do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 18 Februari 2016

Makalah Tanda-tanda Kehamilan (Endha Blogspot)



Makalah Tanda-tanda Kehamilan (Endha Blogspot)
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Kehamilan merupakan suatu hal yang pasti terjadi atau merupakan suatu proses dimana sepasang suami istri setelah melakukan hubungan. Akan tetapi di sini akan dibahas masalah tanda-tanda kehamilan yang terjadi atau yang biasa terjadi yang pernah dialami oleh ibu-ibu hamil.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah yang kami angkat yaitu tanda-tanda kehamilan pada trimester I (kehamilan awal)

1.3 TUJUAN
a. Mengetahui apa tanda-tanda kehamilan
b. Mengetahui apa pengertian dari tanda-tanda kehamilan yang biasa terjadi

1.4 MANFAAT
1. Bagi Mahasiswa
Makalah ini diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan mahasiswa, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam memberikan asuhan kebidanan.

2. Bagi Petugas Kesehatan
Makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi petugas kesehatan khususnya bidan dalam memberikan asuhan kebidanan.

BAB II
PEMBAHASAN
A. TANDA-TANDA KEHAMILAN
Sebagai seorang ibu atau calon ibu, kita harus mengetahui apa saja tanda-tanda kehamilan yang terjadi pada kehamilan awal.
Dari beberapa buku/ sumber menyebutkan ada 10 tanda kehamilan yang biasa terjadi pada kehamilan awal. Tanda-tanda tersebut yaitu:
1.Payudara terasa ‘membengkak’ dan sedikit nyeri
Salah satu tanda awal dari kehamilan adalah rasa nyeri/sensitive pada payudara bila disentuh. Ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon dalam tubuh. Rasanya mungkin lebih sakit dari yang anda biasa alami sebelum menstruasi. Rasa tidak nyaman ini akan berkurang setelah trimester pertama, seiring tubuh menyesuaikan dengan perubahan hormon.
2. Cepat letih
Merasa sangat lelah secara tiba-tiba? Tidak ada yang tahu secara pasti apa yang menyebabkan kelelahan pada awal kehamilan. Tapi ada kemungkinan terjadinya peningkatan kadar hormon progesteron yang menyebabkan anda mengantuk.
Anda akan merasa lebih berenergi setelah anda menginjak trimester kedua. Walaupun rasa lelah biasanya kembali datang pada bulan-bulan akhir kehamilan ketika anda membawa beban lebih berat dan ketidaknyamanan juga biasa terjadi pada masa kehamilan yang membuat anda susah untuk tidur dengan nyenyak.
3. Perdarahan/flek
Beberapa wanita mengalami sedikit perdarahan sekitar 11 – 12 hari setelah terjadi pembuahan (dekat waktu anda terlambat datang bulan). Perdarahan ini mungkin disebabkan oleh sel telur yang telah dibuahi masuk kedalam lapisan yang kaya akan darah di uterus anda. Proses ini dimulai 6 hari setelah pembuahan, tetapi tidak ada seorangpun yang tahu dengan pasti.
Perdarahannya tidak banyak (tampak seperti noda merah, pink atau agak kecoklatan) dan berakhir dalam 1 – 2 hari (SEGERA beritahu dokter anda bila anda mengalami perdarahan, apalagi bila itu diikuti rasa sakit karena ini bisa merupakan tanda dari kehamilan ectopic (biasa disebut hamil di luar kandungan).
4. Mual dan Muntah
Kalau anda seperti wanita pada umumnya, morning sickness tidak muncul sampai 1 bulan setelah pembuahan. (beberapa yang beruntung tidak mengalaminya sama sekali) Tetapi beberapa wanita merasa mual lebih awal. Dan itu tidak hanya pagi hari, kehamilan dengan mual dan muntah dapat terjadi pagi, siang atau malam.
Kira-kira 50% wanita hamil tetap merasakan mual-mual sampai pada awal trimester kedua. Dan sebagian lagi yang lain perlu beberapa bulan sampai rasa mualnya benar-benar hilang.
5. Meningkatnya sensitifitas terhadap bau
Kalau anda pertama kali hamil, tidak aneh kalau anda menghindari bau kopi atau aroma lain yang menyengat. Walaupun tidak ada yang tahu secara pasti, ini mungkin terjadi akibat dari meningkatnya kadar estrogen di tubuh anda. Anda juga mungkin akan menemukan beberapa makanan yang biasanya anda suka tiba-tiba jadi ‘aneh’ rasanya.
6. Perut Kembung
Perubahan hormonal pada awal kehamilan dapat membuat anda merasa kembung, sama seperti pada beberapa wanita sebelum datang bulan. Itu sebabnya baju anda terasa sesak dari biasanya di bagian pinggang, walaupun kandungan anda masih kecil.
7. Sering Buang Air Kecil
Segera setelah anda hamil, anda akan menyadari bahwa anda jadi rajin ke kamar mandi. Kenapa ya? Ini terjadi kebanyakan karena selama kehamilan jumlah darah dan cairan tubuh meningkat sehingga cairan yang diproses di ginjal juga meningkat dan akhirnya ke kantung kencing anda.
Gejala ini biasanya muncul awal minggu ke-6 sampai trimester pertama dan jadi lebih sering seiring proses kehamilan dan pertumbuhan bayi yang semakin menekan kantung kencing anda.
8. Terlambat Datang Bulan
Jika anda biasanya menstruasi secara cukup teratur dan bulan ini anda ‘terlambat’, anda bisa mencoba test kehamilan walaupun anda belum merasakan ada tanda-tanda kehamilan seperti yang saya sebutkan tadi. Tetapi jika menstruasi anda tidak teratur atau anda tidak terlalu memperhatikan siklusnya, rasa mual-mual, payudara yang terasa mengencang dan lebih sering ke kamar kecil bisa menandakan kehamilan sebelum anda menyadari bahwa mens anda terlambat.
9. Suhu tubuh naik
Jika anda sering mengukur suhu tubuh anda dan anda melihat bahwa suhu tubuh anda tetap naik selama 18 hari, anda mungkin hamil.
Dan akhirnya…..
10. Pembuktian: Hasil test kehamilan di rumah
Biasanya anda bisa melihat tanda positif atau tidaknya kehamilan anda pada alat testpack, tetapi ada testpack yang tidak cukup sensitive membaca tanda kehamilan sampai kurang lebih seminggu setelah terlambatnya dating bulan. Jadi jika anda memutuskan untuk melakukan tes lebih awal dan hasilnya negative, coba lagi beberapa hari berikutnya. Jika anda ‘akhirnya’ menemukan hasilnya positif, periksalah ke dokter kandungan.

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwasannya sebagai seorang perawat kita harus memberikan arahan yang signifikan kepada pasien kita mengenai tanda-tanda kehamilan dini/ kehamilan awal. Dan sebagai seorang ibu atau calon ibu juga harus paham mengenai tanda-tanda kehamilan
B. Saran
Mungkin ini saja kelompok kami bisa sajikan, kelebihan dan kekurangannya kami haturkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan kepada Allah SWT kami mohon ampun. Dan kepada teman-teman sekalian kritik dan saran yang membangun sangat kami butuhkan untuk bisa menjadi lebih baik lagi dalam penyusunan makalah berikutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Http//: Ibu dan bayi.com
Http://Lusa_Blogspot.proses dan kasus kehamilan.com

Posting Komentar