do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 25 Februari 2016

makalah jenis jenis olahraga

BAB 1
PENDAHULUAN


A.      LATAR BELAKANG
Pendidikan jasmani merupakan bagian penting dari proses pendidikan. Artinya, penjas bukan hanya dekorasi atau ornamen yang ditempel pada program sekolah sebagai alat untuk membuat anak sibuk. Tetapi penjas adalah bagian penting dari pendidikan. Melalui penjas yang diarahkan dengan baik, anak-anak akan mengembangkan keterampilan yang berguna bagi pengisian waktu senggang, terlibat dalam aktivitas yang kondusif untuk mengembangkan hidup sehat, berkembang secara sosial, dan menyumbang pada kesehatan fisik dan mentalnya.
Pendidikan jasmani merupakan wahana pendidikan, yang memberikan kesempatan bagi anak untuk mempelajari hal-hal yang penting. Oleh karena itu, pelajaran penjas tidak kalah penting dibandingkan dengan pelajaran lain seperti; Matematika, Bahasa, IPS dan IPA, dan lain-lain.

B.       TUJUAN
Untuk mengetahui jenis-jenis olahraga





















BAB II
PEMBAHASAN


JENIS-JENIS OLAHRAGA
1.     Sepak bola 
http://2.bp.blogspot.com/-oRGQ8yOgttY/Umuo9jOBysI/AAAAAAAAAEQ/BV3b_keJgTk/s320/olah+1.jpg
Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia.[1][2][3][4] Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis.
Secara umum, hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah gawangnya, sedangkan 10 (sepuluh) pemain lainnya diijinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola. Tim yang mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan adalah pemenangnya. Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu maupun adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kejuaraan.  Peraturan pertandingan secara umum diperbarui setiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional (FIFA), yang juga menyelenggarakan Piala Dunia setiap empat tahun sekali.
2.     Bola basket

http://3.bp.blogspot.com/-lwOAQwok68A/Umupco-GaJI/AAAAAAAAAEY/YeoScUiCENM/s320/olah+2.jpg
              Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut.

 Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, antara lain diAmerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania, dan juga di Indonesia.

3.     Bola voli
http://1.bp.blogspot.com/-wpAx545yuq0/Umup_lJg77I/AAAAAAAAAEg/bL4tTRD4swQ/s320/olah+3.jpg
                     Bola VOli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga Bola Voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball)sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia di naungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).
4.     Bulu tangkis atau badminton   
http://1.bp.blogspot.com/-QwIMHI7WB-Q/UmuqbL3MhjI/AAAAAAAAAEo/_Qp4_24z65U/s320/olah+4.jpg

             Bulu tangkis atau badmintonadalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.
Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.
5.     Tenis
http://1.bp.blogspot.com/-SUHKQ08DpDQ/UmuqtAvwIqI/AAAAAAAAAEw/_tdgo7_NbJA/s320/olah+5.jpg
                Tenis  adalah olahraga yang biasanya dimainkan antara dua pemain atau antara dua pasangan masing-masing dua pemain. Setiap pemain menggunakan raket untuk memukul bola karet. Tenis adalah salah satu cabang olahraga Olimpiade dan dimainkan pada semua tingkat masyarakat di segala usia. Olahraga ini dapat dimainkan oleh siapa saja, termasuk orang-orang yang duduk di kursi roda.
Permainan tenis modern berasal dari BirminghamInggris pada akhir abad ke-19 sebagai "tenis rumput" yang memiliki hubungan dekat ke berbagai lapangan / rumput game serta untuk permainan tenis kuno nyata.
6.     Tenis meja, atau ping pong 

http://4.bp.blogspot.com/-ulFTra1Ckqk/UmurGZ3L7DI/AAAAAAAAAFA/vTvVXUXv2p8/s320/olah+6.jpghttp://4.bp.blogspot.com/-Cyh2dI6Mv1o/UmurBntVrXI/AAAAAAAAAE4/SpCGLv4tCWU/s200/olah+6,.png
                    Tenis meja  adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Di Republik Rakyat Cina, nama resmi olahraga ini ialah "bola ping pong" (Tionghoa ; Pinyin : pīngpāng qiú). Permainan ini menggunakan raket yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet yang biasa disebut bet, sebuah bola pingpong dan lapangan permainan yang berbentuk meja. Induk Olahraga tenis meja di Indonesia adalah PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia)  dan di dunia adalah ITTF (International Table Tennis Federation) yang anggotanya mencapai 217 negara dan PTMSI tercatat sebagai Anggota ITTF sejak tahun 1961. 

