do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 04 November 2014

MAKALAH BAHAYA RADIASI TERHADAP HANDPHONE DAN KOMPUTER



BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Di sekeliling kita banyak telepon seluler (ponsel) dan komputer, mulai dari anak kecil hingga orang tua menggunakan ponsel maupun komputer . Bahkan, tidak sedikit orang yang memilki ponsel lebih dari satu buah. Semua orang senang dan tidak ada yang risau tentang bahaya yang timbul dari alat tersebut. Namun, setelah orang mengetahui bahwa ponsel dan komputer  dapat memancarkan gelombang elektromagnetik, berbagai negara maju melakukan riset di bawah koordinasi World Health Organization (WHO). Sejumlah pusat penelitian dan perguruan tinggi juga melakukan riset dengan hasil yang masih kontroversial.
Berbagai opini yang timbul membuat masyarakat menjadi bingung. Di satu sisi ponsel dan komputer  dibutuhkan sebagai alat komunikasi yang penting. Di sisi lainnya masyarakat menjadi ragu untuk menggunakan ponsel dan komputer . Oleh karena itu, makalah ini disusun karena masyarakat perlu mengetahui hal ini sejak awal. Diperlukannya pengetahuan yang jelas dan informasi yang pasti mengenai hal ini.

B.   Rumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas dalam makalah ini meliputi
1.dampak yang ditimbulkan oleh radiasi ponsel.
2.cara  yang bisa dilakukan untuk memperkecil dampak dari radiasi ponsel bagi kesehatan.
3.dampak yang ditimbulkan oleh radiasi computer.
4.cara yang bias dilakukan untuk memperkecil dampak dari radiasi computer bagi  kesehatan.

C.   Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan makalah ini meliputi
1.menjelaskan berbagai dampak dari radiasi ponsel bagi kesehatan.
2.menjelaskan cara yang tepat untuk memperkecil dampak dari radiasi ponsel bagi kesehatan.
3.menjelaskan berbagai dampak dari radiasi computer  bagi kesehatan.
4.menjelaskan cara yang tepat untuk memperkecil dampak dari radiasi komputer bagi kesehatan.
BAB II
PEMBAHASAN


Pengertian radiasi dalam fisika, mendeskripsikan setiap proses di mana energi bergerak melalui media atau melalui ruang, dan akhirnya diserap oleh benda lain.Beberapa jenis radiasi sangat berbahaya.
A. Dampak radiasi  Handphone bagi kesehatan
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi saat ini ,Manusia sangat tergantung sekali dengan handphone terutama dalam berkomunikasi sehari-hari.Hal ini mungkin disebabkan karena makin sibuknya aktivitas manusia sehingga sulit untuk berbincang dengan tatap muka,sehingga cara efektif yang ditempuh adalah berbincang melalui ponsel/handphone.Selain dinilai efektif waktu juga hemat biaya apalagi sekarang pulsa sudah tidak semahal jaman 90-an.Banyak operator yang bersaing menawarkan tarif yang lebih murah.Jelas itu sangat menguntungkan konsumen seperti kita.Tetapi kita harus berhati hati juga karena menggunakan handphone terlalu lama akan berbahaya buat kesehatan kita.Pernahkan Anda mendengar bahwa radiasi handphone bisa mengakibatkan kanker otak??wah mendengarnya sangat ngeri sekali yah?Meskipun belum terbukti kebenarannya ,tetapi memang benar bahwa handphone memancarkan radiasi sangat tinggi.Badan FCC Amerika telah menguji tingkat radiasi yang dipancarkan handphone.Kekuatan radiasi handphone akan diterima oleh otak (SAR) Specific Absorbtion Rate diukur dalam satuan watt/kg.FCC menetapkan bahwa semua handphone yang memancarkan radiasi diatas 1,6 watt/kg dilarang untuk diproduksi (di Amerika).

B. Cara mengatasi radiasi dari handphone
a.Jika memungkinkan gunakan peralatan tambahan misalnya headset ketika sedang berbicara dengan handphone
b.Sebisa mungkin kalau masih bisa SMS jangan telp,karena energi yang digunakan dalam SMS sangat kecil otomatis radiasinya juga kecil.Disamping itu juga hemat biaya kan?
c.Hindari penggunaan handphone jika berada ditempat tempat yang sinyalnya lemah.Karena semakin lemah sinyal energi yang bekerja semakin besar berarti radiasinya juga besar bukan?
d.Hindari pula penggunaan handphone pada anak-anak,karena otak anak-anak dapat menerima energi yang lebih cepat dan lebih banyak dari pada orang dewasa.


C. Dampak radiasi dari komputer
Hampir setiap hari kita menggunakan komputer terutama yang bekerja diperkantoran dan mengerjakan tugas anak anak sekolah/mahasiswa.Selain sudah tidak diragukan lagi kegunaan komputer bisa membantu mempermudah pekerjaan kita namun ada dampak negatif yang diakibatkan terutama karena kita sering menggunakannya.Salah satu organ kita yang rawan terkena adalah MATA. Radiasi yang dikeluarkan lewat monitor pada komputer yang menyebabkan mata kita rusak lambat laun.Namun jangan kuatir seiring dengan berkembangnya zaman,monitor pada komputer sekarang di design khusus dengan model slim sehingga dapat memperkecil radiasi yang ditimbulkan.

D. Cara mengatasi radiasi dari komputer
1.berdasarkan penelitian tingkat pancaran gelombang elektromagnetik terhadap kesehatan disarankan agar tidak menempatkan peralatan elektronik secara berdekatan karena akan menyebabkan radiasi yang besar.
2.Dalam menata letak komputer diusahakan juga untuk bagian belakang komputer tidak menghadap ke orang lain karena radiasi yang paling besar ditimbulkan adalah bagian belakang komputer.
3.Menjaga jarak mata ke komputer (min.30cm)
4.Mengatur tinggi renda monitor agar sejajar dengan mata.
5.Jangan menggunakan komputer diruang yang pencahayaannya kurang.
6.Gunakan Monitor yang sudah berbentuk plasma / slim.
Komputer kini telah banyak digunakan oleh masyarakat umum, baik di perkantoran maupun di perumahan. Karena dianggap dapat memudahkan suatu perkerjaan. Komputer juga banyak dipakai oleh berbagai profesi, seperti desainer, pengajar, akuntan, fotografer, dan masih banyak lagi. Karena dianggap komputer memiliki multi fungsi.
Namun dibalik keserbagunaannya, komputer juga dapat merusak kesehatan kita, terutama mata. Karena radiasi yang dikeluarkan oleh monitor atau komputer itulah yang dapat mengganggu kesehatan mata. Seiring dengan perkembangan teknologi, radiasi komputer pun dapat diminimalis. Dahulu layar monitor komputer berbentuk seperti balok, sangat besar dan radiasi yang dihasilkan juga cukup besar. Namun sekarang layar monitor sudah ramping dan radiasinya pun sudah semakin kecil, atau sering disebut dengan layar LCD.
Lalu bagaimana cara mengurangi bahaya radiasi komputer? Berdasarkan penelitian tingkat pancaran gelombang elektromagnet terhadap kesehatan, disarankan agar tidak menempatkan peralatan elektronik rumah tangga terlalu memusat, terutama TV, komputer dan kulkas yang sebaiknya tidak dipusatkan dalam satu ruang atau saling berdekatan karena bisa meningkatkan dosis radiasi dalam jumlah yang berlebihan. Untuk itu posisi peletakan komputer dalam tata ruang sangat penting. Bagian belakang layar komputer jangan sampai menghadap orang lain, karena radiasi komputer paling besar ada di belakang layar, sedangkan didepan layar memiliki tingkat radiasi paling rendah. Bagi pengguna komputer juga disarankan untuk rajin mencuci muka dan tangan, berolahraga ringan agar tubuh hangat setelah berjam-jam di depan komputer.
Untuk menjaga mata kita dari radiasi komputer cukup mudah:
  1. Dengan menjaga jarak mata anda ke komputer, minimal 30cm.
  2. Atur tinggi rendahnya layar agar sejajar dengan mata
  3. Mengatur warna dan pencahayaan layar agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap
  4. Pencahayaan disekitar komputer pun harus mencukupi, jangan menggunakan komputer di ruangan yang gelap 
  5. Gunakan monitor yang berbentuk LCD/Plasma 
  6. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A 
Ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi efek dari radiasi komputer adalah sebagai berikut :
1. Bila bekerja dengan komputer, setiap ±30 s/d 50 menit,
istirahatkan mata selama 5 menit, lihat tanaman yang berwarna hijau, lihat objek dengan jarak pandang yang berubah mulai dari yang terdekat sampai terjauh (lihat ke awan). Di perusahaan yang berkaitan dengan komputer di LN,malah setiap 50 menit seluruh layar komputer di set auto shut down, untuk mengistirahatkan mata seluruh karyawan sejenak selama 5 menit.
2. Gunakan monitor LCD (liquid crystal display) dan screen filter untuk mengurangi radiasi komputer. Radiasi yang disebabkan oleh monitor LCD cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan radiasi monitor tabung.
3. Sesuaikan setting pada monitor Anda. Akan berakibat buruk pada mata jika setting monitor Anda menjadi terlalu gelap atau terlalu terang. Cobalah untuk melakukan seting pada cahaya dan contras agar nyaman untuk mata.
4. Sesuaikan posisi monitor agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika letak monitor terlalu tinggi maka akan menggangu suplay udara menuju otak. Posisi yang ideal untuk monitor adalah sejajar dengan mata.

