do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 25 Februari 2016

PIDATO DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP PERKEMBANGAN GENERASI MUDA



 TERHADAP PERKEMBANGAN GENERASI MUDA

Assalamualaikum wr. Wb

Bapak/Ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman yang saya banggakan. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang senantiasa memberikan rahmatnya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul dengan keadaan sehat pada hari ini.
Adapun Judul Pidato saya adalah Dampak Teknologi Terhadap Perkembangan Generasi Muda.   Hadirin yang saya banggakan. Kita ketahui bahwa dewasa ini perkembangan teknologi sangatlah pesat. Apalagi perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi. Sebagai contoh, internet, internet telah menjadi sumber informasi yang banyak diminati oleh masyarakat umum. Bahkan kini internet telah merambah hingga ke pelosok negeri. Internet juga dapat menjadi media pendukung pembelajaran apabila dimanfaatkan dengan baik.
Selain itu mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gadget. Dan bahkan gadget telah digunakan oleh hampir semua kalangan di dunia ini. Dari yang tua hingga yang muda, dari pejabat hingga pelajar, dari plosok hingga kota, mereka sudah tidak asing lagi dengan gadget,bahkan mungkin sebagian besar dari mereka memilikinya.
Untuk kali ini saya akan membahas pengaruh kemajuan teknologi bagi remaja. Remaja yang dalam hal ini pelajar, pasti merasa sangat memerlukan informasi dari berbagai sumber. Salah satunya internet. Apalagi dengan adanya kemajuan teknologi informasi, kini guru mulai memberikan tugas-tugas yang dapat dikerjakan  dengan bantuan internet, atau guru juga dapat memberikan tugas yang harus dikumpulkan dalam ketikan rapi. Terkadang ada juga guru yang menyuruh anak didiknya untuk mengumpulkan tugasnya melalui email. Ini termasuk dampak positif dari adanya kemajuan teknologi. Selain itu ada juga dampak positif lainnya. Misalnya menurut artikel yang saya baca, dampak positif lainnya yaitu;. Remaja dapat belajar beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan memperluas  pertemanan berkat situs jejaring social meskipun sebagian besar diantara mereka tidak pernah bertemu secara langsung dengan orang yang mereka kenal di situs jejaring sosial tersebut. Gadget juga mempermudah kita untuk menyelesaikan tugas-tugas secara cepat, dan dapat digunakan sebagai media berbisnis secara online. Dan kita bisa mengikuti perkembangan zaman dalam era globalisasi ini, sehigga kita tidak menjadi gaptek ( gagap teknologi).  
Namun dibalik dampak positif pasti ada dampak negatifnya. Maka dari itu menurut informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber beberapa dampak negatif dari kemajuan teknologi ini, yaitu, gadget dapat menyebabkan unsocial condition, dimana seorang remaja tidak mau bermain bersama teman maupun lingkungan sekitarnya. Remaja dapat mengurung diri karena asik dengan segala aplikasi permainan di dalamnya, remaja juga susah untuk berkreatif serta menjadi malas belajar dan berkomunikasi di dunia nyata. Serta masih ada banyak dampak negatif lainnya.
Jadi kesimpulannya walaupun kemajuan teknologi sangat bermanfaat bagi kita, namun apabila disalah gunakan, atau penggunaannya berlebihan juga dapat menimbulkan hal negatif. Jadi gunakan dan manfaatkanlah kemajuan teknologi ini dengan bijak dan sebaik-baiknya.

Demikian pidato dari saya,semoga bermanfaat bagi kita semua,dan apabila ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Poskan Komentar