7.   Taekwondo / ˌ taɪ ˌ kwɒndoʊ / ( Korea 태권도 (跆拳道) [ t ʰ ɛk ͈ wʌndo ] )
http://2.bp.blogspot.com/-wyAz9ix2VcA/UmurkwtQ1YI/AAAAAAAAAFM/Uchgq88MQHo/s320/olah+7.jpg
                   Taekwondo adalah seni bela diri Korea. Ini menggabungkan tempur dan teknik pertahanan diri dengan sportand latihan . Gyeorugi  , sejenis sparring , telah menjadi acara Olimpiade sejak tahun 2000 . Taekwondo dikembangkan oleh berbagai master Korea selama 1940-an sebagai kombinasi parsial taekkyeon , karate Okinawa dan tradisi lainnya . Nama taekwondo diciptakan oleh Choi Hong Hi yang diklaim sebagai pendiri dan pencipta taekwondo oleh Federasi Taekwondo Internasional . [ 1] Federasi Taekwondo Dunia mengklaim bahwa pembangunan taekwondo adalah upaya kolaborasi . [ 2 ] Ada dua cabang utama perkembangan taekwondo , meskipun mereka tidak saling eksklusif .                     
                Tradisional taekwondo biasanya mengacu pada seni bela diri seperti yang didirikan pada 1950-an dan 1960-an di militer Korea Selatan , dan di berbagai organisasi sipil , termasuk sekolah dan universitas . Secara khusus , nama dan simbolisme pola tradisional sering merujuk kepada unsur sejarah ofKorean , budaya dan filosofi agama . Tradisional Taekwon-Do dapat merujuk ke International Taekwon - Do Federation .
                 Olahraga taekwondo telah berkembang dalam beberapa dekade sejak 1950-an dan mungkin memiliki fokus yang agak berbeda , terutama dalam hal penekanan pada kecepatan dan persaingan (seperti dalam perdebatan Olimpiade ) . Olahraga taekwondo pada gilirannya dibagi menjadi dua gaya utama. Satu gaya dipraktekkan oleh International Taekwon-Do pengikut dan diciptakan pada tahun 1955 oleh Choi Hong Hi . Gaya lainnya berasal dari Kukkiwon , sumber dari sistem sparring sihap gyeorugi . Gaya ini kini acara di Olimpiade musim panas dan diatur oleh World Taekwondo Federation ( WTF ) . The Kukkiwon - atau World Taekwondo Headquarters - adalah pusat tradisional untuk WTF taekwondo dan didirikan pada tahun 1973 oleh Dr Kim Un Yong .

               Meskipun ada doktrin dan teknis perbedaan antara perdebatan dalam dua gaya utama dan di antara berbagai organisasi , seni pada umumnya menekankan tendangan dan punch terlempar dari suatu sikap bergerak . Pelatihan Taekwondo umumnya mencakup sistem blok , tendangan , pukulan , dan terbuka tangan pemogokan dan juga dapat mencakup berbagai mengambil - downs atau menyapu , melempar, dan kunci bersama. Titik-titik tekanan , yang dikenal sebagai jiapsul , digunakan serta meraih teknik pertahanan diri yang dipinjam dari seni bela diri lainnya , seperti judo Jepang , atau Korea Hapkido , atau gulat Korea atau Ssireum .
              Dalam bahasa Korea , tae ( ,) berarti " untuk menyerang atau menghancurkan dengan kaki "; kwon ( ,) berarti " untuk menyerang atau menghancurkan dengan tinju " , dan lakukan ( ,) berarti "jalan " , " metode " , atau " jalan " . Dengan demikian , taekwondo mungkin longgar diterjemahkan sebagai " jalan kaki dan tangan . " [ 3 ] Nama taekwondo juga ditulis sebagai Taekwon-Do , tae kwon -do atau tae kwon do oleh berbagai organisasi .

