikan langkah demi langkah, bagaimana komputer harus menyelesaikan sebuah tugas. Bahasa ini berorientasi pada bagaimana sebuah hasil diproses. Contoh : Cobol, Pascal, C, Fortran, QuickBasic.Contoh program sederhana bahasa Pascal:

d.      Bahasa Tidak Terprosedur (Nonprocedural Language)
Bahasa ini merupakan bahasa tingkat tinggi yang memperbolehkan user untuk mmenentukan hasil yang spesifik tanpa harus memiliki spesifik detail procedure yang dibutuhkan untuk mencapai suatu hasil. Keuntungan bahaasa ini adalah dapat digunakan oleh nonteknikal user dan biasanya didalam lingkungan aplikasi database sebagai bahasa query, pembuatan laporan, dan manipulasi data. Misalnya Informix, Oracle, SQL. Berikut contoh listing program Informix

e.       Bahasa Pemrograman Natural (Natural Language)
Bahasa generasi kelima dikenal sebaga bahasa cerdas. Translatornya menterjemahkan bahasa natural menjadi sebuah bentuk yang dapat dibaca oleh mesin yang benar-benar kompleks. Contohnya adalah Prolog. Berikut contoh listing program bahasa prolog;

f.       Bahasa Pemrograman Visual
Bahasa pemrograman yang digunakan di dalam lingkungan visual. Bahasa ini menggunakan mouse, icon, simmbol dilayar komputer atau pulldown menu sebagai GUI (graphical User Interface) sehingga pemrograman menjadi mudah dan lebih intuitif. Bahasa ini sangat popular dikalangan pengguna non teknikal, contohnya Borland Delphi, Visual Basic, C++, Vfoxpro, dan lain-lain.
Contoh listing visual basic;
g.      HTML (Hyper Text Markup Language)
Bahasa standar yang digunakan untuk pembuatan halaman web dengan hypertext dan informasi lain yang akan ditampilkan pada halaman web. Dokumen hypertext bisa berisi text, gambar, dan tipe informasi lain seperti data file, video, dan program executeable.

Listing (source) HTML
h.      Extensible Markup Language (XML)
            Bahasa ini di desain untuk memperbarui fungsionalitas web Document dengan menyediakan identifikasi informasi yang lebih fleksible dan adaptable. XML merupakan cara untuk menggambarkan data dengan tujuan utama untuk memfasilitasi kegiatan berbagi data antar sistem yang berbeda-beda khususnya sistem yang berhubungan dengan internet. Berikut adalah contoh dokumen XML;

i.        Virtual reality modeling language (VRML)
            Merupakan format file yang menggambarkan permodelan interaktif dan objek tiga dimensi yang dapat ditampilkan melalui web browser. Pada prinsipnya VRML sama dengan HTML, jika html adalah bahasa teks untuk web, VRML merupakan bahasa permodelan yang juga bisa diakses melalui internet. VRML bukan bahasa pemrograman tapi merupakan bahasa permodelan untuk simulasi. Viewer dapat langsung menjelajahi model secara visual.
j.        Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek
            Merupakan suatu program komputer yang dipandang sebagai kumpulan dari unit tunggal atau objek yang dapat melakukan aksi atau tindakan satu sama lain. Setiap bahasa pemrograman  yang berorientasi objek dapat menerima pesan, memproses data dan mengirim pesan kepada objek lain. Setiap objek dapat dipandang sebagai suatu mesin yang independent dengan tanggung jawab tertentu. Contohnya adalah Java dan C++
Contoh list program C++

      Piranti Lunak Perusahaan (Enterprise Software)
o   Streamlining organizational software, organisasi menginginkan paket program yang dibutuhkan organisasi yang dapat mendukung integrasi antara modul fungsional seperti sumber daya manusia, operasional, marketing dan lain-lain.
o   Middleware, adalah software yang didesain untuk menghubungkan applicarion module yang dikembangkan pada bahasa pemrograman yang berbeda dan dijalankan di platform yang berbeda baik di single machine atau over a network.
o   Organization wide application, enterprise software berisi program yang dapat mengatur operasi vital sebuah organisasi seperti; supply chain management, inventory replenishment, pemesanan, koordinasi, manajemen sumber daya, manufacturing, operasional, akunting dan manajemen keuangan.

4.      Alat Bantu (Utility)
Adalah unsur software yang berfungsi membantu pengoprasian mesin anatara lain mempersiapkan pemakaian media disk, membuat duplikat disk atau file, membuat proteksi atau menghapus proteksi suatu sistem software, memperbaiki file yang rusak, menguji kebenaran kerja komputer dan sebagainya. Contohnya; Norton Utilities, Disk Optimizer, Diagnostik Test, Sisift Sandra, PC Tools, Nero, Power Desk, Partition Magic, Luplink Gold, WinZip, PC Cillin, McAfee, Norton Anti Virus, Ghost, dan sebagainya.
Permasalahan software (software issues)
a.       Pemilihan dan penilaian software, dipengaruhi beberapa faktor;
·         Ukuran dan lokasi pengguna saat ni dan yang akan dating.
·         Tools sistem administrasi
·         Biaya awal dan selanjutnya.
·         Kemampuan sistem sekarang dan yang akan dating.
·         Lingkungan komputasi yang ada
·         Keahlian teknis yang ada.
b.      Lisensi software, adalah izin pengakuan hukum yang mengikat dalam suatu aktivitas.
c.       Software upgrades, para pemilik software akan merevisi program mereka dan menjual versi yang baru. Software tersebut akan memiliki kemampuan tambahan sekaligus bugs.
d.      Open system, memilki software yang kompetibel pada seluruh komputer berbeda yang akan berinteraksi satu dengan berbeda yang akan berinteraksi satu dengan yang lainya.
e.       Open source software, perangkat liunak yang dikembangkan secara bersama-sama tanpa koordinasi resmi, menggunakan kode program yang tersedia secara bebas serta didistribusikan melalui internet. contohnya: LINUX operating system, Open Office, GNU suit of software, nestcape, sendmail SMTP dan sebagainya.
2.3.BRAINWARE
Brainware computer adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan computer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoprasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware computer dan software computer. Tanpa adanya brainware, mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan.



            Dalam pemanfaatannya Brainware dibagi menjadi 4, yaitu :
o    System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan system yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan.
o    Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, pascal, ataupun Java. Programmer juga dapat dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang.
o    Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program – program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer. Jenis – Jenis administrator
              System administrator: yang bertangung jawab agar sistem informasi berjalan
              Nerwork administrator: bertanggung jawab pada jaringan
              Database administrator: bertanggung jawab pada aspek lingkungan database
              Forum administrator: yang mengatur forum online
4.   Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem computer yang sudah ada atau istilahnya hanya menggunakan aplikasi – aplikasi
keempat tingkatan di atas merupakan brainware/pengguna umum dari sebuah sistem computer walaupun dalam dunia IT masih banyak lagi brainware-brainware lainnya. Dari sekian banyak itu kami akan membahas beberapa diantaranya selain 4 tingkatan umum yang sudah kami bahas di atas.

5.        Profesi Di Bidang IT
a.      System Administrator
System administrator (dikenal juga sebagai admin, administrator, sysadmin, site admin, dll) merupakan profesi yang memiliki tugas untuk melakukan administrasi terhadap sistem, meakukan pemeliharaan sistem, memiliki kewenangan mengatur hak akses terhadap sisem, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah sistem. Administrator atau system administrator ini biasanya masuk ke dalam departemen atau divisi knologi dan informasi dalam struktur organisasi perusahaan.
Ruang lingkup kerja system administrator ini sangat bervariasi tergantung besarnya organisasi. Administrator dituntut untuk memelihara dan menyelesaikan permasalahan pada bidang TI yang dikuasai. Administrator sebelumnya sudah dipersenajtai oleh ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam bidang  teknologi informasi, khususnya dalam hal hal suppprting system, mulai dari pelacakan masalah (troubleshooting) hardware sampai dengan troubleshooting masalah software. Bahkan dalam profesinya, administrator juga memliki sertifikasi untuk spesialisasi tertentu.
Tugas system Administrator
      Merancang,  melakukan dan menjaga instalasi hardware dan software.
      Mendefinisikan dan mengidentifikasikan atribut yang digunakan oleh user.
      Melakukan dokumentasi konfigurasi sistem.
      Melakukan tuning kinerja sistem komputer.
      Menyakinkan infrastruktur dan jaringan komputer dalam keadaan baik.
      Melakukan backup dan restore.
      Menjawab masalah teknis dan memecahkan masalah.
      Melakukan audit software dan hardware.
      Mengidentifikasi ancaman dan tanggap terhadap isu yang berhubungan dengan sistem.
      Mengenalkan teknologi baru kepada user dalam sistem tengah digunakan.
b.       Backup Operator
Pada teknologi informasi, backup mengacu pada menyalin data, dimana data tersebut merupakan data salinan yang dapat di restore kembali apabila ada data yang hilang. Data salinan tersebut biasa disebut dengan backup. Backup berguna untuk dua tujuan utama. Pertama, untuk mengembalikan (restore) data yang mengalami kerusakan akibat bencana alam (misalkan banjir, gempa bumi dll). Kedua, untuk mengembalikan file setelah mengalami kesalahan menghapus atau korupsi data.
Kegunaan atau manfaat back up data yaitu kita masih mempunyai cadangan data dari data yang hilang/rusak/terhapus, baik yang disebabkan oleh kesalahan kita sendiri atau faktor lain di luar kemampuan kita, seperti: terkena virus, file rusak (tidak bisa dibuka), perangkat komputer error/bermasalah, mati listrik, bencana, dan lain sebagainya.
Dengan begitu cadangan data yang sudah kita simpan tersebut dapat kita gunakan kembali sebagai pengganti data yang telah hilang/rusak/terhapus tadi. Fungsi back up data lebih mengacu pada faktor keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan komputer.
Namun apakah backup operator itu? Backup operator adalah pengguna yang dapat membuat cadangan dan memulihkan komputer terlepas dari keamanan sistem file. Seorang anggota kelompok Backup Operator dapat mengekstrak file dan direktori yang pengguna biasanya tidak memiliki akses.
Seorang anggota kelompok Backup Operator dapat mengekstrak file dan direktori yang pengguna biasanya tidak memiliki akses. Keanggotaan dalam kelompok ini memungkinkan pengguna untuk membuka file apapun untuk tujuan cadangan, namun, setelah file telah dibuka untuk akses read dapat diarahkan oleh Backup Operator ke lokasi manapun. Secara default, pengguna yang diizinkan untuk cadangan dan mengembalikan file yang mereka memiliki file yang sesuai dan izin direktori tanpa memerlukan keanggotaan dalam kelompok Backup Operator. Suatu jenis kelompok lokal atau global yang berisi hak-hak pengguna Anda harus membuat cadangan dan memulihkan file dan folder. Anggota kelompok Operator Backup dapat cadangan dan memulihkan file dan folder terlepas dari kepemilikan, hak akses, enkripsi, atau pengaturan audit. Kelompok Backup Operator memungkinkan pengguna untuk membuat cadangan dan memulihkan file terlepas dari apakah mereka telah membaca atau menulis akses ke file . Karena kelompok ini memiliki seperangkat terbatas hak pengguna, beberapa fungsi yang tidak tersedia bagi anggota kelompok Backup  Operator. Berikut ini ikhtisar operasi klien yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh anggota dari Backup  Operator:
Ø  Dapat membuat cadangan dan memulihkan file
Ø  Dapat membuat cadangan sistem negara.
Ø  Dapat mengembalikan sistem negara. (Windows ® XP dan 2003 saja). Pada Windows Vista, Windows 7, dan Windows 2008, Anda harus menjadi anggota dari grup Administrator untuk mengembalikan keadaan sistem.
Ø  Dapat memulai TSM layanan Penjadwal
Ø  Tidak dapat memulai layanan lain (TSM Client Akseptor, TSM Agen Remote Client, dan TSM Journal Service)
Ø  Tidak dapat menginstal dan mengkonfigurasi layanan klien
Ø  Tidak dapat menggunakan dukungan file yang terbuka
Ø  Tidak dapat melakukan backup gambar dan mengembalikan operasi
Ø  Tidak dapat membuat cadangan dan mengembalikan saham file Windows