BAB III
PENUTUP


A.kesimpulan
Berdasarkan informasi yang telah didapatkan , ternyata ponsel mempunyai dampak yang akan mengganggu kesehatan penggunanya. Dari penyakit ringan seperti vertigo hingga penyakit berbahaya seperti kanker pun dapat membahayakan penggunanya. Radiasi ponsel timbul tidak hanya saat digunakan, tetapi saat meletakkan ponsel di saku juga dapat menyebabkan radiasi. Oleh karena itu, sebagai pengguna ponsel kita harus menyadari hal tersebut dan lebih berhati-hati dalam menggunakan ponsel, dengan cara meminimalisir waktu pemakaian ponsel serta memaksimalkan jarak ponsel dengan tubuh kita (dalam kondisi menyala).

B. Saran
Dalam menggunakan ponsel dan komputer sebaiknya pengguna mengetahui cara pemakaian yang baik. Pengguna ponsel dan computer  juga harus berhati-hati dalam memilih merk dan tipe ponsel dan computer  yang akan digunakan. Karena setiap ponsel dan computer  memiliki level SAR yang berbeda. Lever SAR ini biasanya dicantumkan dalam buku manual. Para produsen pun seharusnya memproduksi ponsel dan computer  yang tidak memilki jumlah radiasi elektromagnetik yang besar. Supaya ponsel dan computer  tidak terlalu berbahaya bagi penggunanya. Sebab ponsel dan computer  dimilki setiap orang sebagai media komunikasi yang penting.











DAFTAR PUSTAKA


























KATA PENGANTAR


Puji syukur kami ucapkan untuk Allah yang telah memberikan karunia kepada kami dalam menyelesaikan makalah ini. Karya tulis ini dibuat sebagai salah satu tugas dalam rangka mengikuti mata kuliah FISIKA KESEHATAN. Makalah ini menjelaskan tentang berbagai macam dampak  radiasi handphone dan komputer.

Sebagai penulis, pastinya tidak pernah terlepas dari kesalahan ataupun kekurangan. Oleh karena itu, kami mohon maaf atas segala kekurangannya.

Disadari sepenuhnya bahwa makalah  ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan sarannya. Semoga makalah  ini  dapat menjadi referensi, inspirasi, dan bahan renungan bagi semua mahasiswa,khususnya akbid paramata raha.



                                                                                                            Raha, Mei 2014


                                                                                                          Penulis













DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR....................................................................................................i
DAFTAR ISI...................................................................................................................ii       
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah........................................................................................1
B. Tujuan penulisan....................................................................................................1

BAB II PEMBAHASAN
A. Dampak radiasi  Handphone bagi kesehatan..............................................................2
B. Cara mengatasi radiasi dari handphone.......................................................................2
C. Dampak radiasi dari komputer.....................................................................................3
D. Cara mengatasi radiasi dari komputer..........................................................................4

BAB III KESIMPULAN
A.    KESIMPULAN…………………………………………………………………5
B.     SARAN………………………………………………………………………....5
Daftar Pustaka.................................................................................................................6







NAMA DOSEN : RITA ASTUTI,Spd,M.pd
TUGAS              : FISIKA KESEHATAN

MAKALAH
BAHAYA RADIASI TERHADAP HANDPHONE
DAN KOMPUTER

DI SUSUN OLEH:
NAMA             : WIWIN WINARSIH
NIM               : 2013.IB.0103
                      TINGKAT        : I B



AKADEMI KEBIDANAN PARAMATA RAHA
KABUPATEN MUNA
2014
Posting Komentar