8.     Silat 

http://3.bp.blogspot.com/-iXI6BpsfAzU/UmusC67ivBI/AAAAAAAAAFU/oFEdKCyoTao/s320/olah+8.jpg
                       Silat  adalah kata kolektif untuk seni bela diri asli dari wilayah geo - budaya Asia Tenggara meliputi sebagian besar dari Nusantara dan Malay Archipelago , serta seluruh Semenanjung Melayu . Awalnya dikembangkan dalam apa yang sekarang Indonesia , Semenanjung Malaysia , Thailand selatan , dan Singapura , juga secara tradisional dipraktekkan di Brunei , Vietnam dan Filipina Selatan . Ada ratusan gaya yang berbeda tetapi mereka cenderung untuk fokus baik pada pemogokan , manipulasi sendi , melempar, persenjataan berbilah , atau beberapa kombinasinya . Silat merupakan salah satu olahraga yang termasuk dalam SEA Games dan kompetisi seluruh wilayah lainnya . Ruang pelatihan diawasi oleh organisasi nasional yang terpisah di masing-masing negara utama seni dipraktekkan . Ini adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia ( IPSI ) dari Indonesia , Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia ( PESAKA ) dari Malaysia , Persekutuan Silat Brunei Darussalam ( PERSIB ) dari Brunei dan Persekutuan Silat Singapura ( persisi ) dari Singapura . Praktisi disebut pesilat . Sementara silat kata digunakan oleh penutur Melayu - seluruh Asia Tenggara , seni lebih sering disebut pencak silat dalam bahasa Indonesia modern . Sistem yang dibuat di daratan Asia Tenggara dikelompokkan dalam kategori silat Melayu , mengacu pada Semenanjung Melayu . Yang tertua dari berasal dari apa yang sekarang utara Malaysia, Thailand dan Vietnam Selatan . Silat sebagai dipraktekkan di Brunei juga dikelompokkan dalam kategori yang sama untuk alasan bersejarah. Secara umum, silat Melayu ditandai dengan posisi tangan tetap dan saat ini sering dianggap sebagai tarian seperti lambat seni di kalangan non - praktisi . 
        Di Indonesia , pencak silat menampilkan keragaman yang lebih besar dan penggunaan dari tendangan tinggi , melompat dan manuver tangkas relatif lebih dikenal di kalangan masyarakat . Sementara generalisasi ini tidak selalu mencerminkan realitas teknik silat , itu memiliki pengaruh penting pada stereotip cara silat digambarkan di Malaysia dan Singapura .

9.     Renang
http://3.bp.blogspot.com/-V43Ww9G3tcs/UmusXVmx9aI/AAAAAAAAAFc/S6duAvvCEKQ/s320/olah+9.jpg
            Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenangGaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebasgaya kupu-kupugaya punggung, dan gaya dada. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal, dan pemenang semifinal maju ke babak final.
Bersama-sama dengan loncat indahrenang indahrenang perairan terbuka, dan polo air, peraturan perlombaan renang ditetapkan oleh badan dunia bernama Federasi Renang Internasional (FINA). Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) adalah induk organisasi cabang olahraga renang diIndonesia.

10.  Atletik 
http://1.bp.blogspot.com/-4I9eSuBYnKU/Umus4zIDgQI/AAAAAAAAAF0/8WI_W0CstGY/s320/olah+10.jpg
                   Ateletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi larilempar, dan lompat. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "athlon" yang berarti "kontes". Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). 
Atletik adalah event asli dari Olimpiade pertama ditahun 776 sebelum Masehi dimana satu-satunya event adalah perlombaan lari atau stade. Ada beberapa “Games” yang digelar selama era klasik Eropa: Panhellenik Games The Pythian Game (dimulai 6 Sebelum Masehi) digelar di Argolid setiap dua tahun. The Isthmian Game (dimulai 523 Sebelum Masehi) digelar di Isthmus dariCorinth setiap dua tahun. The Roman Games Berasal dari akar Yunani murni, Roman game memakai perlombaan lari dan melempar. Bukannya berlomba kereta kuda dan bergulat seperti di Yunani, olahraga Etruscan memakai pertempuran galiatoral, yang juga sama-sama 527 Sebelum Masehi digelar di Delphi tiap empat tahun. The Nemean Games (dimulai 51 memakai panggung). Masyarakat lain menggemari kontes atletik, seperti bangsa Kelt, Teutonik, dan Goth yang juga digemari orang Roma. Tetapi, olahraga ini sering dihubungkan dengan pelatihan tempur. Di masa abad pertengahan anak seorang bangsawan akan dilatih dalam berlari, bertarung dan bergulat dan tambahan berkuda, memanah dan pelatihan senjata. Kontes antar rival dan sahabat sangat umum di arena resmi maupun tidak resmi.
11.  Senam lantai 

http://1.bp.blogspot.com/-JZr8HIvcjaE/Umusp39bjoI/AAAAAAAAAFs/u-8VyMFOcZg/s1600/olah+11%252C.jpg

http://4.bp.blogspot.com/-0ZNqrTeZMaU/UmusqHnbfRI/AAAAAAAAAFw/pq1hHHMl3lU/s320/olah+11.jpg
                       Senam Lantai  adalah salah satu bagian dari rumpun senam. Sesuai dengan istilahnya, maka gerakan-gerakan senam dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras atau permadani. Senam lantai sering juga di sebut dengan senam bebas, sebab pada waktu melakukan gerakan tidak membawa alat atau menggunakan alat. Senam lantai menggunakan area yang berukuran 12 X 12 m dan dapat ditambahkan matras sekeliling area selebar 1 meter untuk menjaga keamanan pesenam yang baru melakukan latihan atau rangkaian gerakan. 
               Unsur-unsur gerakannya terdiri mengguling, melompat berputar di udara, menumpu dengan dua tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang pada waktu melompat ke depan atau ke belakang. Bentuk gerakannya merupakan gerakan dasar senam perkakas, bentuk latihannya pada putera maupun puteri pada dasarnya adalah sama, hanya untuk puteri dimasukkan unsur-unsur gerakan balet.[1]