c.       Network Engineer
Network engineer bertanggungjawab untuk memasang dan mendukung komunikasi jaringan komputer dalam organisasi atau antar organisasi. Tujuannya adalah untuk memastikan operasi yang lancar dari jaringan komunikasi untuk menyediakan performance yang maksimum dan ketersediaan untuk user (staff, client, customer, supplier, dan lain-lain).
Network engineer bekerja secara internal sebagai bagian dari tim pendukung IT di organisasi atau secara eksternal sebagai bagian dari perusahaan konsultansi networking dengan beberapa client.
Pekerjaan ini terpengaruh oleh ukuran dan tipe dari organisasi yang mempekerjakannya. Aktivitas standar yang dilakukan oleh orang-orang berprofesi dibidang ini adalah:
·         Memasang, mendukung, memelihara server hardware dan infrastruktur software baru
·         Mengatur e-mail, anti spam, dan virus protection
·         Melakukan setting user account, izin dan password
·         Memonitor penggunaan jaringan
·         Memastikan cost-effective dan efisiensi penggunaan server
·         Mengusulkan dan menyediakan solusi IT untuk masalah bisnis dan manajemen
·         Memastikan semua peralatan IT memenuhi standar industri
·         Menganalisa dan menyelesaikan kesalahan, mulai dari major system crash sampai kelupaan password
·         Mengerjakan rutin preventative measures dan mengimplementasikan dan memonitor keamanan jaringan, jika jaringan terkoneksi ke internet
·         Menyediakan pelatihan dan dukungan teknis untuk user dengan bermacam tingkat pengetahuan IT dan kompetensi
·         Mengawasi staff lain, seperti help desk technician
·         Bekerja dekat dengan departemen/organisasi lain dan berkolaborasi dengan staff IT lain
·         Merencanakan dan mengimplementasikan pengembangan IT untuk masa mendatang dan menjalankan kerja proyek
·         Mengelola website dan memelihara jaringan internal
·         Memonitor penggunaan web oleh para pekerja

Kemampuan Network Engineer
Orang-orang yang ingin berprofesi di bidang ini harus memiliki kemampuan sebagai berikut:
Ø  Pengetahuan yang up to date dan memahami kebutuhan bisnis dan industri
Ø  Kemampuan komunikasi yang baik sekali
Ø  Mampu untuk menerima bermacam tugas dan memperhatikan detail
Ø  Kemampuan analytical dan problem-solving
Ø  Kemampuan teamwork dan mampu untuk merasa nyaman bekerja dengan tim, client dan grup staff yang berbeda antar organisasi
Ø  Kemampuan organisasional

d.      System Analis
Sistem Analis Adalah satu orang atau lebih yang menggunakan pengetahuan aplikasi komputer yang dimilikinya untuk memecahkan masalah-masalah bisnis, dibawah petunjuk manajer sistem Satu orang atau lebih yang bertanggung jawab menterjemahkan kebutuhan-kebutuhan sepemakai sistem (user) kedalam spesifikasi teknik yang diperlukan oleh programmer dan diawasi oleh manajemen.
Kemampuan yang dimiliki Sistem Analis
      Memahami organisasi.
      Keahlian memecahkan masalah.
      Pemahaman sistem, untuk melihat organisasi dan sistem informasi sebagai sebuah sistem.
      Memahami potensi dan limitasi dari suatu teknologi.
Fungsi Sistem Analis
      Mengidentifikasikan masalah-masalah dari pemakai/ user.
      Menyatakan secara spesifikasi sasaran yang harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan user dan memilih alternatif-alternatif metode pemecahan masalah.
      Merencanakan dan menerapkan rancangan sistemnya sesuai dengan permintaan user
Tugas Umum Sistem Analys
      Mengumpulkan dan menganalisis formulir, dokumen, file yang berkaitan dengan sistem yang berjalan kemudian menyusun dan  menyajikan laporan perbaikan (rekomendasi) dari sistem yang berjalan  kepada user
      Merancang suatu sistem perbaikan dan mengidentifikasikan aplikasi-aplikasi untuk penerapan pada komputer  dan menganalisis dan menuyusun biaya-biaya dan keuntungan dari sistem yang baru.
      Mengawasi semua kegiatan dalam penerapan sistem yang baru






























BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dari pemaparan yang telah kami jelaskan melalui bab sebelumnya, maka kami ambil kesimpulan bahwa: Sistem komputer adalah  elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengolah data menjadi informasi.Komponen-komponen dalam sistem komputer terbagi menjadi tiga bagian yang saling terkait/tidak bisa terpisahkan, yaitu:

1.    Hardware
•    Input Device
•    Process Device
•    Output Device
•    Storage Device
2.    Software
•    Sistem Operasi (Operating System)
•    Bahasa Pemrograman (Program Language)
•    Program Paket (Program Application)
3.    Brainware
•    Administrator
•    Operator
•    Programer
•    System Analyst

B.SARAN
Makalah ini masih memiliki berbagai jenis kekurangan olehnya itu kritik yang sifatnya membangun sangkat kami harapkan.









DAFTAR PUSTAKA

sutarman.2009. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: BUMI AKSARA

Tidak ada komentar: