do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Senin, 10 November 2014

WISATA KULINER KABUPATEN MUNA



http://3.bp.blogspot.com/_YGJBNHPT1Sc/TFYur1GjcWI/AAAAAAAAAJM/Mj1VtNBOO7g/s400/DSC_2686.JPG
Lapa, biasa yang menjadi sebuatan bagi masyarakat Muna, sudah menjadi tradisi Muna ketika datang hari besar agama dan acara-acara lainnya, lapa menjadi sajian khusus, cara membuat dan bahanya sangat simple hanya dengan menggunakan janur lalu dimasukan beras ketan putih yang telah di olah dengan beberapa bumbu masak kemudian setelah menjadi setengah matang lalu di rebus ulang.

http://2.bp.blogspot.com/_YGJBNHPT1Sc/TFYsCCyhbVI/AAAAAAAAAJE/fx-zNUydJig/s400/DSC_2707.JPG
Waje, sama dengan cucur, jenis penganan tradisional Muna yang bahannya terdiri dari beras ketan merah dan gula merah, hanya saja cara membuatnya yang berbeda. sebelum di olah beras ketan harus di rendam semalaman agar lekatannya lebih maksimal dan ketika di olah hasilnya akan mengembang kemudian beras ketan dimasak terlebih dahulu dengan cara di kukus setengah masak lalu di masukan ke dalam wajan yang di campurkan dengan gula merah, setelah masak di anginkan dengan beralaskan daun pisan segar lalu di potong-potong hingga menjadi beberapa bagian. penganan ini juga menjadi sajian utama ketika ada pesta perayaan hari besar, pesta nikah dan syukuran.

http://4.bp.blogspot.com/_YGJBNHPT1Sc/TFYoPYtGLKI/AAAAAAAAAI8/S8Ovj3YSrlg/s400/DSC_2672.JPG
Cucur, jenis penganan tradisional Muna yang bahannya terbuat dari tepung beras ketan, gula merah dan telur, uniknya...penganan ini tidak semua orang dapat membuatnya, untuk membentuk bulat dan berkelut pada tengahnya, harus menggunakan keahlian khusus. penganan ini biasa disajikan pada perayaan pesta perkawinan, dan acara syukuran, kalau mengenai rasanya di jamin menggoyahkan lidah anda.











Ayam Kaparende, itulah sebuatan darihttp://1.bp.blogspot.com/_YGJBNHPT1Sc/TFYi-3hNbII/AAAAAAAAAI0/IzziWIqmBds/s400/DSC_2689.JPG

masakan khas daerah Muna, yang dalam proses masaknya tidak menggunakan berbagai macam bumbu dapur seperti yang banyak terlihat pada daerah lain, bahan-bahannya hanya terdiri dari Daging ayam segar, garam secukupnya penyedap rasa, cabai, dan yang paling utama adalan daun buah Kedondong yang membuat lidah siperasa akan ketagihan untuk mencicipinya.... ehh..jangan salah....! harus orang yang ahlinya juga baru rasanya akan sedap, jika tidak.....! jangan harap rasanya akan lezat. anda pingin mencoba...? silahkan mampir ke Raha Kab. Muna. Sultra dijamin anda akan puas, eh.... masih banyak juga makanan lainnya.

Poskan Komentar