12.  Catur 

http://2.bp.blogspot.com/-4hk9_148IWw/Umutbq5YbcI/AAAAAAAAAF8/FQCE_HK8Tvk/s320/olah+12.jpg
             Catur adalah permainan pikiran yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.

13.  Baseball
http://2.bp.blogspot.com/-B4AuGOmBgAU/UmuuAKj85kI/AAAAAAAAAGE/JoxZbwwUlRk/s320/olah+13,.jpg
         Baseball  adalah olahraga team work atau kerjasama team. Jumlah pemain dalam baseball adalah 15 orang,terdiri dari 9 yg bermain dan 6 cadangan. pertandingannya dilakukan 9 inning.Cara mendapatkan poin nya harus melewati base 1sampai base home,jika sampai base 1 atau 2 atau 3 saja tidak dapat poin. Basebal itu olahraga menyenangkan dan santai, kalo sedang menyerang hanya memukul dan berlari,dan yg bertahan 9 orang didalam lapangan.
                    Baseball, olahraga Nasional Amerika yang dipuja2 dan dianggap merupakan harta             kekayaan AS, ternyata dimainkan pertama kali di Inggris, demikian penemuan                         terbaru mengungkap.
Beberapa ahli sejarah di Surrey, Inggris, berhasil mengkonfirmasi bahwa baseball telah dimainkan di Inggris bahkan lebih dari 20 tahun sebelum kemerdekaan Amerika. Konfirmasi itu didapat dari diari yang berisi dokumen pertandingan yang dimainkan di Guildford pada 1775, dan diari tersebut telah dikonfirmasi kebenarannya oleh Surrey History Centre
Di Indonesia baseball juga sudah memiliki populiritas yang tinggi.

14.   Hoki atau field hockey 
http://4.bp.blogspot.com/-G36AL3eohhs/UmuuYkzBLBI/AAAAAAAAAGM/lILa1MmdNw4/s320/olah+14.jpg

 Hoki adalah olahraga permainan yang dilakukan oleh pria dan wanita dengan menggunakan
alat pemukul (stick) dan bola. Bentuk permainannya hampir sama dengan sepak bola.
Begitu juga dengan ice hockey, hanya saja ini di atas es atau pada musim dingin
Para ahli sejarah menyebut, permainan hoki berasal dari Persia, karena olahraga yang mirip dengan permainan yang dikenal sekarang sudah dimainkan sekitar 4000 tahun yang lalu. Ukiran-ukiran pada gua di Beni Hassan di lembah Nill menggambarkan, berabad-abad yang lalu oleh orang-orang Mesir bermain suatu permainan yang mirip hoki. 

15.   Rugby 
         http://1.bp.blogspot.com/-0MDoFTgoAIY/Umuu3OIVpgI/AAAAAAAAAGY/hSSY2wD9JtA/s320/olah+15.jpg
                      Rugby adalah olah raga yang cara mainnya hampir sama kaya American Football gan , tapi tingkat aman nya lebih minim dari American football, karena aksesori pengamanan yang lebih sedikit. Di lihat dari tingkat keamanannya, pasti di cabang olah raga ini banyak yang kaki atau lehernya patah.   Rugby ini berasal dari Inggris pada awal abad ke-19. Rugby ini telah diatur oleh International Rugby Board sejak pembentukannya pada tahun 1886..


BAB III
PENUTUP


KESIMPULAN
 JENIS-JENIS OLAHRAGA
1.     Sepak bola 
2.     Bola basket
3.     Bola voli
4.     Bulu tangkis atau badminton   
5.     Tenis
6.     Tenis meja, atau ping pong 
7.   Taekwondo / ˌ taɪ ˌ kwɒndoʊ / ( Korea 태권도 (跆拳道) [ t ʰ ɛk ͈ wʌndo ] )
8.     Silat 
9.     Renang
10.  Atletik 
11.  Senam lantai 
12.  Catur 
13.  Baseball
14.   Hoki atau field hockey 
15.   Rugby 

Poskan Komentar