do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Minggu, 07 Februari 2016

Wisata Kuliner Khas Muna



Wisata Kuliner Khas Muna
1. CUCUR KHAS MUNA
         kue ini bisa kita temukan di muna barat dan pulau muna secara keseleruhan dan pulau-pulau lain sekitar sulawesi tenggara seperti pulau buton dll. kue ini sangat enak dan unik. paling enak jika dimakan masih hangat.





kue cucur khas muna barat 






2. KATUMBU
     katumbu gola adalah salah satu makanan khas pulau muna yang paling saya sukai. makanan ini adalah olahan jagung yang diisi kedalam kulit jagung. biasnya ada dua varian rasa yaitu rasa original dan gula merah atau masyarakat sekitar biasanya menyebutnya katumbu gola.


katumbu khas muna barat 




3.KAMBOSE
            kambose adalah rebusan jagung tua dalam butiran-butiran jagung yang sudah terpisah dari tongkolnya. makanan ini sangat sederhana karena hanya merupakan rebusan jagung yang direbus sampai lembek. namun juga jenis makanan ini bisa di inovasi, seperti gambar dibawah in


kambose inovasi, salad kambose 


4. KACANG MENTE
         pulau muna khususnya daerah-daerah yang sekarang telah mekar menjadi muna barat adalah memang yang terkenal dengan hasil perkebunannya terutam jambu mente atau kacang mede, jika ke muna barat di akhir tahun anda akan melihat masa panen kacang mede di sana.
kacang mente muna barat

5. LAPA-LAPA KHAS MUNA
       Lapa-lapa adalah makanan khas pulau muna dan sekitarnya yang terbuat dari beras atau beras ketan di campur santan dan bahan-bahan lainnya. pada dasarnya lapa-lapa hampir sama dengan ketupat cuma bentuk, cara dan bumbu yang agak berbeda. lapa-lapa lebih berasa saat di konsumsi, karena campura santan dan bumbu-bumbu tamban
lapa-lapa khas muna barat





6. KOLOPE KKHAS MUNA
          makanan khas muna barat yang selanjutnya adalah kolope. kolope adalah olahan dari gadung atau ubi hutan. makanan khas ini diolah dengan cara dikukus dalam bentuk halus kemudian penyajiannya ditambah dengan taburan parutan kelapa.


3139237_gadung 


7. KAONDO DAN IKAN KERING KHAS MUNA
        kaondo adalah sebutan untuk ikan kering asin khas pulau muna. di sini sahabat treveler bisa memilih berbagai macam jenis ikan yang dibuat menjadi ikan kering asin khas muna barat. bedanya kaondo dan ikan kering adalah pada ikan kering, badan ikan di belah dua sedangkan pada kaondo tubuh ikan masih utuh seperti aslinya ketika sudah dikeringkan.
ikan kering asin khas muna barat
8. NASI BAMBU
  nasi bambu khas muna. hampir disetiap daerah di indonesi mengenal makanan yang satu ini, namun nasi bambu khas muna barat tentu ada ciri khas dan keunikan tersendiriya.
nasi bambu khasmuna barat



  9. SINONGGI

    
      

sinonggi 






sinonggi adalah kuliner khas dari sulawesi tenggara hampir di setiap kabupaten
memilik kuliner ini namun dengan ciri dan kekhasannya masing-masing. di muna barat biasanya sinonggi disajikan bersama kua ikan dan makan-makanan pendamping lainnya.

10. KABUTO
    kabuto adalah makanan olahan dari ubi kayu yang direndam dalam beberapa jam kemudian baru dikukus dan diberi toping parutan kelapa. kabuto mirip tiwul jika di pulau jawa. namun dengan ciri dan kekhasan tersendiri..
kolope khas muna barat


Tidak ada komentar: